Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HUT Ke-58 Prodi PAI UIN Antasari, Adakan Seminar Pendidikan dan Tasyakuran dilanjutkan Kegiatan PORSENI-Tahun 2023

Bertepatan pada tanggal 8 Oktober 2023 ialah hari lahir jurusan pendidikan agama islam yang ke 58, perayaan hari lahir ini perdana diselanggarakan pada tahun ini dikarenakan hari lahir jurusan PAI baru saja ditetapkan pada tanggal 8 Oktober oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, pada kesempatan kali ini Himpunan Mahasiswa Jurusan PAI mengadakan acara harlah atau yang disebut SEMARAK PAI KE-58.

Dalam rangka SEMARAK PAI  KE-58, banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh jurusan pendidikan agama islam, yang pertama ada seminar pendidikan sekaligus opening ceremony PORSENI yang dilaksanakan di aula Fakultas Tarbiyan dan keguruan pada tanggal 8 Oktober 2023 dilanjut dengan pekan olahraga dan seni antar lokal PAI dari angkatan 21,22 dan 23, di tutup dengan Tasyakuran dan closing ceremony. Acara SEMARAK PAI KE 58 diresmikan langsung oleh ketua prodi pendidikan agama islam ibu Hj. Suraijiah M,Pd dan juga turut mengundang staff jurusan PAI, para dosen jurusan PAI, ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakuktas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin, Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Antasari Banjarmasin dan seluruh peserta seminar pendidikan. Acara Opening ini juga dihiasi oleh MC dari 3 bahasa yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Arab karena mengingat UIN Antasari Banjarmasin tidak pernah lepas dari ke 3 bahasa tersebut. 

Dilanjut dengan acara seminar pendidikan yang terbagi menjadi 3 materi, materi pertama yaitu "Strategi Pengembangan Soft Skill dan Literasi Digital Mahasiswa di Era Gen Z" yang dijelaskan oleh pemateri yang luar biasa menginspirasi dan memotivasi dan juga beliau adalah dosen di jurusan PAI yaitu Bapak Muhammad Ridha, M.Pd. materi kedua yaitu "Meraih Asa menjadi Mahasiswa Luar Biasa", materi kedua ini dijelaskan oleh dua orang pemateri yang masih berstatus mahasiswa tetapi sudah bisa menginspirasi banyak mahasiswa dalam hal organisasi maupun seputar dunia akademik yaitu M. Sunir Ridha (Ketua Dema UIN Antasari)  dan Saamil (wakil 1 Putera Antasari 2022). Materi ketiga sekaligus materi terakhir yaitu bertemakan "Perempuan Berpendidikan Tinggi, Mengapa Ditakuti?", wahhh sangat menarik bukan tema yang satu ini?!. Jika temanya sudah sangat keren seperti ini pastinya pematerinya juga tidak kalah keren, pada materi ini ada 2 pemateri yang menjelaskan yaitu Rofiqa Zulfa Salsabila (Mahasiwi PAI Berprestasi) dan Ibu Rusdiana, S.Pd (Mahasiswa terbaik 1 Uin Antasari tahun 2022). 


Dilanjutkan dengan acara PORSENI atau pekan olahraga dan seni antar lokal PAI dari 3 angkatan yaitu angkatan 21,22 dan 23. Pada hari pertama PORSENI yaitu pada tanggal 14 oktober 2023 diawali dengan lomba ceramah, pop solo, voli, badminton dan Mobile Legend yang dilaksanakan online. Pada tanggal 15 oktober 2023 juga dilaksanakan lomba nasyid, tilawah, voli (lanjutan), badminton (lanjutan) dan Karya Tulis ilmiah. Dilanjutkan minggu berikutnya pada tanggal 20 oktober 2023 yang dilaksanakan daring yaitu desain poster, video Instagram dan Mobile Legend (lanjutan). Tanggal 21 oktober 2023 masih berlangsung lomba PORSENI yang tiap lombanya makin memanas dikarenakan sudah sampai dipenghujung acara SEMARAK PAI KE 58. Pada tanggal 21 oktober ini dilaksanakan lomba cerdas cermat, futsal dan badminton (lanjutan) dan pada tanggal 22 oktober 2023 dilaksanakan lomba fashion Show, Final mobile legend yang dilaksanakan offline, tahfidz dan futsal (lanjutan).Selesailah lomba PORSENI yang banyak diikuti oleh mahasiswa angkatan 21,22 dan 23 dan untuk pembagian hadiah lomba akan dilaksanakan pada saat tasyakuran dan closing ceremony yang digelar di Auditorium Mastur Jahri yang bertepatan dengan tanggal 28 oktober 2023, pada tanggal tersebut turut mengundang ketua prodi ibu Hj. Suraijiah M,Pd, staff jurusan, para dosen PAI dan seluruh mahasiswa jurusan pendidikan agama islam angkatan 21,22 dan 23. 

Acara penutupan ini dilaksanakan dengan sangat khitmat dan diakhiri dengan pemotongan nasi tumpeng oleh ibu Hj. Suraijiah M,Pd, ketua umum HMJ PAI saudara Syarif Rizky dan disaksikan oleh perwakilan dari DEMA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, perwakilan SEMA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Sekretaris Sterring Commite Saudari Nur Laili Izhatin, sekretaris Organizing Commite Saudari Muliani Nur Aisyah dan Sekretaris Umum HMJ PAI Saudari Kania Husna. Setelah selesai pemotongan tumpeng dilanjut pembagian hadiah untuk lomba PORSENI dan diselingi dengan penampilan spesial dari sanggar musik Antasari, madihin dari Fahmi dan Hafidz dan penampilan nasyid dari fungsionaris HMJ PAI. 

Tak lupa juga kami berterima kasih dengan semua Sponsorship (DAMA YUKI OMEGA WIBISANA, ARDIYAN Batu Meranti, Kahf, Dahlia Bakery, dtpeduli, team blog ARDIYAN Batu Meranti, ARTA TROPHY, Konveksi Sekawan, Wong solo, RM. H. FAUZAN, ABDULLAH PARFUM, Rosesya.id, Cle, Bingka Bunda dan RESTU GURU PROMOSINDO) yang telah mendukung dan membantu acara SEMARAK PAI KE 58 ini sehingga berjalan dengan lancar dan sukses. Maka telah selesailah acara perayaan hari lahir jurusan pendidikan agama islam yang semoga bisa menambah wawasan dan pengalaman bagi yang mengikuti acara ini dari awal hingga akhir. Tunggu kami di perayaan hari lahir Jurusan pendidikan Agama islam yang ke 59!!!!

4 komentar untuk "HUT Ke-58 Prodi PAI UIN Antasari, Adakan Seminar Pendidikan dan Tasyakuran dilanjutkan Kegiatan PORSENI-Tahun 2023"