Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Organisasi Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin-Terbaru Tahun 2022

1. FOSMA (Forum Silaturrahmi Mahasiswa)

Forum Silaturahmi Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin atau yang biasa dikenal dengan singkatannya yaitu FOSMA merupakan organisasi mahasiswa yang berdiri di bawah naungan bidang Kementrian PSDM (Pemberdayaan Sumber Daya Mahasiswa) Dewan Ekesekutif Mahasiswa (DEMA) UIN Antasari Banjarmasin.   

Tujuan didirikannya FOSMA adalah untuk membentuk calon-calon kader yang nantinya akan melanjutkan ilmu yang didapatkan ke dalam organisasi, UKM, ataupun UKK lain yang akan diikuti di kemudian hari. 

Sebagaimana visi FOSMA:

“Mewujudkan FOSMA UIN Antasari Banjarmasin yang akademis, berintegritas, dan bersifat 

dinamis guna terlahirnya pemimpin yang sadar peran dan fungsinya dan dapat merangkul dalam 

bingkai ikatan mahasiswa.”

FOSMA hanya diperuntukkan bagi mahasiswa baru UIN Antasari Banjarmasin.

Alasan mengapa penting untuk bergabung dalam FOSMA adalah agar dapat membentuk karakter kepemimpinan, menimba sebanyak mungkin pengalaman, mengembangkan minat dan bakat, memiliki pengalaman dalam manajemen dan administrasi, dan lain-lain.

Instagram: @fosma_antasari

Youtube: FOSMA ANTASARI

Website: Fosmaantasaricom.wordpress.com


2. Forum Muda FTK

Forum Muda FTK merupakan program kerja DEMA FTK yang berangkat dari keperluan mahasiswa fakultas, terkhususnya mahasiswa baru, untuk mengembangkan ilmu, soft skill, dan karakter kepemimpinan setelah ikut pelatihan kepemimpian, agar mereka tidak gagap dengan administrasi serta manajemen organisasi saat berproses di organsiasi yang selanjutnya diikuti.

Pelatihan  Kepemimpinan Mahasiswa yang dilaksanakan DEMA FTK (Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan) memberikan ilmu - ilmu dasar tentang organisasi dan kepemimpinan. DEMA FTK, khususnya Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan Mahasiswa, mengingat tugas dan fungsinya, menyadari perlunya binaan lanjutan kepada mahasiswa baru yang mengikuti pelatihan kepemimpinan agar ilmu yang mereka dapatkan saat pelatihan dapat diaplikasikan, tidak hilang begitu saja. 

Mahasiswa baru pada umumnya masih belum memiliki organisasi atau wadah untuk mereka mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat, tidak sama dengan mahasiswa lama yang sudah memiliki organisasinya masing – masing, sehingga bisa mengaplikasin ilmu yang didapat saat pelatihan ke dalam organisasi yang mereka ikuti, maka dari itu DEMA FTK membentuk program binaan untuk mahasiswa baru yang berbentuk forum, diberi nama Forum Muda FTK (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan). 

Forum Muda FTK dibentuk pada tanggal 18 November 2018, hari terakhir Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa oleh DEMA FTK 2018-2019. 

Forum Muda FTK diprakarsai 5 Founder, yaitu:

1. Muhammad Faisal Akbar

2. Syifa Mawaddah Pianida

3. Rizki Maulana

4. Muhammad Rizqi Raharja

5. Khairatunnisa

Kegiatan Forum Muda FTK antara lain adalah:

A. Orientasi kepengurusan

B. Makrab seluruh fungsionaris Forum Muda FTK

C. PDC Yaitu pelatihan seluruh Fungsionaris selama beberapa hari

D. Panitia PKMTD

E. Panitia PBAK

F. Dll. 

Ada beberapa poin mengapa harus masuk Forum Muda FTK yaitu mengembangkan ilmu, soft skill, karakter kepemimpinan dan berpengalaman dalam administrasi & manajemen organisasi

Semboyan:

"Forum Muda FTK" Yang Muda Siap Mengabdi

Media Sosial:

Youtube Forum Muda FTK

Instagram @forum.mudaftk

Blog www.forummuda.blogspot.com

Facebook : Forum Muda FTK

gmail : forummuda18@gmail.com

 3. Unit Kegiatan Mahasiswa Anak-anak Syariah (UKM ASRI)

Unit Kegiatan Mahasiswa Anak-anak Syariah yang disingkat menjadi UKM ASRI, ialah salah satu Organisasi Mahasiswa Baru di UIN Antasari Banjarmasin yang berkedudukan di Fakultas Syariah UIN Antasari Banjarmasin.Yang bergerak di bidang kepemimpinan.

