Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Lulus Tepat Waktu, Mahasiswa Harus Tahu-Tahun 2022

Pada dasarnya memang tidak ada keharusan untuk lulus kuliah pada waktu segitu atau segini. Namun bagi beberapa mahasiswa lulus tepat waktu atau dalam waktu yang lebih singkat yakni 3,5 tahun merupakan kebanggaan tersendiri. Selain ia dapat lebih cepat untuk memulai karir di dunia pekerjaan. Ia juga dapat memotong biaya yang dikeluarkan untuk kuliahnya. Untuk itu, disini kami akan memberikan beberapa tips untuk kamu agar dapat lulus kuliah tepat waktu.

1. Penuhi Prosedur Administrasi Kampusmu Dengan Betul

Ini merupakan hal yang paling penting jika kamu ingin lulus tepat waktu. Karena pada faktanya, masih banyak mahasiswa yang kecolongan dalam hal ini. Akibatnya mereka tidak dapat meneruskan perjalanan kuliah mereka karena tertahan pada satu atau dua urusan administrasi yang belum selesai.

Setiap Kampus memiliki kebijakan administrasi mereka masing-masing. Misalkan untuk Kampus UIN Antasari Banjarmasin yang mewajibkan mahasiswa mereka untuk mendapatkan sertifikat lulus berasrama agar dapat mengikuti KKN. Terkadang ada saja mahasiswa semester tua yang belum mengambil sertifikat kelulusan mereka. Akibatnya mereka tidak dapat mengikuti KKN  yang berujung mereka tidak dapat lulus kuliah tepat waktu. 

2. Menjaga Kelulusan Di Semua Mata Kuliah

Lulus kuliah berarti telah menyelesaikan seluruh kegiatan perkuliahan yang ada pada kampus tersebut. Oleh karena itu, jika kamu ingin lulus kuliah tepat waktu, kamu harus menjaga kelulusan pada setiap mata kuliah yang kamu ambil. Apabila ada satu mata kuliah saja yang tidak lulus, berarti kamu harus mengulang mata kuliah tersebut pada semester yang akan datang. Jika hal tersebut terjadi maka lulus kuliah tepat waktu hanya akan menjadi angan-angan belaka.

3. Maksimalkan SKS yang diambil dalam 1 semester

Menyelesaikan seluruh perkuliahan tentulah akan memakan waktu. untuk itu agar dapat lulus kuliah tepat waktu, sebaiknya kamu memaksimalkan SKS yang ia ambil dalam 1 semester. Memaksimalkan SKS yang diambil akan mendekatkan kamu kepada wisuda.

Misalkan kamu mengambil 24 SKS per semester. apabila total SKS ada 144, maka dalam waktu 7 semester atau 3,5 tahun saja kamu dapat menyelesaikan seluruh rangkaian perkuliahan yang ada.

4. Mempersiapkan Skripsi Sejak Dini

Agar dapat lulus kuliah tepat waktu, maka persiapkanlah skripsi sedini mungkin. Jangan menunggu semester tua baru mulai menulis skripsi. Karena biasanya pada semester tua, mahasiswa mulai disibukkan dengan berbagai kegiatan. Baik yang berhubungan dengan kampus,organisasi maupun kehidupan pribadi. Jadi mempersiapkan skripsi sebelum masa-masa sibuk tersebut merupakan opsi terbaik agar kamu dapat lulus kuliah tepat waktu.

Tips dari kami, kamu sebaiknya mulai mempersiapkan skripsimu sejak masuk semester 5. Kamu dapat memulainya dengan berkonsultasi dengan dosen pembimbing akademikmu agar untuk mendapat arahan dalam penulisan skripsimu. Jangan lupa juga ceritakan bahwa kamu ingin lulus kuliah tepat waktu sehingga dosen pembimbingmu akan terdorong untuk membimbingmu dengan baik. 

5. Aktif Berkonsultasi Dengan Dosen Pembimbing Skripsi

Dosen Pembimbing Skripsi merupakan orang yang sangat berpengaruh dalam kelulusan. Bagaimana tidak, agar skripsi dapat diterima tentulah perlu persetujuan dari beliau. Namun biasanya para dosen pembimbing memiliki jadwal yang sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk membimbing mahasiswa mereka.

Untuk mengatasi hal ini, sebagai mahasiswa kamu harus aktif untuk berkonsultasi dengan mereka. Cari tahu jadwal kegiatan para dosen pembimbing agar kamu dapat menentukan jadwal konsultasi dengan mereka.

Jika mereka sulit untuk dihubungi melalui SMS, chat WA dan sebagainya, jangan malas atau segan untuk berkonsultasi secara langsung dengan mereka di kampus. jika ketika itu mereka sedang berkesibukan sehingga tidak bisa membimbingmu pada saat itu, hal itu wajar. Coba aja lagi besok untuk bekonsultasi. Ketahuilah, para dosen sangat senang jika mahasiswa mereka aktif berkonsultasi dengan mereka secara langsung.

6. Fokus Kuliah

Tentu kami tidak melarangmu untuk aktif berorganisasi atau bekerja untuk menambah uang jajan. Namun jika kamu memang ingin lulus kuliah tepat waktu, maka kamu haruslah mengutamakan perkuliahanmu di atas yang lain. Karena tidak jarang mahasiswa yang terlalu asyik dengan organisasinya, kuliahnya malah terbengkalai. Ada juga yang terlalu semangat dalam bekerja malah kelelahan untuk mengikuti perkuliahan.

Untuk itu tips dari kami, kamu dapat aktif dalam berorganisasi atau bekerja pada tahun pertama dan kedua kuliahmu. Memasuki tahun ketiga atau semester 5, kamu dapat menguranginya dengan berfokus pada yang memang lebih penting bagi kamu. Mengurangi bukan berarti meniadakan ygy. Jika lulus kuliah tepat waktu adalah targetmu, maka mulailah untuk berfokus pada kewajibanmu sebagai mahasiswa.

Itulah dia, tips-tips dari kami agar kamu dapat lulus kuliah tepat waktu. semoga bisa membantumu dalam menjalani kehidupan mahasiswa. keep spirit and keep strong guys!

by: Ahmad Marbawi

Posting Komentar untuk "6 Tips Lulus Tepat Waktu, Mahasiswa Harus Tahu-Tahun 2022"