Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KHUTBAH JUM'AT RAMADHAN : MENGISI WAKTU LUANG DI AKHIR BULAN RAMADHAN

MARHABAN YA RAMADHAN, Khutbah Jum'at di Masjid desa tempat saya tinggal

KHUTBAH PERTAMA-MENGISI WAKTU LUANG DI AKHIR BULAN RAMADHAN

FG : R.U

Ini merupakan isi khutbah yang disampaikan oleh Ustadz Aziz, di Masjid Al-Hidayah, Desa Batu Meranti, Kec. Sungai Loban, Kab. Tanah Bumbu, Prov. Kalimantan Selatan, pada Jum'at, 26 Ramadhan 1440 H / 31 Mei 2019 M.

اَلْحَمْدُ لله، اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَنْزَلَ الْفُرْقَانَ لِلْعَالَمِيْنَ بَشِيْرًا وَنَذَيِرًا،

 أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ،
 وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمَبْعُوْثُ الَّذِيْ أَنْزَلَ عَلَيْنَا بِأَنْوَاعِ النِّعَمِ مِدْرَارًا.
 اَللَّهُمَّ صَلِ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُطَهِّرُوْنَ اللهَ تَطْهِيْرًا.
 فَيَا اَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ، أُتَقْوَاللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.
 قَالَ اللهُ فِىْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ.
 بسم الله الرحمن الرحيم، إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ، لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا 
بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ 


Hadirin sidang Jumat rahimakumullah,  
Marilah kita senantiasa meningkatkan takwa kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan sebenar-benar taqwa, yaitu dengan berusaha menjalankan segala perintah-perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-larangan-Nya.

Kita patut bersyukur Allah memberi kita kesempatan untuk menjumpai bulan Ramadhan, karena begitu istimewanya bulan Ramadhan ini. Dan diantara kemuliaan bulan Ramadhan ini ialah dilipat gandakan segala amalan2 kita, amalan-amalan baik tentu akan dilipatgandakan pahalanya, 
Tapi kita juga perlu waspada, karena ituberarti amalan-amalan yang buruk tentu juga akan dilipatgandakan dosanya.

Hari ini, kita sudah memasuki bagian-bagian akhir pada bulan Ramadhan. Kita perlu mengoreksi diri kita sendiri sebagai bahan evaluasi. Mulai awal Ramadhan kemarin sampai hari ini: apakah kualitas dan kuantitas ibadah kita sudah sesuai dengan yang kita harapkan.  

sudahkah kita berhitung, 
Berapa banyak ayat Al-Qur’an yang kita baca, dan berapa banyak kata-kata kasar yang kita ucapkan.

Sudahkah kita bandingkan,
Berapa banyak orang yang kita beri sedekah, dan berapa banyak harta orang lain yang kita ambil.
Berapa jam kita habiskan untuk tarawih dan berapa jam kita  habiskan untuk lihat sinetron.
Berapa lama kita bertadarus dan berapa lama kita bermain game

Beruntunglah bagi mereka yang mampu dengan sebaik-baiknya memanfaatkan waktu untuk berbuat banyak kebaikan, karena tentu Allah akan lipatgandakan pahalanya, yang mungkin cukup untuk menutupi semua dosa-dosanya seumur hidup.

Tapi bagaimana dengan orang-orang yang tidak bisa memanfaatkan waktu? Mungkinkah Allah juga sudah melipatgandakan dosanya sehingga sudah jauh melebihi dari pahala yang ia usahakan selama ini.

Apabila sudah, maka mari kita jaga sekuat tenaga hingga akhir Ramadhan. Tapi jika belum sesuai dengan ekspektasi kita, maka mari kita tingkatkan dengan sebaik-baiknya selagi bulan Ramadhan belum berakhir

Kita masih punya kesempatan untuk memperbaiki amalan-amalan kita, mengurangi sebisa mungkin maksiat2 kita, agar kita tidak termasuk orang yang rugi karena tidak mampu memanfaatkan waktu di bulan suci ini.

Rasulullah begitu tampak sikapnya bagaimana beliau memenuhi sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Di antaranya Rasulullah telah memberikan contoh kepada kita melalui hadits yang diriwayatkan oleh istrinya Aisyah radliyallahu anha:

كانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ العَشْرُ شَدَّ مِئْزَرَهُ، وَأَحْيَا لَيْلَهُ، وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ

Artinya: “Nabi ﷺ ketika memasuki sepuluh hari terakhir, ia mengencangkan sarungnya,  menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya.” (HR Bukhari Muslim) 

Hadits tersebut terkandung maksud bahwa cara Rasulullah menghidupkan malam adalah dengan tidak menjadikan sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan tersebut sebagai momen bermalas-malasan, sebaliknya Rasulullah menghidupkan malam dengan cara memperbanyak beribadah.

Selain itu, Rasulullah juga membangunkan keluarganya untuk ikut beribadah malam, memperbanyak dzikir dan bersujud kepada Allah subhanahu wa ta’ala. 

Karenanya, marilah kita perbaiki lagi sebisa mungkin amalan-amalan kita di ujung bulan Ramadhan ini dengan memperbanyak tadarus, memperbanyak sedekah, memperbanyak I’tikaf dan mengurangi hal-hal yang tidak ada nilainya di sisi Allah SWT.



بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَجَعَلَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاِت وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. إِنَّهُ هُوَ البَرُّ التَّوَّابُ الرَّؤُوْفُ الرَّحِيْمُ. أعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجِيْم، بسم الله الرحمن الرحيم، وَالْعَصْرِ (١) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (٢) إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (٣) ـ
وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرّاحِمِيْنَ ـ 
KHUTBAH KEDUA



اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ.
 وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِي إلىَ رِضْوَانِهِ.
 اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا
أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ 
وَقَالَ الله تَعاَلَى
 إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.
 اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللَّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اَلاَحْيآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ،
 اللهُمَّ أَعِزِّ اْلإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَالْمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ الْمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَائَكَ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَأَعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ.
 اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتَنِ وَاْلمِحَنِ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خَآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.
 عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَالْمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ

3 komentar untuk "KHUTBAH JUM'AT RAMADHAN : MENGISI WAKTU LUANG DI AKHIR BULAN RAMADHAN"