Unit Kegiatan Mahasiswa Anak-anak Syariah (UKM Asri) didirikan pada tanggal 19 Januari 2008 di Tambang Ulang, kabupaten tanah laut.  yang didirikan oleh seorang founder yang bernama Rusdi Asri. UKM ASRI diresmikan pada tanggal 19 januari 2009

UKM ASRI adalah organisasi yang bergerak pada bidang pengkaderan dengan orientasi kepemimpinan. UKM ASRI diperuntukkan bagi para mahasiswa baru yang ingin memulai berorganisasi. UKM ASRI memiliki 7 bidang, yaitu bidang keagamaan, minat dan bakat, penelitian dan pengembangan, kajian hukum, isu, dan advokasi, promosi dan kewirausahaan, informasi dan komunikasi, dan pemberdayaan perempuan.

Di UKM Asri ini tentunya memiliki banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan untuk kebermanfaatan pribadi dan juga kebermanfaatan orang banyak, contohnya seperti Kelas Materi yang disana akan di ajarkan tentang Kepemimpinan dalam organisasi, KMO, Administrasi dan surat menyurat, etika kepemimpinan dan lain sebagainya serta juga melakukan seminar-seminar maupun kajian-kajian sebagai bekal untuk diri kita menjadi lebih baik tentunya, juga kegiatan kebermanfaatan bagi orang banyak seperti Aksi penggalangan dana, mengadakan event-event yang bertujuan mengembangkan minat bakat seseorang dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Unit Kegiatan Mahasiswa Anak-anak Syariah (UKM Asri) ini.

UKM Asri ini bertujuan untuk mencetak pemimpin yang Agamis, akademis dan dinamis. Organisasi yang bersifat independen, kerja sama, kebersamaan dan kekeluargaan. 

keuntungan masuk UKM ASRI tentunya sangat banyak dan itu akan dirasakan ketika kalian sudah bergabung dikepengurusan. Tapi kami akan menyebut keuntungan dasar yang sudah pasti didapat adalah munculnya jiwa kepemimpinan walaupun berstatus mahasiswa baru. Naahh keren banget kan. Oiya kenapa UKM ASRI hanya berorientasikan untuk maba? karena UKM ASRI adalah rumah / langkah awal untuk berproses. Keuntungan lainnya juga kalau hendak bergabung ke organisasi lain sudah ada basic nya.

Visi dan Misi :

Mencetak pemimpin yang agamis, akademis dan dinamis serta menjadi teladan bagi mahasiswa baru di fakultas syariah.

Misi UKM ASRI :

1. Mengembangkan Potensi Kepemimpinan Mahasiswa Fakultas Syariah

2. Menambah pengetahuan dengan kajian keislaman dan ilmu umum

3. Menerapkan sopan santun dan budi pekerti dalam pergaulan sehari-hari

4. Menggali bakat-bakat yang ada dalam diri mahasiswa

Jargon keluarga besar UKM Asri ialah

"SIAP DIPIMPIN SIAP MEMIMPIN"

Nama angkatan tahun 2022-2023 (AlFath Generation)

"GERAK SATU VISI BERSAMA ASRI"

IG : @antasariasri  Email : antasariasriofficial@gmail.com

Web : Bit. Iy/Asri_centre

Yt : ASRI ENTERTAINMENT


4. Komunitas Mahasiswa Ushuluddin dan Humaniora (KAMUSH)


KAMUSH adalah salah satu ormaba yang ada di fakultas Ushuluddin dan humaniora, dan singkatan dari Komunitas Mahasiswa Ushuluddin dan Humaniora, yang mana didalamnya terdapat kaderisasi dan pembinaan untuk mahasiswa baru

KAMUSH lahir dan disahkan pada tanggal: 26 Juni 2013 di Aula Perpustakaan UIN Antasari

Banjarmasin. Kamush didirikan oleh mahasiswa-mahasiswa PKMTD yang tidak tahu arahnya mau kemana, dan itu berawal pada tahun 2012, yang mana diketuai oleh Ka Syafi'i

Dari 5 divisi yang ada di dalam KAMUSH maka kami memiliki beberapa kegiatan yaitu, Masa Orientasi Anggota, PKTI (Penulisan Karya Tulis Ilmiah), Jumber (Jum'at Berkah), OPREC (Open Recuitment), Musyta, KAMUSH Safari, Disksi KAMUSH, Mengadakan acara Haul, maulid, dan khataman Qur'an, dan lain-lain.

