Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Hari-Hari Besar Nasional dan Kata-Kata Ucapannya Untuk Caption Instagram

1. Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928
Semangat pemuda !
Setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda merupakan salah satu peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia. Di Hari Sumpah Pemuda ini, saatnya kita kembali mengingat semangat para pemuda zaman dulu ketika memperjuangkan Indonesia dan berjanji setia kepada Indonesia serta menjunjungtinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia. Sebagai pemuda generasi sekarang sudah sepatutnya kita merayakan haru sumpah pemuda, dengan menciptakan berbagai karya untuk bangsa Indonesia. Dari pemuda untuk Indonesia semakin Jaya!

2. Selamat Hari Pahlawan 10 November 
Selamat Hari Pahlawan !
10 November merupakan ditetapkannya hari pahlawan sebagai hari nasional. Hal tersebut diperinati karena untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk negara Indonesia.
Pemuda sebagai garda terdepan harus siap menjadi perubahan bagi bangsa ini, seiap menjadi pahlawan masa kini. Tidak hanya diam ditempat, tidak memikirkan apa-apa namun harus bisa menciptakan karya, menciptakan jutaan karya untuk bangsa ini. Setidaknya jadilah pahlawan bagi keluarga  mu.

3. Selamat Hari Ayah
Selamat hari ayah untuk semua ayah, bapak, daddy, papa, baba, mertua, apapun panggilannya. Tidak hanya hari ini saja tapi setiap hari. Semoga Allah selalu memberikan kesehatan, di tambah kesabaran, kelancaran rezekinya.

4. Maulid Nabi Muhamad SAW.
Tiada henti seruan pujian di corong masjid di penjuru-penjuru dunia menyebut namaMu, melantunkan dengan irama indah menghanyutkan jiwa. Tadinya yang badan ini diam, ikut bergerak mengikuti irama. Ratusan hingga jutaan jenis irama berbeda hanya berisi pujian kepada Mu. Pepohonan, ikan di lautan seluruh makhluk di dunia dan para malaikat pun ikut turut memujimu. Ya Rasulullah berkenankan kami bertemu dengan Mu

5. Hari Guru
"Guru adalah profesi yang membentuk karakter anak bangsa dengan budi pekerti, toleransi, dan nilai-nilai kebaikan." -Joko Widodo-

6. Hari Ibu 22 Desember
terimakasih ibu, tidak ada pahala yang menyamai jerih payahmu.Wahay Yang Maha Kaya, limpahkan Kasih dan Sayang-Mu untuk Ibu ku"

7. Hari Kesehatan Dunia 7 Arpil
Kesehatan Dunia diselenggarakan untuk memperingati pendirian WHO dan dipandang sebagai kesempatan menarik perhatian dunia untuk menyadari masalah-masalah besar kesehatan global setiap tahunnya

8. R. A. Kartini 21 April
Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. 

9. Hari Buku Sedunia 23 April
"Membaca buku-buku yang baik berarti memberi makanan rohani yang baik"

10. Hari Puisi Nasional 28 April 
"Karena puisi membebaskan bukan mrmenjarakan, mari berkarya melalui tulisan"

11. Hari Buruh Nasional 1 Mei
1 Mei  diperingati sebagai Hari Buruh atau May Day.
Hari buruh ini adalah sebuah hari libur (di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

Buruh adalah salah satu elemen penting dalam pembangunan bangsa.
Semoga Allah memberkahi para Buruh, memberikan kesehatan, kebahagiaan, ketentraman, dan semakin sejahtera.

Selamat Hari Buruh 1 Mei 2020.

12. Hari Pendidikan Nasional 2 Mei
Menurut sejarah perjuangan negara indonesia, pejuang atau pahlawan banyak muncul dari sebuah pendidikan terutama Ki Hajar Dewantara selaku pahlawan pejuang pendidikan hingga menjadi peringatan quotes Hari Pendidikan Nasional di Indonesia.

Belajar adalah hiasan dalam kemakmuran, perlindungan dalam kesulitan dan tunjangan dimasa tua. Belajarlah dari masa lalu jika kita ingin mendefinisakn masa depan. Selamat Hari Pendidikan Nasional 

13.  Hari Palang Merah Internasional 08 Mei
"Semoga semua diberi kemudahan dalam membantu sesama"

14. Hari Buku Nasional 17 Mei
TANGGAL 17 Mei diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Penentuan tanggal tersebut merupakan ide Menteri Pendidikan dari Kabinet Gotong Royong, Prof. Dr. Abdul Malik Fadjar sejak 2002.

