Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

“Ekplorasi Sembari Mengabdi”: Enam Orang Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin Laksanakan KKN di Pabaan Selama 31 Hari

Mahasiswa KKN Tahap 1 Pabaan Desa Tilahan

Menempuh durasi 5 jam perjalanan dari Kampus UIN Antasari Banjarmasin dengan disambut tingginya tanjakan dan indahnya pemandangan jalan bukit damar besar. 6 orang Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin sampai di Dusun Pabaan RT. 03 Desa Tilahan Kecamatan Hantakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Sebuah kampung kecil yang menjadi titik tengah dari Desa Tilahan.

\Keenam Mahasiswa yang  melakukan pengabdian di Dusun Pabaan berada dibawah bimbingan seorang DPL yakni Ibu Dr. Hj. Mariani, S.H., M.Ag. keenam mahasiswa tersebut adalah Gusriawan Sholehudin Wahid  (Perbandingan Mazhab), Ridho Bayu Setiawan (Komunikasi Penyiaran Islam), Rima Adzkia Zahra (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Syifa Salsabila (Manajemen Pendiikan Islam), Zafirah, (Hukum Tata Negara), dan Siti Maisyarah (Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pelaksanaan KKN tahap 1 pada tahun ini dilaksnakan selama 31 hari yakni dari tanggal 11 September sampai dengan 11 Oktober 2023.

Foto Bersama Mahasiswa KKN dengan DPL Ibu Dr. Hj. Mariani, S.H., M.Ag.


Diskusi bersama DPL di Posko KKN


Selama menjalani 31 hari masa KKN, Mahasiswa melaksanakan pengabdian masyarakat lintak sektoral seperti pendidikan, keagamaan, dan kemasyarakatan. Pada sektor pendidikan, mahasiswa menjadi tenaga pengajar pembantu pada beberapa lembaga pendidikan yakni SDN 1 TIlahan, TK/KB Pelangi Desa Tilahan, TPA Masjid Darul Munawwarah, dan TK/KB Tunas Bangsa. Selain menjadi tenaga pengajar, mahasiswa turut membantu dalam pembuatan media pembelajaran untuk sekolah-sekolah sebagai bentuk pengamalan dari ilmu yang telah didapatkan di bangku perkuliahan. Selain melakukan pengabdian pada lembaga pendidikan, mahasiswa turut aktif dalam mengadakan kegiatan belajar-mengajar secara privat dan terbuka di Posko KKN yang dilaksanakan sehabis salat Maghrib.

Kegiatan belajar mengajar di Posko

Mengajar di SDN 1 Tilahan

Mengajar di TK/KB Pelangi

Melatih LKBB di SDN 1 Tilahan

Suasana belajar mengajar di TPA Masjid Darul Munawwarah

Pada sektor keagamaan, mahasiswa khususnya yang laki-laki turut serta secara aktif dalam memakmurkan masjid. Mahasiswa secara aktif bergantian menjadi Imam Salat Fardu dan juga menjadi bilal dan khatib salat jumat di Masjid Darul Munawwarah yang terletak di Pabaan. Selain itu, mahasiswa juga mengadakan rutinan pembacaan Surah Yasin, al-Mulk, dan pembacaan ratibul haddad bersama warga setiap malam jumat dan malam senin dalam rangka memakmurkan Masjid. Mahasiswa juga turrut serta  mengikuti kegiatan keagamaan yang ada di Desa Tilaham seperti rutinan pengajian tarikat yang dilaksanakan setiap malam rabu di Pondok Pesantren Ar-Raudhah. Dan pada pelaksanaan KKN yang bertepatan dengan masuknya bulan rabiul awwal, Mahasiswa bersama masyarakat Pabaan bersama-sama melaksanakan acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan pada Sabtu, 30 September 2023 di Masjid Darul Munawwarah dengan penceramah yaitu Ustadz Syafrudin selaku tokoh agama di Desa Tilahan.

Foto Bersama Pasca kegiatan Maulid di Masjid Darul Munawwarah

Selanjutnya, pada sektor kemasyarakatan dan pembangunan desa, mahasiswa aktif mengikuti kegiatan masyarakat seperti masak-masak bersama masyarakat Pabaan, menghadiri rutinan yasinan ibu-ibu, dan menghadiri acara peringatan maulid di rumah-rumah warga.

Masak-Masak bersama Masyarakat Dusun Pabaan

Menghadiri acara mauldi di Desa Batu Panggung

Rutinan Yasinan ibu-ibu Dusun Hatib

Selain aktif dalam mengikuti kegiatan masyarakat, mahasiswa KKN Pabaan tahun ini melakukan pembersihan lapangan desa, gotong royong membersihkan Masjid, gotong royong mempersipakan maulid, gotong royong dalam pembuatan tugu selamat datang dan juga memberikan donasi mesin air dan alat kebersihan untuk Masjid Darul Munawwarah. 

Gotong royong mencuci karpet masjid

Penyerahan donasi mesin air untuk Masjid Darul Munawwarah

Pembersihan rumput lapangan desa

Proses Pengecatan Tugu Selamat Datang

Selnjutnya, mahasiswa KKN juga menyelenggarakan beberapa perlombaan seperti Lomba Pekan Maulid untuk anak-anak dan Pabaan Fest untuk ibu-ibu yang dilaksanakan di minggu terakhir sebelum kepulangan KKN.

Pembagian Hadiah Pabaan Fest

Foto Bersma Peserta Lomba Pekan Maulid

Sembari melaksanakan tugas pengabdian, mahasiswa juga melakukan eksplorasi pada keindahan alam yang ada di wilayah KKN. Mahasiswa bersama warga beberapa kali melakukan rekreasi ke tempat-tempat wisata seperti Tagur Hantul, Batu Benawa, Manggasang, dan Riam Bajandik. Kegiatan tersebut selain untuk memberikan refreshing kepada mahasiswa, juga menjadi sarana untuk meningkatkan sosial ke masyarakat dan menambah pengetahuan mahasiswa.

Berwisata ke Batu Benawa

Berwisata ke Tagur Hantu

Menjelang hari kepulangan, pada malam sebelum kepulangan mahasiswa mengadakan agenda Nobar bersama warga yang bertempat di halaman salah satu rumah warga. Disambut dengan antusias, warga menikmati film demi film yang ditayangkan sembari menikmati hidangan cemilan yang telah disiapkan.

Nobar Bersama Warga pada Malam Terakhir KKN

 Sampai akhirnya hari kepulangan pun tiba. Sebelum meninggalkan lokasi KKN, keenam mahasiswa berpamitan ke rumah-rumah warga satu persatu. Sambil diiringi isak tangis haru warga, warga melepas kepulangan para mahasiswa. Keenam mahasiswa KKN pulang kembali ke Kota Banjarmasin.

Foto Bersama Masyarakat Pabaan di Hari Kepulangan


Posting Komentar untuk "“Ekplorasi Sembari Mengabdi”: Enam Orang Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin Laksanakan KKN di Pabaan Selama 31 Hari"