Keuntungan dan yang akan didapat ialah terlatihnya membuat tulisan ilmiah, dapat berpikir kritis dan kreatif, melatih public speaking, mengembangkan potensi minat dan bakat, meningkatkan kader yang berkualitas dan produktif, menumbuhkan keintelektualan, peduli antar sesama, memiliki jiwa sosial yang tinggi, menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan, serta dapat mempererat tali silaturahmi dan solidaritas

Untuk jargon kamush tidak memiliknya

Gmail : kamushuinantasari@gmail.com

IG : @kamushantasari

YouTube : Kamush Antasari

5. Komunitas Payung Dakwah (KPD)

Komunitas Payung Dakwah (KPD) adalah Komunitas yang bergerak di bidang pengkaderan bagi mahasiswa baru di Fakultas Dakwah dan Ilmu komunikasi (FDIK) masa jabatan setiap pengurus dalam organisasi ini hanya 1 tahun, didalam organisasi ini memiliki visi misi dan tujuan, terlebih lagi tujuan spesifik dalam membentuk setiap individu nya, kita dibentuk menjadi pribadi yang lebih disiplin, loyalitas, handal dan unggul, dapat berkontribusi dan berinovasi dengan baik dalam setiap karya maupun event yang akan diselenggarakan didalam nya. Baik itu kita dalam SDM mahasiswa di bidang FDIK tersendiri,  maupun untuk kehidupan sosial kita kedepannya. 

KPD juga langsung dinaungi oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunukasi, (FDIK). Dengan bengitu, dapat disimpulkan bahwa Komunitas Payung Dakwah adalah organisasi pengkaderan pertama bagi mahasiswa baru di FDIK, yang siap menjadi bibit unggul dalam kemajuan organisasi d fakultas, yang nantinya disini melahirkan pemimpin pemimpin yang siap, akan tugas dan dedikasi tinggi.

Kegiatan KPD FDIK ada satu malam sejuta karya, sahur on the road, KPD berbagi, Festival dan masih banyak lagi lainnya. Keuntungan yang didapatkan jika bergabung di Komunitas Payung Dakwah (KPD) adalah mempunyai banyak wawasan, circle atau pertemanan yang luas, belajar mengelola dan memanajemen waktu dengan baik antara organisasi dan belajar, belajar membuat acara baik acara yang besar bertajuk festival maupun acara formal dan nonformal. Intinya pengalaman luar biasa seperti ini hanya bisa dirasakan mahasiswa baru FDIK jika bergabung di Komunitas Payung Dakwah (KPD).

Semboyan:

Kpd " satu naungan seumur hidup pengabdian" Kabinet Berkarya " aksi nyata untuk berkarya"

instagram KPD : @kpd_fdik


6. Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (UKM KM FEBI)

UKM KM FEBI adalah sebuah singkatan dari Unit Kegiatan Mahasiswa Kepemimpinan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, yang dimana kita tau organisasi ini berkedudukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Antasari Banjarmasin.

KM-FEBI ini sebagai wadah mencetak pemimpin yang berintelektual, berintegritas, bermoral serta menjaga eksistensi mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang unggul secara akademik dan non akademik .

UKM KM-FEBI didirikan pada tanggal 03 Desember 2017 di Bumi Perkemahan Bina Banua Sei.Ulin Lamdikada Kota Banjarbaru, yang didirikan oleh 3 orang pemimpin yang hebat dengan niat baik untuk mencetak pemimpin muda dimasa depan, yaitu M. Rizkan Fadhil , M. Razkan Fadhil, dan M.  Abdan Al-Muhajir.

Adapun sedikit sejarah dari terbentuk nya organisasi ini berawal atas dasar terbagi nya menjadi dua Fakultas  yang dulu Fakultas Syari'ah dan Ekonomi Islam, menjadi Fakultas Syari'ah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,  sehingga pada masa transisi pimpinan Ketua Dema Fakultas Syariah dan ekonomi Islam M. Rizkan Fadhil bersama kabinet Marvel pada saat PKMTD dibentuk lah Musyawarah Tahunan antara UKM Asri dari Fakultas Syariah Dan UKM KM FEBI dari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Sehingga sejarah singkat berawal dari sanalah terbentuk nya UKM-KM FEBI.

Adapun kegiatan KM FEBI ini yang sudah disahkan tiga puluh lebih dari regional maupun nasional dalam program kerja tahunan, yang di mana kegiatan ini selalu berlandaskan dengan rasa kekeluargaan dan kebersamaan, disini lah tempat rumah kedua mereka yang bergabung dalam organisasi ini.

Begitu banyak manfaat yang mereka dapat dsini dari mereka mengenal arti rasa empati & simpati, tanggung jawab, loyalitas, serta menjadikan mereka orang yang berkualitas yang unggul dalam kepemimpinan dan lainya .

Adapun Jargon nya, Jika dikatakan UKM KM FEBI maka jawab nya "Salam Kepemimpinan"


Sosial Media KM FEBI.

YouTube : UKM KM-FEBI.    

Instagram : @km_febi.   

Blog : www.ukmkm-febi.blogspot


==========

Sedikit iklan untuk kalian mahasiswa baru khususnya, di UIN Antasari ada website bisnis yang di inisiasi oleh Mahasiswa UIN Antasari, yaitu https://alivio.id silahkan di kunjungi websitenya


Selamat berproses dan jangan takut untuk maju

2 komentar untuk "6 Organisasi Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin-Terbaru Tahun 2022"