Hari tersebut bertepatan dengan peringatan pendirian Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) di Jakarta pada 17 Mei 1980.
Selamat hari buku Nasional 17 Mei 2020 "Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas." - Mohammad Hatta

15. Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei
20 Mei  diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas.
Hari Kebangkitan Nasional dirayakan untuk mengenang sejarah pergerakan pemuda di Indonesia.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional.
Mari bangkit dari segala keterpurukan dan bangkit untuk terus maju agar berguna bagi bangsa dan negara, khususnya bangkit berjuang

16. Hari Lahir Pancasila 1 Juni
Pada hari ini, 75 tahun yang lalu tepatnya 1 Juni 1945, berlangsung sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Dalam sidang itu, Ir. Soekarno menyampaikan lima sila atau dasar yang merupakan konsepnya mengenai dasar negara Indonesia. Dalam pidatonya pada sidang BPUPKI itu, Bung Karno merangkum kelima sila tersebut dalam satu kesatuan istilah yang disebut sebagai Pancasila.

Dan kini, tanggal 1 Juni resmi ditetapkan jadi Hari Lahir Pancasila lewat Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, untuk Indonesia yang lebih baik.

17. Hari Anak Nasional 1 Juni
Hari ini 1 Juni diperingati sebagai Hari Anak Nasional

Hari anak adalah hari penghargaan sebesar-besarnya buat mempersiapkan generasi penerus perjuangan bangsa.

Selamat memperingati hari anak nasional. Semoga anak-anak bangsa Indonesia mampu menjadi generasi terbaik penerus cita-cita kemerdekaan.

18. Hari Lingkungan Asri 05 Juni
uhan sudah memberikan lingkungan yang asri dan hijau pada kita, lalu apa yang akan kita berikan sebagai wujud terima kasih tersebut.
Ayo sedari sekarang mulailah untuk menjaga lingkungan sekitar.
Jika kita merusak alam dan sekitarnya sama saja rumah bahkan kesehatan diri sudah di rusak.
Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia

19. Hari Laut Sedunia
“Ikan di laut tidak usah kita kasih makan. Kita hanya biarkan dan kita jaga serta ambil dengan cara tidak semena-mena. Keserakahan kita harus hentikan. Inilah tugas kita bersama, mengelola dan menjaga serta mengambil hasilnya dengan kaidah yang dibenarkan.” – Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Pudjiastuti
Selamat Hari Laut Sedunia. Mari bekerja sama untuk menjaga kelestariannya.

20. Hari Bidan Nasional 24 Juni
Bidan Membantu Kelahiran, Menyelamatkan 2 Insan

Pada hari ini 24 juni 2020 adalah hari bidan di indonesia yang sangat luar biasa, yang sangat menginspirasi kami. Tidak hanya hari ini akan tetapi setiap hari.

Kami semua memberikan apresiasi dan sebuah ucapan terima kasih atas jasa dan pengabdian bidan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat indonesia.
Selamat hari bidan nasional!

21. Hari Bank Indonesia 05 Juli
Setiap tanggal 5 Juli, Indonesia memperingati Hari Bank Indonesia. Sesuai Pasal 23D UUD 1945 dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia, merupakan bank sentral Republik Indonesia.

22. Hari Pustakawan Indonesia 07 Juli
Pustakawan identik dengan seseorang yang menjaga buku, bahkan pandangan ini menjadi opini publik. Jika ada yang berfikir bahwa pustakawan hanyalah seorang penjaga buku, maka pemikiran itu tidaklah tepat karena perpustakaan merupakan pusat peradaban dan perubahan. Pustakawan bukanlah seorang yang sekedar menjaga buku akan tetapi mereka adalah pusat informasi (information center) yang mampu memberikan informasi kepada pemustaka (users). Semoga pustakawan Indonesia semakin jaya dan berkualitas juga semakin di pandang oleh seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia.

