Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22+ KUTIPAN DALAM KITAB AGAMA ISLAM, KRISTEN dan HINDU YANG DAPAT MEMOTIVASIMU YANG INGIN BERHIJRAH ! ! !

Selamat Datang di Blog Ardiyan Fikrianoor, Bismillahirrahmanirrohim

Hijrah menjadi suatu kata yang familiar di dengar di masyarakat Indonesia sekarang, yaitu saat orang ingin berubah ke yang lebih baik lagi. Bukan hanya sikap dan hubungan terhadap sesama saja, tapi juga sikap kepada seluruh makhluk hidup dan sang pencipta. 

    Dalam hijrah terdapat banyak sekali ujian yang akan di dapat, namun begitulah harga sebuah kebaikan, jalannya kadang tak mudah. Ibarat perjalanan terkadang kita mendapati jalan yang bagus, mulus kadang kala kita juga mendapati jalan yang rusak dan berlobak, kalau kita sanggup meneruskan perjalanan berarti kita akan sampai ke tempat tujuan, namun kalau kita berhenti di tengah jalan kita hanya mendapat lelahnya saja.


     Mari berhijrah, jangan memandang buruk orang lain, jangan jadikan perbedaan sebagai suatu bahan perpecahan, Indonesia adalah negara yang memegang semboyan Bhinneka Tunggal Ika, jadikan perbedaan sebagai obat persatuan bukan racun perpecahan.

    Berikut kutipan dari beberapa Ayat dari Al-Qur'an, kitab suci Kristen dan Kitab suci agama Hindu :

1. Islam
    Al-Qur'an : Arab: القرآن‎ al-Qurʾān ; Alquran secara harfiah berarti "bacaan"; juga diromanisasikan sebagai Qur'an) adalah sebuah kitab suci utama dalam agama Islam, yang umat Muslim percaya bahwa kitab ini diturunkan oleh Tuhan, (Arab: الله‎, yakni Allah) kepada Nabi Muhammad S.A.W Kitab ini terbagi ke dalam beberapa bab (dalam bahasa Arab disebut "surah") dan setiap surahnya terbagi ke dalam beberapa sajak (ayat).
Berikut beberapa kutipan dalam Al-Qur'an :
1.    فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا    
"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan"
(Q.S. Al-Insyirah : 05)

2.   فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ
"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"
 (Q.S. Ar-Rohman : 23)

3.   وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللَّهُ بِهِ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ لِلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبُوا ۖ وَلِلنِّسَاءِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبْنَ ۚ وَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا
"Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu."
 (Q.S. An-Nisa : 33 )

4.    أَتَأْمُرُونَ النَّاسَ بِالْبِرِّ وَتَنْسَوْنَ أَنْفُسَكُمْ وَأَنْتُمْ تَتْلُونَ الْكِتَابَ ۚ أَفَلَا تَعْقِلُونَ
"Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebaktian, sedang kamu melupakan diri (kewajiban)mu sendiri, padahal kamu membaca Al Kitab (Taurat)? Maka tidaklah kamu berpikir?"
 (Q.S. Al-Baqoroh :44)
  
 5.    إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
"Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan."
 (Q.S. Al-Fatihah)

6.    الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ
"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."
 (Q. S. Ar-Ra’d : 28 )
     
7.     لْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ ۖ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ ۚ أُولَٰئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ ۖ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ
"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)."
 ( Q . S An-Nur : 26 )

8.     فَسَبِّحْ بِاسْمِ رَبِّكَ الْعَظِيمِ
"Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Rabbmu yang Maha Besar."
 ( Q. S. Al-Waqi’ah : 96 )

 9.     اللَّهُ الصَّمَدُ
"Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu"
 ( Q . S . Al-Ikhlas : 2)

