Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motivasi Dari Prof. Dr. H. Akh. Fauzi Aseri, MA dalam Acara Bimtes Untuk Para Calon Mahasiswa Baru UIN Antasari bersama Himpunan Mahasiswa Islam


Selamat Datang di Blog Ardiyan Fikrianoor, dari sebuah pertemuan tes bimbingan belajar bersama kakak mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin

 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Tarbiyah (KOMFAKTAR) Cabang Banjarmasin adakan bimbingan tes untuk para calon mahasiswa baru UIN Antasari di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), pada Senin (27/05).

      Diikuti oleh lebih dari 200 peserta dari 300 pendaftar. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai dari 08.30-18.30 WITA yang dilanjutkan dengan kegiatan buka puasa bersama antara panitia dan peserta.

      Muhammad Fajri, selaku Ketua Umum HMI KOMFAKTAR menuturkan bahwa dengan adanya kegiatan ini menunjukkan kepedulian Ormawa terhadap masa depan kampus kedepannya, khususnya dalam bidang kemahasiswaan. "Harapannya bisa membantu dan memudahkan para calon mahasiswa UIN Antasari dalam mengerjakan soal-soal UM-PTKIN," Ujarnya saat ditemui oleh Tim Sukma di kediamannya, Rabu (29/05) siang. Reporter & Foto: Ranai Editor: Jarwo dikutip dari Instagram @lpm_sukma

      Dalam Postingan dalam Instagram @ipm_sukma menjelaskan bahwa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)  Komisariat Fakuktas Tarbiyah (KOMFAKTAR) cabang Banjarmasin mengadakan suatu bimbingan tes untuk para calon mahasiswa UIN Antasari di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) pada Senin (27/05/2019)

      Khususnya saya pribadi mengucapkan terimakasih kepada kakak-kakak HMI yang telah melaksanakan bimbingan tes tersebut sebagai kendaraan awal menuju tujuan kami, karena dengan bimbingan tes tersebut kami jadi punya gambaran soal-soal yang akan di tes ketika dalam ruangan dan sangat membantu kami dalam mengerjakan soal-soal tes.

      Kakak pembimbing MAPEL ketika bimtes yaitu ada Kakak Anisa Hidayati (MTK dasar), Halida (IPS terpadu), M. Edi Kurniawan dan Yeni Amelia (Tes Potensi Akademik), Muhammad Fajri (Bahasa Arab), Bang Ucup ( Keislaman ), Annisa (Bahasa Inggris). Selain kakak pemberi materi mapel juga ada kakak yang merubah suasana, dimana kakak ini selalu datang ketika kami sedang merasa agak jenuh, yaitu kak M. Aditya, kak Aditya memberikan beberapa game yang seru, ya hiburan ini membuat kami lebih ceria, tidak tegang, fressssssssh karena dari pagi hingga sore kami belajar. Intinya semua kakak HMI dan pembimbing yang datang ke acara tersebut luar biasa.

      Dalam acara tersebut selain di isi dengan bimbingan pelajaran juga di akhir acara ada pemberian motivasi oleh Prof. Dr. H. Akh.Fauzi Aseri, MA , beliau pernah menjadi Rektor UIN Antasari Banjarmasin 2 periode (Muhammad Fajri (19/6).

      Pada awal setelah beliau sambutan, beliau mengajarkan doa kepada seluruh peserta bimtes yaitu pertama, doa yang sering diamalkan oleh beliau setiap sebelum masuk ruangan/kelas yaitu “Allahumma inni as’aluka ‘ilman nafi’a, wa ‘amalan mutaqabbala, wa rizqan thayyiban (Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, amal yang diterima, dan rizki yang baik.) “.

