Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ceritaku di Festival Bidikmisi Kip-Kuliah Nasional (FBMKN) di Makassar Tahun 2022

 

Festival Bidikmisi Kip-Kuliah Nasional (FBMKN) adalah kegiatan yang diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Bidikmisi dan KIP-Kuliah UIN Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan yakni pada 24-28 Oktober 2022 tepatnya di Kampus 2 UIN Alauddin Makassar dan Pondok Pesantren Madinah Makassar. Kegiatan tingkat nasional yang di ikuti oleh Universitas-Universitas se-Indonesia. @fbmkm

Ets, sebentar... Guys jadi aku mau cerita sedikit kisah kami dalam acara FBMKN di UIN Alauddin Makassar beberapa waktu lalu... Selamat membaca!

Ini sebenarnya adalah ide dan semangat teman-temanku di tim Alivio.id yang semangat kompetisinya luar biasa, pengen membawa Alivio.id ditingkat nasional dan membanggakan almamater tercinta. Bermula dari Erlita, bang Torieq dan Anya, yang mendaftar dan akhirnya masuk dalam finalis yang harus mempresentasikan hasil proposal bisnisnya ditempat perlombaan yaitu di Makassar. 

Mari kita mulai perjalanannya...

Kami berangkat dari Banjarmasin pada hari Senin, tanggal 24 Oktober 2022 dari pagi Jam 10.00 WITA lalu sampai dipenginapan pukul 19.00 WITA, langsung ISHOMA (Istirahat Sholat Makan) dan bersiap mengikuti pembukaan acara setelah Isya’  yaitu Welcoming Party dan Gala Dinner. Acara dibuka langsung oleh Wakil Rektor 3 UIN Alauddin Makassar dan dihadiri Bapak Walikota Makassar. Selesai pembukaan antar peserta berkenalan dan makan-makanan khas daerah masing-masing peserta. Rame guys, jadi di sini aku dapat kenalan Haerul (dia dari Politeknik Ujung Pandang) dan Yusuf (Universitas Hasanuddin) dan masih banyak lagi, malem itu akrab dengan mereka berdua karena kami satu kamar. 

Hari kedua, hari Selasa, tanggal 25 Oktober 2022, pelaksanaan technical meeting semua lomba. Dimulai lomba debat, cerita inspiratif, essay dan bussines plan. Setelah dzuhur pelaksanaan lomba debat bertempatan di Pondok Madinah (penginapan). Menunggu tampil dihari berikutnya kami menyiapkan bahan-bahan presentasi sekaligus praktik secara langsung presentasi dari ba’da Isya sampai tengah malam. Dihari selanjutnya pukul 08.00 WITA hari Rabu, 26 Oktober 2022 kami lomba yaitu tempatnya di Kampus 2 UIN Alauddin Makassar, dari penginapan menuju lokasi ditempuh sekitar 40 menit. Ada 3 perlombaan yang dilaksanakan di UIN Alauddin Makassar, yaitu ada Essay, bussines plan, dan cerita inspiratif. Selesai pukul 18.00 WITA kami kembali ke penginapan.

            Foto di atas kami makan Coto Makassar guys, dengan penuh drama ya diperjalanan. YTTA (Yang Tau Tau Aja) tapi ya wkwk

Hari keempat, yakni seminar nasional dengan tema “Peluang dan Ancaman Generasi Muda di Era Digital dalam Menghadapi Inovasi Global” di Arthama Hotel Lt 19 Lky  Lounge oleh Ahmad Jawad, S. IP, M. A. dan Muhammad Tahir K, S. Pd. RC, MSI.  Malam harinya dilanjut Closing Ceremony dan pengumuman Juara lomba. Alhamdulillah UIN Antasari Banjarmasin yaitu Erlita Budiarti, Rusdiana dan Ardiyan Fikrianoor yang mengikuti perlombaan bussines plan mendapatkan predikat terbaik 2. Ngga nyangka sebelumnya bisa dapet, tapi ku percaya ini adalah hasil perjuangan. Lanjut guys, Pada malam penghargaan ini juga ada sambutan dari Wakil Rektor 3 UIN Alauddin Makassar dan penampilan-penampilan dari Mahasiswa/I UIN Alauddin Makassar.


        Dilanjutkan dihari selanjutnya yaitu Field Trip (Benteng Fort Rotterdam, CPI & Masjid 99 Kubah, & Pantai Losari) sekaligus ke pembelian oleh-oleh.  Menikmati banget ya hari itu, jalan-jalan di Makassar seharian. Dan Pada hari Sabtu, tanggal 29 Oktober 2022 seluruh peserta kembali ke daerah masing-masing. Namun, kami dari UIN Antasari Banjarmasin tidak bisa langsung pulang dikarenakan karena ada halangan, oleh karena itu kami menginap dirumah keluarga Erlita di Maros (dekat Makassar) sampai tanggal 31 Oktober 2022. Langsung pesan tiket pesawat dari Makassar ke Balikpapan, sesampai di Balikpapan kembali tanggal ditempat keluarga Erlita untuk istirahat. Selama 2 hari di Balikpapan, kemudian pulang Pukul 18.00 WITA tanggal 2 November 2022 menggunakan Bis sampai di Banjarmasin 10.30 WITA yaitu tanggal 3 November 2022.

Kegiatan tingkat Nasional seperti ini sangat penting diikuti dalam menunjang prestasi Mahasiswa/I yang pastinya akan memberikan dampak kepada kampus juga, menumbuhkan jiwa kompetisi agar dapat berkolaborasi dalam membanggakan nama kampus dan menambah koneksi-koneksi diluar kota agar terus terjalin tali silaturrahmi bahkan dapat terus terjalin hingga berkolaborasi kembali di kegiatan-kegiatan lainnya. 

Terimakasih kepada Kak Halik sebagai pengarah kami (dari UIN Antasari) selama di Makassar. Ku ucap terimakasih pula kepada seluruh panitia yang sudah sabar dengan berbagai tingkah peserta, memang seru banget si plus seneng bisa berjumpa kalian semua di event ini. Semoga bisa berjumpa di lain waktu. Sukses semuanya! 


Terkenang bersama mereka:













Posting Komentar untuk "Ceritaku di Festival Bidikmisi Kip-Kuliah Nasional (FBMKN) di Makassar Tahun 2022"