10.    قَالَ إِنَّمَا اتَّخَذْتُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَوْثَانًا مَوَدَّةَ بَيْنِكُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ ثُمَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يَكْفُرُ بَعْضُكُمْ بِبَعْضٍ وَيَلْعَنُ بَعْضُكُمْ بَعْضًا وَمَأْوَاكُمُ النَّارُ وَمَا لَكُمْ مِنْ نَاصِرِينَ
"Dan berkata Ibrahim: "Sesungguhnya berhala-berhala yang kamu sembah selain Allah adalah untuk menciptakan perasaan kasih sayang di antara kamu dalam kehidupan dunia ini kemudian di hari kiamat sebahagian kamu mengingkari sebahagian (yang lain) dan sebahagian kamu melaknati sebahagian (yang lain); dan tempat kembalimu ialah neraka, dan sekali-kali tak ada bagimu para penolongpun. "
( Q . S . Al-Ankabut : 25 )

11.     وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ
"Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman. "
( Q . S . Ali-Imron : 139 )

12.     وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا
"Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk."
 (Q . S . Al-Isra’ : 32 )

13.     وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُونَ لِيَنْفِرُوا كَافَّةً ۚ فَلَوْلَا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طَائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ
"Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya."
( Q . S . At-Taubah : 122 )

14.     تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ وَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
"Maha Suci Allah Yang di tangan-Nya-lah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu,"
 ( Q . S . Al-Mulk : 1 )

 15.      وَلَا تَقُولَنَّ لِشَيْءٍ إِنِّي فَاعِلٌ ذَٰلِكَ غَد 
إِلَّا أَنْ يَشَاءَ اللَّهُ ۚ وَاذْكُرْ رَبَّكَ إِذَا نَسِيتَ وَقُلْ عَسَىٰ أَنْ يَهْدِيَنِ رَبِّي لِأَقْرَبَ مِنْ هَٰذَا رَشَدًا
“Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan terhadap sesuatu: ‘Sesungguhnya aku akan mengerjakan itu besok pagi, kecuali (dengan menyebut): ‘Insya Allah.’ Dan ingatlah kepada Rabbmu jika kamu lupa dan katakanlah: ‘Mudah-mudahan Rabbku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya daripada ini.’” 
(QS. Al- Kahfi : 23 & 24)
     
16.      لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا الْحُسْنَىٰ وَزِيَادَةٌ ۖ وَلَا يَرْهَقُ وُجُوهَهُمْ قَتَرٌ وَلَا ذِلَّةٌ ۚ أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ
"Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. Dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya."
 ( Q . S . Yunus : 26 )

17.      قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي  وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي  يَفْقَهُوا قَوْلِي
“Musa berkata, ‘Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’ [Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku”
 ( Q . S. Thoha : 25-28 )


 18.     وَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَاهْجُرْهُمْ هَجْرًا جَمِيلًا
"Dan bersabarlah terhadap apa yang mereka ucapkan dan jauhilah mereka dengan cara yang baik."
 Q . R Al-Muzamil : 10 )

 19.     أَلَمْ يَعْلَمْ بِأَنَّ اللَّهَ يَرَىٰ
"Tidaklah dia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?"
 ( Q . S . Al-Alaq : 14 )

20.   وَهَدَيْنَاهُ النَّجْدَيْنِ
"Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan,"
 ( Q . S . Al-Balad : 10 )
      
21.     قَالَ يَا بُنَيَّ لَا تَقْصُصْ رُؤْيَاكَ عَلَىٰ إِخْوَتِكَ فَيَكِيدُوا لَكَ كَيْدًا ۖ إِنَّ الشَّيْطَانَ لِلْإِنْسَانِ عَدُوٌّ مُبِينٌ
Ayahnya berkata: "Hai anakku, janganlah kamu ceritakan mimpimu itu kepada saudara-saudaramu, maka mereka membuat makar (untuk membinasakan)mu. Sesungguhnya syaitan itu  adalah musuh yang nyata bagi manusia"
. ( Q . S . Yusuf : 5 )

22.     الْأَخِلَّاءُ يَوْمَئِذٍ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلَّا الْمُتَّقِينَ
"Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa."
 ( Q . S . Az-Zukhuf : 67 )
23. "Dan Besabarlah, karena sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat kebaikan"
(Q.S HUD : 115)
24. "Barang Siapa yang ta'at, maka mereka itu benar-benar telah memilih jalan yang lurus"
(Q.S At-Jin : 14)
25. "Ketahuilah sesungguhnya hanya dengan mengingat Allah SWT hati menjadi tenang"
( Q.S Ar-Ra'ad : 28)
26. "Dan Dia bersama kamu dimana saja kamu berada dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan."
(Q.S Al-Hadid : 4)
27. "Dan sungguh, Aku (Allah) Maha Pengampun bagi yang bertobat, beriman, dan berbuat kebajikan, kemudian tetap dalam petunjuk"
(Q.S Thoha : 82)