      “Takdir itu bisa berubah dari do’a, artinya kita belum tahu hasil yang kita laksanakan tapi dengan doa Tuhan akan memberikan apa yang kita inginkan tapi yang lebih penting Allah memberikan apa yang anda butuhkan, kadang-kadang apa yang anda minta tidak dikasih justru yang anda butuhkan karena anda salah minta.  Ya Allah, saya ingin memilih jurusan Perbank kan Syari’ah tahunya lulusnya di jurusan Matematika, yang di perlukan ternyata anda dibutuhkan di Matematika. Yang penting anda berdoa , setiap habis sholat yakin ! “Allahumma inni as’aluka ‘ilman nafi’a, wa ‘amalan mutaqabbala, wa rizqan thayyiban”.”

      Ilman Nafi’a ilmu yang bermanfaat, jadi ilmu yang lain-lain pengalaman-pengalaman, segala organisasi, kegiatan yang tidak manfaat kada usah. Rizqan thayyiban, rizki itu termasuk juga rizki. Kalau anda nantinya lulus anda bersyukur itu rizki. Amalan mutaqobbalan, dana mal kita yang di terima oleh Allah. Kuliah bukan terpaksa, bukan karena pacar, bukan karena ikut-ikutan teman, harus ikhlas.

      Kedua, yakinlah anda itu punya potensi, otak, pikiran. Minta doakan kepada seluruh orang yang berpengaruh dalam hidupmu, seperti orangtua, guru dll.

      Anda punya flashdisk, nah itu 2 gb, 8 gb, 16 gb, 250 gb kalah dengan otak kita. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mau melanjutkan study kalian. Kalau penuh mungkin di isi dengan sms, putus dengan dia, hutang kesana yang masuk itu masuk situ langsung hibak, padahal yang harusnya diisi dengan ilman naafi’an ilmu yang bermanfaat.

      Kalian inilah yang akan mendidik anak-anak menjadi cendikiawan, niatkan anda menjadi cendikiawan, menjadi ahli sarjana yang bermanfaat, insyaallah Tuhan akan menitipkan kepada anda label sarjana itu dan bermanfaat, bukan supaya terkenal, supaya di panggil sarjana, aku ingin meninggikan derajat supaya dalam keluarga ku ada yang sarjana, itu boleh tapi yang lebih penting daripada itu adalah anda menjadi sarjana yang lebih bermanfaat.

      Ada tantangan yang akan di hadapi yaitu harus tahan godaan internal dan eksternal, internal itu hati ini kadang-kadang merasa kecut, kadang-kadang terasa tidak tahan, tugas banyak macam-macam, ekonomi terbatas, duit terbatas tidak cukup. Termasuk saya, dulu hampir stop kuliah karena biaya, terus berjuang-berjuang. Teruslah berjuang, kalau anda berjuang Tuhan akan menitipkan amanah tersebut kepada anda. Godaan eksternal banyak sekali caranya kita harus perbanyak pengalaman. Bedakan yang baik dan buruk, bisa bedakan mana yang isi mana kulit, mana yang mubadzir mana yang hemat, bisa mengambil keputusan.

Yang ketiga harus mengabdikan ilmu yang didapat. setelah lulus atau setelah belajar, amalkan lah ilmu yang anda dapat, sehingga ilmu tersebut dapat berguna untuk diri anda.

      Yang ke empat, punya cita-cita tinggi atau cara untuk hidup dengan perbanyak pengalaman. Banyak ikut organisasi banyak pengalaman.

      Itulah tadi motivasi dari Prof. Dr. H. Akh.Fauzi Aseri, MA , semoga bermanfaat. Sekali lagi terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan mendo’akan kami. Kami do'akan semoga ilmu kakak sekalian bermanfaat. kami sampaikan terimakasih

@lpm_sukma @bimteshmi






alhamdulillah, bagi yang ikut bimbingan kemarin bisa komen di bawah, dari mana saja dan kakaknya bisa komen di bawah



16 komentar untuk "Motivasi Dari Prof. Dr. H. Akh. Fauzi Aseri, MA dalam Acara Bimtes Untuk Para Calon Mahasiswa Baru UIN Antasari bersama Himpunan Mahasiswa Islam "