Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Menjadi Pemimpin Organisasi yang Baik

Dalam sebuah organisasi tentu ada yang namanya pemimpin, seperti yang kita tahu pemimpin adalah seseorang yang memiliki peranan penting, menjadi panutan dan sangat berpengaruh dalam sebuah organisasi. Lalu, bagaimana sih menjadi seorang pemimpin yang baik? 10 hal ini bisa menjadi jawabannya loh.

1. Memiliki kemampuan mencapai tujuan

Seorang pemimpin dalam mengemban tugasnya tentu harus memiliki kemampuan mencapai tujuan, bagaimana cara ia mengarahkan setiap anggotanya, layaknya sebagai nahkoda yang menjalankan sebuah kapal, arah mana yang ia tetapkan sebagai tujuan itulah hal yang harus ia fokuskan agar selalu menuju ke jalan yang benar hingga sampai ke tujuan.

2. Berkomunikasi secara jelas dan profesional

Seorang pemimpin juga sangat diharuskan dapat berkomunikasi secara jelas, bagaimana maksudnya? Jadi, dalam memberikan arahan atau memberikan masukkan kepada seluruh anggotanya, pemimpin harus bisa menjelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak berbelit-belit. Pemimpin tidak hanya berkomunikasi untuk urusan terkait saja, secara profesional ia harus mampu mengetahui seluk-beluk permasalahan yang ada dalam organisasi yang ia pimpin. Dengan seringnya berkomunikasi, akan tercipta solusi dalam menghadapi setiap kegiatan di organisasi tersebut.

3. Selalu meningkatkan diri dan mendukung peningkatan diri para anggota

Sebagai pemimpin jangan pernah puas dengan apa yang sudah dimiliki dalam diri, karena sejatinya masih banyak hal yang harus dipelajari lagi dan lagi tanpa henti, selalu tingkatkan diri dan benahi diri sesekali. Menjadi pemimpin juga harus memikirkan peningkatan setiap anggota, maka jadilah pemimpin yang baik dengan memberikan contoh dan berbagi pengalaman serta pembelajaran bagi setiap anggota.

4. Mengakui dan mengapresiasi prestasi anggota

Setiap pencapaian anggota sangat perlu untuk diapresiasi, selagi ia berani mencoba dan menyelesaikannya dengan baik, jangan ragu untuk memberi reward. Baik dengan memberikan barang atau hanya sekedar ucapan.

5. Memberikan semangat dan motivasi

Setiap orang pasti akan lebih bersemangat dengan sebuah motivasi yang terlontar pada diri. Oleh karena itu, sebagai pemimpin yang baik kita juga harus mampu memberikan berbagai motivasi agar setiap anggota selalu bersemangat di setiap kegiatan.

6. Memberikan keputusan dengan bijak

Keputusan pemimpin biasanya adalah keputusan akhir yang sangat ditunggu oleh para anggota. Ia harus mampu memahami setiap situasi yang terjadi dan memberikan keputusan yang bijak, tanpa berpatokan pada salah satu pihak.

7. Selalu belajar dari lingkungan sekitar

Dalam sebuah organisasi, tentu banyak anggota dengan berbagai sikap, sifat, dan pemikiran. Sebagai pemimpin harus mampu memahami sekitarnya, ia harus bisa berbaur dengan setiap anggota, belajar bersama untuk terus meng upgrade diri

8. Mengakui kesalahan dan menerima masukkan

Seorang pemimpin juga manusia biasa, tidak  luput dari yang namanya salah, tetapi pemimpin yang baik tidak akan menyembunyikan itu, ia akan berani mengungkapkannya, serta menerima setiap kritik dan saran yang terlontar, tanpa menyimpan dendam.

9. Menghargai setiap pendapat atau aspirasi dari anggota

Berikan ruang bagi setiap anggota untuk berpendapat, sebanyak apapun pendapat yang ia ucapkan, dapat menjadi salah satu tolak ukur perubahan sebuah organisasi. Selalu berikan wadah untuk mereka menyampaikan aspirasi yang ada dalam kepala mereka, tanpa dibantah, tapi pertimbangkan bersama-sama menuju kesuksesan organisasi bersama.

10. Percaya pada kinerja anggota dan bukan hanya menjadi pesuruh

Menjadi pemimpin hanya agar bisa menyuruh? Salah besar, seorang pemimpin sejatinya adalah seorang pemikir dan penggerak, menjalin kerjasama dengan setiap anggota, yakin dengan kinerja mereka. Bukan berarti pemimpin hanya duduk santai menunggu hasil, tapi seorang pemimpin yang baik akan memperhatikan setiap pergerakan, dan membantu setiap kekosongan.


by: Zahrah

Posting Komentar untuk " 10 Tips Menjadi Pemimpin Organisasi yang Baik"