Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Prediksi Juara Piala Dunia Versi Tahun 2022

Piala Dunia 2022 sudah berjalan setengah turnamen. Seperti biasa, banyak cara unik atau sampai tingkatan ilmiah dalam memprediksi siapa yang akan jadi juara.

Misalnya pada Piala Dunia 2010, Paul si gurita memiliki tingkat akurasi tinggi dalam menebak siapa yang memenangkan pertandingan, termasuk juara. Paul disuruh memilih satu dari dua kotak berisi makanan dengan ada bendera kedua peserta piala dunia yang akan bertanding. Hasilnya, dari 14 kesempatan, Paul hanya salah 2 kali tebak. Tebakan gurita itu juga benar ketika memilih Spanyol sebagai juara.

Tapi, prediksi juara Piala Dunia 2022 sudah jauh berbeda. Seiring juga berkembangnya teknologi, para peneliti dan ilmuan memiliki cara ilmiah dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Contohnya, Universitas Oxford merilis hasil permodelan matematika dengan sampel pertandingan internasional sejak 2018. Hasilnya, Brasil diprediksikan akan menjuarai Piala Dunia 2022. Peluang Neymar dkk pun sebesar 14,72%, mengungguli Argentina dan Belanda.

Tidak mau ketinggalan, EA Sports selaku gim milik FIFA seperti biasa juga melakukan prediksi juara piala dunia. Sejak 2010, prediksi EA Sports selalu benar, yaitu Spanyol (2010), Jerman (2014), dan Prancis (2018). Untuk tahun ini, EA Sports memprediksikan Argentina akan juara di Qatar dengan mengalahkan Brasil.

Contoh prediksi berbau ilmiah juga dilakukan perusahaan riset Nielsen melalui Gracenote. Dalam prediksinya, Brasil dan Argentina merupakan favorit memenangkan kejuaraan 4 tahunan ini. Sistem Hanh digunakan ialah melalui peringatan eksekutif untuk memperkirakan peluang hasil berbeda setiap pertandingannya. Selain itu, alasan yang diambil karena kedua negara Amerika Selatan itu tampil konsisten dalam 4 tahun terakhir.

Di luar prediksi di atas, ada juga yang memprediksi kalau Inggris akan menjuarai Piala Dunia 2022 setelah terakhir kali pada 1960. Intinya, perhitungan dan prediksi edisi piala dunia tahun ini lebih berbasis ilmiah dengan sistem AI dan riset.

Sumber: bbc.com, kompas.com, goal.com, dan liputan6.com


Posting Komentar untuk " Macam-macam Prediksi Juara Piala Dunia Versi Tahun 2022"