Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengukir Tawa Tepiskan Luka-PBAK Tingkat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Part 2 UIN Antasari Banjarmasin

PBAK Tingkat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan-Mengukir Tawa Tepiskan Luka
16 Agustus 2019


Mengawali kegiatan perkuliahan tahun akademik 2019/2020, UIN Antasari Banjarmasin menyelenggarakan Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) selain tingkat Universitas juga ada PBAK tingkat fakultas. Agenda ini berlangsung selama 2 hari sesuai part yang di tentukan, untuk Fakultas Tarbiyah dan Keguruan part 2 yaitu pada 06 s/d 07 Agustus 2019 . 

Ketua OC M.Aditya Hariyadi mengatakan “Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tingkat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dibagi menjadi 2 part, dimana part 1 di ikuti oleh 604 mahasiswa baru dan di part 2 di ikuti oleh 437 mahasiswa baru” begitu ujar ketua OC dalam sambutannya . “Transfigurasi Intelegensi dan Mewujudkan Tri Model Hirarki yang berkeadaban” menjadi tema kegiatan PBAK UIN Antasari Banjarmasin.

Ketika seluruh maba memasuki ruangan PBAK, para maba di sambut dengan sebuah video perkenalan dari Organisasi Fakultas Tarbiyah dan keguruan yaitu Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam atau bisa di singkat (HMJ PAI) yang di ketuai oleh kak Hilmi M.

Pembukaan PBAK diawali dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an yang di bacakan oleh sodara M.Fikri A. semua peserta dengan hikmat mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an dari sodara M.Fikri A. Seraya dengan mengharap ridho, kelancaran dan keberkahan dalam acara PBAK fakultas tarbiyah dan keguruan part 2.

Lebih lanjut Miftahun Ihsan ketua umum PBAK 2019 menyatakan dalam sambutannya, “Tahun ini kuota penerimaan maba tarbiyah di batasi artinya kalian adalah orang-orang terpilih jadi sangat sayang sekali apabila kalian tidak benar-benar.” Katanya dalam sambutannya.

Kegiatan PBAK Fakultas tarbiyah ini dibuka oleh ketua Dekan Fakultas Tarbiyah Ibu Prof. Dr. H. Juairiah M.Pd pada pukul 08.15 WITA. Ada satu pesan beliau yang bisa saya kutip. Kata beliau “Apabila kalian sudah masuk di UIN Antasari manfaatkan sebaik-baiknya,” artinya jangan sampai mahasiswa fakultas tarbiyah menyia-nyiakan kesempatan yang sudah didapatkan, karena masih banyak orang yang ingin masuk fakultas tarbiyah namun terhalangi berbagai masalah.

Pada hari pertama kegiatan PBAK fakultas tarbiyah dan keguruan ini disuguhi materi-materi mengenai fakultas tarbiyah dan keguruan, seperti Selayang Pandang Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di isi oleh Wakil dekan fakultas tarbiyah dan Keguruan Dr. Hairul Hudaya M.Ag, selanjutnya materi mengenai kelembagaan fakultas tarbiyah dan keguruan, lembaga pelatihan dan pengembangan tarbiyah, Biro skripsi fakultas tarbiyah dan keguruan, Biro layanan bimbingan dan konseling, praktek pengalaman lapangan (PPL), tentang perpustakaan UIN Antasari, pengenalan akademis, kemahasiswaan dan alumni dengan system informasi akademik(SIAKAD) fakultas tarbiyah.

Dan selain materi-materi tersebut juga ada materi oranisatoris yang akademis dengan pemateri yang sangat memotivasi yaitu Kanda Arif Rahman Heriansyah S.Pd.I ,M.A. Kanda Arif sangat berharap mahasiswa punya hard skill dan soft skill dengan nilai tambah mengetahui ilmu agama yang cukup. Sehingga mahasiswa agama mengerti tentang teknologi pengetahuan atau mahasiswa sains paham akan ilmu keagamaan, serta mampu menjadi mahasiswa yang bermasyarakat dan perpengetahuan luas.

Ada 4 kutipan yang bisa saya ambil dari beliau :
“orang-orang yang berhenti belajar maka ia pemilik masa lalu, dan orang-orang yang terus belajar maka ia pemilik masa depan” .

“Apabila kamu menanam bunga mawar lalu tumbuh bunga mawar itu sudah biasa. Namun apabila kamu menanam bunga mawar lalu tumbuh bunga mawar dan melati itu luar biasa” 
apabila kalian salah jurusan atau masuk pada jurusan yang tidak kalian inginkan  jangan mengeluh, jangan putus asa. Tetap jalani dan belajarlah yang rajin, Allah tidak akan menguji di luar kemampuanmu. Bersemangatlah , sesungguhnya setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Kalau kalian lulus pada jurusan yang kalian pilih itu sudah biasa, karena kan sudah sesuai yang di inginkan. Tetapi, kalau kalian bisa lulus dan mengusai jurusan yang bukan kehendak kalian itu sangat luar biasa.