2. Kristen Protestan

      Injil (bahasa Yunani: ευαγγέλιον/euangelion - Kabar Baik, bahasa Inggris: Gospel) adalah istilah yang digunakan untuk menyebut keempat kitab pertama dalam Alkitab Perjanjian Baru menurut kepercayaan Kristen. Keempat kitab tersebut, Injil Matius, Injil Markus, Injil Lukas, dan Injil Yohanes, disebut Kabar Baik, karena orang Kristen percaya bahwa narasi keempat Injil yang berpuncak pada kematian dan kebangkitan Yesus tersebut merupakan kisah penyelamatan Allah kepada umat manusia yang berdosa, supaya manusia dapat kembali mengenal Allah yang sesungguhnya dan dapat masuk ke surga. Menurut Islam, Injil adalah kitab yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s.

Berikut beberapa kutipan dalam kitab Injil :

1. Mazmur 37:4 Dan bergembiralah karna Tuhan. Maka iya akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu

2. Amsal 19:22. Sifat yang diinginkan pada seseorang ialah kesetiaannya; lebih baik orang miskin dari pada seorang pembohong.

3. 1 timotius 4:12 Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.

4. Roma 13:8 Janganlah kamu berhutang apa-apa kepada siapapun juga, tetapi hendaklah kamu saling mengasihi. Sebab barangsiapa mengasihi sesamanya manusia, ia sudah memenuhi hukum Taurat.

5. Imamat 19:17-18 Janganlah engkau membenci saudaramu di dalam hatimu, tetapi engkau harus berterus terang menegor orang sesamamu dan janganlah engkau mendatangkan dosa kepada dirimu karena dia. Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri; Akulah TUHAN.

#from friend Septian Lembang Purdiantoro


3. Hindu
    Agama Hindu (disebut pula Hinduisme) merupakan agama dominan di Asia Selatan—terutama di India dan Nepal—yang mengandung aneka ragam tradisi. Agama ini meliputi berbagai aliran—di antaranya Saiwa, Waisnawa, dan Sakta—serta suatu pandangan luas akan hukum dan aturan tentang "moralitas sehari-hari" yang berdasar pada karma, darma, dan norma kemasyarakatan. Agama Hindu cenderung seperti himpunan berbagai pandangan filosofis atau intelektual, daripada seperangkat keyakinan yang baku dan seragam. 
Berikut kutipan dalam kitab agama Hindu :

1. "Janmadyasya Yatah"
"Tuhan ialah merupakan dari mana asal mula semua ini"

"Kitab Brahmasutra I.I.2"

2. "Sarwam khalv idam brahma "
"Semua yang ada sesungguhnya Brahman"

"Chandogya Upanisad III. 14.1"

3. "Sarwesam tu sa namani Karmanica prthak prthak Wedacabdebhya ewadau Prthak samsthacca nirmame"
"Sesungguhnya ia telah tentukan nama-nama perbuatan dan sifat dari semua ciptaan ini sejak semula sebagaimana sabda-sabda dalam weda"

Manawa Dharmasastra I. 21

4. "Tat twam asi"
   "Aku adalah kamu dan kamu adalah aku"

#from friend Ni Luh Monarisa Sebadewi

Alhamdulillah, ini adalah beberapa kutipan dalam kitab suci apabila ada kesalahan dan kekurangan saya pribadi memohon maaf. Mohon tulis dalam kolom komentar, agar bisa kami perbaiki. terimakasih atas kunjungannya ^_^

Posting Komentar untuk "22+ KUTIPAN DALAM KITAB AGAMA ISLAM, KRISTEN dan HINDU YANG DAPAT MEMOTIVASIMU YANG INGIN BERHIJRAH ! ! ! "