23. Hari Anak Nasional 23 Juli
merupakan bentuk kepedulian bangsa terhadap perlindungan anak Indonesia agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dengan cara mendorong keluarga menjadi lembaga paling utama untuk memberikan perlindungan kepads anak. Anak terlindungi, Indonesia Maju. Selamat Hari Anak Nasional 

24. Hari Masyarakat Adat Internasional 9 agustus
Hari masyarakat adat internasional diperingati pada 9 Agustus setiap tahunnya. Indonesia dengan beragam kekayaan kultur dan etnik yang ada, mari bersama menghormati dan melindungi hak-hak mereka.

25. Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 10 Agustus
Tonggak sejarah peringatan Hakteknas (Hari Kebangkitan Teknologi Nasional) terjadi, ketika Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Menteri Riset dan Teknologi saat itu, membuat langkah besar yang ditandai dengan penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995.

26. Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus
Hari ini adalah hari dimana kita menghormati bangsa kita yang indah. Selamat Hari Kemerdekaan ke-75 RI!

27. Hari Aksara Internasional 08 Sepetember
Hari Aksara Internasional atau Hari Melek Huruf Internasional, yang diperingati setiap tanggal 8 September, merupakan hari yang diumumkan oleh UNESCO pada 17 November 1965 sebagai peringatan untuk menjaga pentingnya melek huruf bagi setiap manusia, komunitas, dan masyarakat. Setiap tahun, UNESCO mengingatkan komunitas internasional untuk selalu dalam kegiatan belajar. Hari Melek Huruf Internasional ini diperingati oleh seluruh negara di dunia.

28. Hari Radio Republik Indonesia 11 September
Setiap tanggal 11 September, kita memperingati Hari Radio Nasional. Artinya, hari ini, kita semua tengah merayakan hari tersebut.
Hari Radio Nasional juga sekaligus diperingati sebagai hari kelahiran Radio Republik Indonesia (RRI) yang didirikan pada 11 September 1945. Itu juga yang menjadi sebab mengapa peringatan Hari Radio kerap disebut juga sebagai Hari RRI.

29. Hari Demokrasi internasional 15 September
15 September adalah peringatan hari Demokrasi Internasional. Pada hari ini merupakan hari untuk meninjau kembali keadaan demokrasi di dunia.
Demokrasi adalah proses sebagai sebuah tujuan, dan hanya dengan partisipasi penuh dan dukungan dari komunitas internasional, badan pemerintahan nasional, masyarakat sipil dan individu, maka cita-cita demokrasi dapat diwujudkan untuk dinikmati oleh semua orang, di mana pun.

30. Hari Ozon Internasional 16 September
Setiap tahun, dunia memperingati Hari Ozon Sedunia pada 16 September. Tahun ini, Hari Ozon Internasional diperingati pada Rabu, 16 September 2020 dengan tema resmi dari United Nations Environment Programme (UNEP) yaitu “Ozone for Life”.

31. Hari Palang Merah Nasional
Setiap 17 September, Indonesia memperingati Hari Palang Merah Nasional.
Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. PMI selalu berpegang teguh pada tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan sabit merah yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan.

32. Hari Tani Nasional 24 september
"Pangan adalah pilar hidup matinya sebuah bangsa” Ucap presiden kita Soekarno, itulah mengapa petani penjaga pangan bangsa, jadi cintai hasil pertanian lokal. Selamat Hari Tani Nasional untuk seluruh petani Indonesia! Terima kasih atas dedikasinya dalam memberikan hasil tani berkualitas terbaik.

33. Hari Peringatan G30S PKI 30 September
Peristiwa G30S/PKI merupakan sejarah kelam yang dimiliki bangsa Indonesia dan sukar untuk dilupakan. Bagaimana tidak, dalam waktu kurang dari sehari, yakni pada malam 30 September hingga 1 Oktober 1965, bangsa Indonesia kehilangan para putra terbaiknya.
G30S/PKI yang menurut narasi dominan didalangi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) ini merenggut nyawa tujuh perwira militer Indonesia dan seorang gadis kecil putri Jenderal Abdul Haris Nasution.

34. Hari Santri Nasional 22 Oktober
Menjadi santri adalah upaya untuk menjadi manusia sejati dan meneladani Rasulullah Muhammad SAW. Selamat Hari Santri Nasional

Posting Komentar untuk "Daftar Hari-Hari Besar Nasional dan Kata-Kata Ucapannya Untuk Caption Instagram"