“semua akan indah pada waktunya”

“Allah akan memberi kejutan, dan tunggu kejutan itu”

Di hari kedua, para maba diberikan beberapa materi namun tidak sebanyak seperti di hari pertama. Ada satu materi yaitu sesuai  jurusan maba, karena saya sendiri masuk dalam jurusan Pendidikan Agama Islam jadi dalam perkenalan Pendidikan Agama Islam kami di sambut oleh penampilan musik panting dengan kolaborasi  dengan alat musik cajon, biola dan gitar oleh kakak HMJ PAI menyanyikan lagu Pembatangan, ampar-ampar pisang dan ampat si ampat lima. Kemudian kami di jelaskan beberapa point mengenai  jurusan PAI.

PBAK Fakultas ini singkat, namun sangat berkesan.  Banyak sekali penampilan dari UKK dan UKM yang ada di fakultas tarbiyah, seraya memperkenalkan organisasi yang ada di fakultas tarbiyah dan keguruan.

Ya, selain seru dan dapat ilmu pengetahuan dengan penampilan serta penyampaian materi dari dosen-dosen juga ada pihak keamanan yang menjaga ketertiban acara, sangat menegangkan ketika keamanan maju mengeksekusi peserta PBAK yang tidak mematuhi peraturan.

Eh eh eh tapi jangan menilai mereka buruk dan jahat, justru dengan adanya keamanan yang terus mengingatkan kita peserta jadi tertib dan nyaman ketika melaksanakan kegiatan PBAK. 

Ketegangan datang ketika keamanan bertindak, asli sangat tegang bung. Tapi ada sosok MC/pembawa acara pengubah suasana, yang tadinya tegang dan kami susah senyum ketika dia datang suasana auto berubah kami sekejab langsung ketawa dan ahahahahaha sangat dingin suasananya.

Pembawa acara kondang tersebut adalah Kak Waladun Saleh, dengan slogan beliau “Adun Lovers : Mengukir tawa , tepiskan luka.”

Kak @shaleh_waladun ketika di atas panggung selalu ada kisah yang unik dan kata-kata yang cantik untuk menggoda eh eh untuk menghibur kami perserta PBAK.

Terimakasih kak akay(Adun). Aku tau hatimu teriris tapi kamu tetap bisa meringis untuk membuat kami jangan menangis karena mengemis ampun pada keamanan yang sadis. Eh enggak, maksudnya keamanan yang manis.

Sekali lagi, PBAK Fakultas Tarbiyah ini sangat berkesan dan tertib. Terimakasih kepada seluruh dosen dan pihak panitia yang sudah menyambut kami maba UIN Antasari Banjarmasin dengan sangat meriah. Semoga semua amal di balas kebaikan oleh Allah SWT. Aamiin

Terimakasih juga kepada kakak-kakak pembimbing, terkhusus kakak Ahmad Zaini dan kak Nada Nisrina yang sudah membimbing kami kelompok 1 Wiranto. Juga teman-teman kelompok ku yang luar biasa, anak ku Ummi Rahmiatun, Resti Utami, M.Zainiur Ikhsan, Tri Agustina, Syiham Wardaniyah, Chusnul Khotimah, Afrida Septiara, Mau’izatul H, Putri Alimidin, Gusti Rafiatusyyifa, Nadya Febriana, Wahdiah Arafah, dan Siska Nurfianingsih.

Acara PBAK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di tutup tepat pukul 05.15. terimakasih, awal yang indah semoga di akhiri dengan moment yang indahan juga. Aamiin

image :



  















FG : Panitia PBAK FTK 

18 komentar untuk "Mengukir Tawa Tepiskan Luka-PBAK Tingkat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Part 2 UIN Antasari Banjarmasin"

  1. Sukses terus, rangkailah mimpi capai ridho ilahi

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kak akay... di kau juga semoga sukses terus

      Hapus
  2. Selamat menempuh jalan di perguruan tinggi UIN Antasari.semoga kita semua menjadi orang yg sukses dan dapat menggapai cita cita yg dituju dan mendapat rihdo Allah .
    Aamiin.

    BalasHapus
  3. Semangat menuju kesuksesan....jgn malas belajar karena penyesalan itu berada diakhir bukan diawal...

    BalasHapus
  4. Semangat Fikri Semoga Sukses Dunia Akhirat.Aamiin

    BalasHapus
  5. Semangat Fikri Semoga Sukses Dunia Akhirat.Aamiin

    BalasHapus
  6. Semangat banggakan ke2 ortu mu ,,tingkat kan lge prestasinya ,,dan selamat menempuh hidup baru d kehidupan UIN antasari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terimakasih ... Sebisa mungkin, selalu di usahakan

      Hapus
  7. Uh ayah lanjut terus. good pilihan kata loncorrre ✨✨✨✨

    BalasHapus
  8. Well, walaupun mungkin koment ini telat, terimakasih banyak karena sudah merangkum materi saya dengan sangat baik dan apik.
    Saya ucapkan selamat berjuang di semester 2 dan selanjutnya, keep be loyal on process yo!😊💪

    BalasHapus