Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal: Kerukunan Mahasiswa Murakata Hulu Sungai Tengah (KM2-HST) Organisasi Kota untuk Mahasiswa yang Berkuliah di Banjarmasin

 

KM2-HST atau Kerukunan Mahasiswa Murakata Hulu Sungai Tengah, organisasi ini pertama kali dibentuk pada tanggal 21 Juni 2014, organisasi ini merupakan organisasi yang mewadahi atau tempat berkumpulnya mahasiswa/i yang berkuliah disekitaran kota Banjarmasin. Semua mahasiswa yang berdomisili di HST (Hulu Sungai Tengah) dapat mengikuti dan berkontribusi dalam organisasi ini.

KM2-HST mempunyai slogan daerahnya yaitu MURAKATA (Mufakat, Rakat dan Seiya-Sekata)

"KM2 HST Banjarmasin adalah organisasi yang mewadahi atau tempat berkumpulnya Mahasiswa/i HST yang berkuliah disekitaran kota Banjarmasin. Semua mahasiswa HST yang berkuliah di Banjarmasin boleh ikut KM2-HST dan ikut berkontribusi." Kata Muhammad Akmal, yang merupakan ketua umum KM2-HST Banjarmasin. (21 Juni 2022)

Ada sekitar 72 pengurus dan 40 anggota muda pada KM2-HST,  sedangkan anggota biasa itu seluruh mahasiswa Barabai yang berkuliah di Banjarmasin.

Tujuan dan Fungsi KM2-HST yang telah dipaparkan oleh Muhammad Akmal terdapat tujuan umum dan khusus beserta fungsinya, yaitu sebagai berikut:

Tujuan Umum: Sebagai wadah berkumpul dan bertukar pikiran bagi seluruh Mahasiswa Murakata yang ada di Banjarmasin.

Tujuan Khusus: Membentuk Mahasiswa yang berkualitas, agamis, demokratis, aspiratif, responsif, kreatif dan inovatif dalam upaya pengembangan pengetahuan dan keterampilan serta kritis terhadap perubahan yang terjadi dilingkungan kampus, pemda, DPRD dan Masyarakat.

Fungsi:

1. Perwakilan Mahasiswa Murakata

2. Pengembangan diri Mahasiswa daerah perluasan wawasan dan peningkatan kecendekiawan serta kepribadian

3. Menjalin hubungan dengan Perguruan Tinggi

4. Koordinasi bagi seluruh mahasiswa di banjarmasin

5. Kontrol Mahasiswa terhadap permasalahan politik

6. Kontrol Mahasiswa terhadap kinerja birokrasi pemerintah daerah

7. Wadah berkumpulnya dan bertukar pikiran

8. Sebagai acuan surat keterangan Mahasiswa Murakata dalam perihal pengajuan dana ke pemerintah kabupaten

Kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan yaitu  sosialisasi kampus yang ada di Banjarmasin ke sekolah-sekolah tingkat SMA/MA/SMK, seminar motivasi untuk siswa/i Di HST, bakti sosial, diskusi, acara bukber dan lain-lain. 

Muhammad Iqbal Khairi, salah satu pengurus KM2HST mengungkapkan "Dengan adanya KM2HST, bagi saya sendiri dapat membantu mahasiswa perantaun yang jauh berada di Hulu Sungai terpisah dengan keluarga khususnya yang berasal dari bumi Murakata atau Hulu Sungai Tengah untuk  dapat menjadi rumah ke-2, tempat silaturahmi, tempat bertukar pikiran dan membranding Nama HST sebagai rumah pertama."ungkap Iqbal

"Terdapat fasilitas yang disediakan seperti Asrama untuk para mahasiswa HST dengan biaya yang tidak terlalu mahal dan bisa berkumpul dari penjuru HST dengan culturenya masing-masing"tambah Iqbal

Harapan kedepannya untuk KM2-HST yang dipaparkan oleh Muhammad Akmal adalah "Harapannya semoga KM2 HST bisa lebih baik lagi, bisa lebih bermanfaat lagi bagi daerah dan masyarakat HST, semoga banyak Mahasiswa/i HST yang berminat bergabung ke KM2 HST dan ikut berkontribusi untuk KM2 HST serta daerah dan semoga KM2 HST dan seluruh Mahasiswa/i HST tambah rakat lagi sesuai dengan slogan daerah kami yaitu MURAKATA(Mufakat, Rakat dan Seiya-Sekata)."

Itulah beberapa paparan seputar organisasi KM2-HST Banjarmasin, apakah kalian ada yang berminat untuk bergabung dan berkontribusi dengan mereka?, khususnya mahasiswa/i yang berasal dari daerah kabupaten HST (Hulu Sungai Tengah).

Kalian bisa mengunjungi dan melihat kegiatan-kegiatan ataupun info dari KM2-HST melalui Instagram mereka yaitu @km2hst_banjarmasin

Penulis: NRL

Pewawancara: AB





Posting Komentar untuk "Mengenal: Kerukunan Mahasiswa Murakata Hulu Sungai Tengah (KM2-HST) Organisasi Kota untuk Mahasiswa yang Berkuliah di Banjarmasin"