Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ide Bisnis Mahasiswa Yang Bisa Dijalankan Sambil Kuliah, Wajib Coba!-Terbaru 2022

Pada dasarnya, mahasiswa hanya berkewajiban untuk menuntut ilmu. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mencoba berbisnis semenjak masa kuliah ini. Selain untuk menambah uang jajan, kamu juga dapat mengumpulkan pengalaman sabagai persiapan sesudah lulus kuliah nanti. Untuk itu, kami hadirkan di bawah ini beberapa ide bisnis yang dapat kamu coba sambil menjadi seorang mahasiswa. 

1. Online shop

Yang pertama dari list ini adalah online shop. Kira-kira teman-teman semua sudah tahu apa itu online shop. Online shop merupakan bisnis yang sangat fleksibel sehingga cocok dengan kehidupan mahasiswa. Selain itu, bisnis ini tidak memerlukan modal yang banyak, yakni sekedar handphone dan jaringan internet.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba bisnis ini, kamu bisa memulainya dari menjadi reseller atau dropshipper. Kamu tidak memerlukan modal yang banyak untuk memulainya. Kamu hanya perlu memasarkan produk orang lain melalui akun sosial media-mu. Jika sudah ada yang berminat, baru kamu hubungi produsen untuk membeli barang tersebut dan menjualnya kembali pada konsumenmu.

2. Jasa Desain

Ide bisnis selanjutnya yang cocok bagi mahasiswa adalah jasa desain grafis. Jasa desain grafis memiliki pasar yang lumayan luas. Terdapat banyak orang yang ingin memiliki banner, spanduk, pamflet, logo, atau brosur yang terlihat menarik. Biasanya, daripada membikin sendiri, mereka akan meminjam jasa desain grafis untuk membuat sebuah desain bagi mereka. 

Kamu tidak perlu aplikasi premium yang berbayar untuk memulai bisnis ini. Cukup dengan aplikasi gratis seperti pixellab, canva, dan sebagainya, kamu sudah dapat menghasilkan berbagai karya desain grafis. Kalau kamu tidak memiliki skill yang lumayan dalam mendesain, kamu dapat belajar melalui tutorial-tutorial desain grafis yang cukup banyak beredar di youtube ataupun sosial media. 

3. Jasa Fotografi Dan Videografi 

Bagi kawan-kawan yang punya hobi di bidang fotografi atau videografi, maka kamu harus mencoba ide bisnis ini. Cukup bermodalkan kamera atau handphone dan sedikit skill editing, kamu sudah bisa menjual jasamu ke orang-orang di sekitarmu. Selain itu jasa ini juga cukup dicari karena orang-orang sering membutuhkan dokumentasi dari kegiatan-kegiatan mereka seperti acara pernikahan, event organisasi, berbagai pesta perayaan dan lain sebagainya. Dengan menekuni bisnis ini, kamu dapat melakukan hobimu sambil menghasilkan uang jajan tambahan.

4. Makanan Ringan atau Cemilan

Makanan ringan atau cemilan cukup sering menemani para mahasiswa ketika mengerjakan tugas atau mengisi waktu santai. Hal ini dapat kamu lihat sebagai ladang bisnis. Ada banyak jenis makanan ringan yang dapat kamu jadikan ide bisnis. Selama kamu menjual dalam harga yang sesuai dengan kantong mahasiswa, bisnis ini dapat menjadi usaha yang lumayan menguntungkan. Kamu tidak memerlukan modal yang banyak untuk memulainya. Kamu bisa menjual dalam jumlah yang kecil melalui akun sosial media-mu. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan sistem pre-order untuk meminimalisir kerugian.

5. Bimbingan Belajar atau Les Privat

Pendidikan merupakan hal sangat penting pada masa modern ini. Karena itu cukup banyak orang yang ingin mendapat pelajaran tambahan selain dari sekolah. Kamu dapat menggunakan ini sebagai peluang bisnis melalui bimbingan belajar ataupun les privat. Selain kamu dapat membantu orang lain, kamu juga dapat meningkatkan pemahamanmu terhadap materi yang kamu ajarkan.

6. Content Creator

Akhir-akhir ini, hampir semua orang memiliki handphone sebagai media hiburan. Untuk itu, content creator menjadi salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan. Ada banyak platform yang dapat kamu gunakan untuk menampilkan konten-konten yang kamu buat. Kamu bisa menjadi seorang blogger dengan menulis di blog yang kamu punya, menjadi seorang youtuber dengan membuat video yang menarik di channel youtube, Atau menggunakan sosial media seperti facebook, instagram, tiktok, dan lain sebagainya. Dari kerja sama brand atau endorsement, kamu dapat menghasilkan uang yang lumayan.

7. Jasa Penulis Lepas

Yang berada pada list terakhir adalah bisnis kepenulisan. Cukup bermodalkan dengan kreativitas dan imajinasi, kamu dapat menjadi seorang penulis. Penulis lepas juga tidak terikat dengan waktu dan tempat sehingga sangat cocok dengan kehidupan mahasiswa. Ada banyak jenis tulisan yang dibutuhkan, mulai dari artikel, konten website, hingga cerpen dan puisi. Klien yang membutuhkan jasa ini juga lumayan banyak dan dapat ditemukan melalui berbagai platform digital.


by: Ahmad Marbawi


Posting Komentar untuk " 7 Ide Bisnis Mahasiswa Yang Bisa Dijalankan Sambil Kuliah, Wajib Coba!-Terbaru 2022"