Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Organisasi Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Terbanyak Followers Instagram dan Aset Digitalnya-2023

freepic.com


Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini, menuntut berbagai pihak untuk selalu aktif dalam media sosialnya, tidak terkecuali organisasi pada kampus-kampus yang tersebar di seluruh Indonesia seperti Universitas Islam Negeri Antasari.

Saat ini media sosial menjadi aset yang sangat penting dalam sebuah organisasi, sebagai media untuk menyebarluaskan informasi dan menerima berbagai hal melalui media sosial resmi mereka. Banyak mahasiswa secara umum mencari informasi mengenai perkuliahan pada media sosial organisasi jurusan, ada yang mencari informasi untuk mengembangkan bakat mereka. Bahkan ada calon mahasiswa mencari informasi mengenai kampus idaman mereka secara lebih spesifik melalui media sosial organisasi yang ada pada jurusan atau fakultas tersebut. Karena akan banyak informasi terkini yang akan dia ketahui.

Sebagai mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari, kami ingin memahami lebih jauh siapa organisasi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang memiliki pengikut media sosial terbanyak pada pukul 20.24 hari Selasa, 24 Januari 2023. Selain itu, kami ingin mengetahui aset digital apa saja yang mereka miliki untuk menginformasikan kegiatan dan penyebaran informasi terkini. 

Tentu ini sebenarnya menjadi kebanggaan juga bagi organisasi tersebut karena banyak yang penasaran dan ingin mengetahui informasi apa saja yang akan diberikan oleh organisasi tersebut. Tulisan ini akan menunjukan hasil penelusuran kami yang kami sajikan untuk kalian.

1. Dewan Eksekutif Mahasiswa FTK 


Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari hingga saat ini memiliki followers Instagram sebanyak 4.784. Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan, harus menjadi wadah untuk menempa dan meningkatkan kemampuan manajemen, kepemimpinan, penalaran, serta menyalurkan minat dan bakat yang dimiliki oleh mahasiswa, sehingga tercipta fungsi mahasiswa sebagai agen perubahan. 

Akun Resmi DEMA FTK
Instagram : dema.ftk.antasari
Tiktok : dema.ftk.antasari
Youtube : DEMA FTK Channel
Gmail : Demaftkjaya@gmail.com


2. HMJ Pendidikan Bahasa Arab

Himpunan Mahasiswa Jurusan atau biasa disebut HMJ merupakan salah satu organisasi mahasiswa di tingkat jurusan atau program studi. HMJ Pendidikan Bahasa Arab UIN Antasari menjadi salah satu HMJ yang eksis di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan karena hingga saat ini mereka (@hmjpba_antasari) memiliki followers instagram sebanyak 3.857. Selain itu mereka juga memiliki subscriber youtube sebanyak 3,83 rb.

3. Sanggar At-Ta'dib 

Sanggar adalah suatu tempat atau sarana yang digunakan oleh suatu komunitas atau sekelompok orang untuk melakukan suatu kegiatan. Sanggar At-Ta'dib yang mengacu pada organisasi minat dan bakat mahasiswa. sanggar at-tadib memiliki 4 divisi yaitu, teater,  puisi,  pantomim, dan tari. Bergerak dalam kesenian Sanggar At-Ta'dib juga memiliki pengikut instagram begitu banyak nomor 3 di ORMAWA FTK yaitu sebanyak 2.435.  Juga aktif di Youtube yang bernama Sanggar At-Ta'dib.

4. Teater Awan 


Teater “AWAN” sebagai  suatu komonitas yang kecil dan juga merupakan suatu organisasi yang kecil, pada awalnya bukanlah merupakan sebuah lembaga kemahasiswaan yang ada seperti sekarang ini. Berawal dari adanya keinginan untuk membentuk sebuah KSM ( Kelompok Study Mahasiswa ) yang berorientasi pada keilmuan dan refreshing oleh sejumlah aktifis senat Mahasiswa Fakultas Tarbiyah, sehingga melahirkan sebuah KSM yang bernama “KSM Abad 21”
Oleh karena seringnya KSM Abad 21 berefreshing sekaligus  menampilkan pertunjukan drama, maka timbullah inisiatif untuk membentuk sebuah teater yang pada saat itu begitu banyak pilihan nama, diantaranya adalah Teater Ancak, Teater Tiwadak, Teater Sandal, Teater Kalaras dan Teater “AWAN”. Namun berdasarkan hasil musyawarah maka terpilihlah sebuah nama yaitu “Teater “AWAN“ sehingga lahirlah Teater “AWAN “ pada tanggal 8 oktober 1998. Dalam setiap penampilannya Teater “AWAN” juga memiliki ciri khas tersendiri yaitu identik dengan drama Japin Carita dan Drama Kabaret, dengan Drama Kabaret.

