Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ceramah Anak-Anak Tentang Berbakti Kepada Kedua Orangtua


 Assalamu’alaikum wr.Wb

Maukah kamu masuk surga yes yes

Maukah kamu masuk surga yes yes

Sayangi orang tuamu, juga guru gurumu

Maukah kamu masuk neraka no No.

Hamdan wasyukron lillah asholatu wassalamu ‘ala asyrafil ambiya’iwalmursalin syaidina wa maulana muhammaddin wa’ala ‘alihi washohbihi ajma’in

Yang terhormat Bapak Ardiyan S. Pd. I selaku guru SD Negeri 1 Batu Meranti

Yang saya sayangi dan banggakan kepada teman-temanku semua

Pertama-tama marilah kita ungkapkan rasa syukur kepada Allah yang maha Ghofur, yang telah memberikan rizki yang tidak terukur. Sholawat serta salam mari kita curahkan kepada insan yang menjadi damba’an, tidak pernah hp-an tapi wawasannya tak terkalahan, sehingga bisa membawa kita dari masa kegelapan menuju masa yang  penuh dengan ilmu pengetahuan. Yakni Habibana Muhammad SAW

Pada kali ini saya mau ceramah tentang “berbakti kepada kedua orang tua”

Sekarang saya mau tanya, di sini siapa yang sayang sama kedua orang tua?iya semuanya pasti sayang dan cinta. Kalau gitu harus berbakti kepada kedua orang tua donog.

Allah dalam Al-Quran berfirman pada QS Luqman : 14: “Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.”

Nah sudah jelaskan kita dengar perintah Allah SWT untuk berbakti kepada kedua orangtua. Tapi pada masa sekarang ini masih ada saja anak yang tidak mau berbakti kepada kedua orangtuanya. Padahal Allah sudah menyiapkan hadiah yang sangaat mewah bagi orang yang berbakti kepada kedua orangtuanya. Yaitu surga.

Kaum muslimin rahimakumullah,

Bagaimana sih cara berbakti kepada orangtua?iyaa benar, mengikuti perintah kedua orangtua, jangan sampai membantahnya selagi itu tidak keluar dari ajaran agama, berakhlak baik. Kalau kita lagi main game, tiba-tiba orangtua kita nyuruh buat beli gula di warung, langsung matikan hp-nya, taruh hpnya, dan berangkat beli gula di warung. Jangan sekali-kali membantah, apalagi memarahi orangtua kita.

Karena Allah berfirman dalam QS al-Isra’ : 23:”Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik."

Naah oleh karena itu, mari kita berbakti kepada orangtua, dengan cara menaati perintahnya, mendoakan di setiap habis sholat, tidak memarahinya dan terus belajar karena dengan belajar itu akan membuat orangtua kita senang. Kalau orangtua kita senang, nanti Allah akan berikan kita hadiah masuk surga.

Sekian ceramah dari saya.

Ikan kakap ditangkap kang yayan

Eh kang yayan jatuh

mohon maaf apabila ada salah ucap, cukup sekian

wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarrokatuh

 

Posting Komentar untuk "Ceramah Anak-Anak Tentang Berbakti Kepada Kedua Orangtua"