Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH-BERSAMA HMJ PAI

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Mengadakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Untuk Mahasiswa baru khusus Jurusan PAI
24 agustus 2019
Dunia perkuliahan tidak asing lagi dengan namanya karya tulis berupa makalah, skripsi , tesis dan disertasi. Namun, masing asing bagi seorang mahasiswa baru (maba) yang baru masuk di dunia perkuliahan, walaupun ketika meniti ilmu di bangku pelajar di SMA/MA/SMK juga terkadang mendapat tugas dari guru untuk membuat makalah, tetapi moment itu beda ketika di bangku kuliah. Sewaktu di SMA mungkin hanya sekedar tugas tapi ketika memasuki di bangku kuliah selain tugas juga harus di pertanggungjawabkan melalui persentasi.

Memang, sebagian kecil maba mengetahui namun sebagian besar lainnya masih belum mengetahui dengan yang namanya karya tulis berupa makalah, apa lagi bagi mahasiswa baru yang masih belum menguasai komputer/laptop/ media tulis untuk pembuatan makalah.

Dari masalah-masalah itulah organisasi kampus datang, di sini aku menemui organisasi internal kampus yang respon atas kegelisahan mahasiswa baru, ya atas kebingungan dan kegelisahan yang kami alami. Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (HMJ PAI) terimakasih telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah untuk mengahapus kebingungan yang kami alami sebagai maba.

(24/08/2019) HMJ PAI melaksanakan P-KTI menjawab kegelisahan dan kebingungan maba dalam membuat makalah dimana tugas tersebut akan menjadi makanan sehari-hari sebagai mahasiswa.

Ya makanan sehari-hari, aku kaget ketika baru masuk kuliah langsung disajikan tugas makalah, pada dasarnya aku belum terlalu menguasai bagaimana pembuatan makalah itu. 5 hari pertemuan sudah diberi 5 tugas makalah. Apa dalam pikiran ku? 1. Bagaimana agar aku selesai tepat waktu dan paham atas materi yang akan aku kerjakan. Terimakasih, mungkin sebuah proses/masalah yang harus kulalui.

Seperti kata kak Miftahul Ihsan ketua DEMA FTK mantan ketua umum HMJ PAI, ujar beliau “Apabila kalian memiliki masalah maka hadapilah, karena masalah itulah kalian akan terbentur, apabila semakin banyak masalah kalian akan terbentur terus terbentur, dan akhirnya akan terbentuk.” artinya atas masalah itulah kita akan menjadi pribadi yang dewasa, bukan hanya fisik juga dari segi pemikiran.

Kembali ke Karya tulis ilmiah tadi, pada kegiatan karya tulis ilmiah HMJ PAI di ketuai oleh kak Rezky Amalia dalam sambutannya “KTI ini di ikuti oleh 155 maba, dimana kegiatan ini dibagi menjadi 2 part. Pertama di ikuti oleh 77 maba dan part kedua diikuti oleh 78 maba.

Lebih lanjut, ada sambutan ketua jurusan yakni bapak Surawardi S. Ag, M. Ag. pada intinya beliau ingin mengubah menset mahasiswa agar kedepan tidak terlalu bergantung kepada orangtua, tapi harus mandiri.

Ada juga sambutan dari Wakil DEKAN 3 bapak Dr. Syaiful Bahri M.Ag seorang motivator literatur mengajak agar seorang maba harus mempunyai banyak wawasan dari membaca. Ada kalimat yang saya kutip dari beliau “Jangan anda putus asa karena putus cinta. Tapi buatlah dia yang sudah memutuskan mu menyesal karena telah mengambil keputusan yang salah.”

Pemateri pada kegiatan karya tulis ilmiah ini yang khusus menjelaskan mengenai makalah oleh ibu Miftahul Aula Sa’adah M.Psi. (terimakasih bu, ku hanya bisa mendoakan engkau dengan seuntaian doa, sesungguhnya ilmu yang engkau berikan harganya sangatlah mahal, namun di Kau mau mengajari kami dengan keikhlasan)

Terimakasih kepada Kakak HMJ PAI yang telah menyelenggarakan kegiatan karya tulis ilmiah ini, semoga kakak-kakak sekalian mendapatkan keberkahan dalam menuntut ilmu di bangku kuliah maupun setelah lulus nanti, terimakasih juga kepada teman baru ku yang duduk di sebelah ku tadi juga nomor WA nya nanti aku save.

aku Part 1

8 komentar untuk "PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH-BERSAMA HMJ PAI"