Mereka ternyata menempati kedudukan ke-4 posisi followers instagram (@teaterawanbjm) terbanyak pada ORMAWA FTK yaitu 2.228, selain itu juga aktif dalam channel youtube yang bernama Teater Awan_Official.

5. HMJ Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah

Berikut tidak kalah jauh dengan HMJ Pendidikan Bahasa Arab HMJ Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah memiliki followers instagram (@hmj_pgmi_uin.antasari)sebanyak 2.189. Selain itu mereka juga memiliki channel youtube bernama HMJ PGMI Antasari.

6. LDK Nurul Fata 

Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Nurul Fata adalah organisasi di lingkungan Fakultas Tarbiyah & Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. Lembaga yang bergerak dalam bidang dakwah, dengan berlandaskan asas keislaman. Didirikan pada tanggal 08 November 1998 oleh para anggota Senat Mahasiswa pada waktu itu, yang salah satunya adalah Ustadz Imam Alfianor (Dosen Fakultas Syariah).

Sebagai lembaga dakwah kampus LDK Nurul Fata menempati urutan ke-6 followers terbanyak di instagram yaitu sebanyak 2.146. Ternyata tidak hanya aktif pada satu  media sosial LDK Nurul Fata juga aktif di berbagai media lainnya sebagai berikut:
Media Partner: @cahayadakwah_nf & @jurnalisdakwah_nf
Youtube & FB: LDK Nurul Fata

7. Forum Muda FTK 

Forum Muda FTK merupakan program kerja DEMA FTK yang berangkat dari keperluan mahasiswa fakultas, terkhususnya mahasiswa baru, untuk mengembangkan ilmu, soft skill, dan karakter kepemimpinan setelah ikut pelatihan kepemimpian, agar mereka tidak gagap dengan administrasi serta manajemen organisasi saat berproses di organsiasi yang selanjutnya diikuti.

Tidak ingin kalah saing dengan organisasi yang sudah lama berdiri dikampus, sebagai organisasi mahasiswa baru Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Forum Muda menempati posisi ke-7 dari 19 ORMAWA di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari dengan jumlah followers 1.837. Mereka juga aktif di media sosial lainnya seperti blogspot dan youtube. 

Youtube : Forum Muda ftk


Berikut urutan lainnya:
  • HMJ Tadris Bahasa Inggris followers instagram 1.836
  • HMJ Pendidikan Agama Islam followers instagram 1.793
  • HMJ Pendidikan Matematika followers instagram 1.713
  • HMJ Ilmu Perpustakaan Informasi Islam followers instagram  1.425
  • HMJ Pendidikan Islam Anak Usia Dini followers instagram 1.192
  • HMJ Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam followers instagram 1.187
  • HMJ Manajemen Pendidikan Islam followers instagram 970
  • HMJ Tadris Fisika followers instagram 802
  • HMJ Tadris Biologi followers instagram 767
  • Senat Mahasiswa followers instagram 742
  • HMJ Tadris Kimia followers instagram 718
  • Lids Educia followers instagram 606

Terimakasih sudah mengikuti hingga akhir tulisan ini. Semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda sekalian.

6 komentar untuk " 7 Organisasi Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Terbanyak Followers Instagram dan Aset Digitalnya-2023"

  1. Bukan hanya soal branding dari followers masyarakat online, namun juga sejauh mana organisasi-organisasi mahasiswa dapat memberikan dedikasi & kontribusi yang nyata untuk perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ada di kampus kita. Maka dari itu teruslah bergerak pada nilai-nilai kebermanfaatan dan mewariskan semangat perjuangan pada estafet penerus yang akan datang. Salam cinta dan perubahan. 🖤

    BalasHapus
  2. Keren bg ardian blogspotnya tidak tertingal informasi

    BalasHapus