Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menetepi Sejenak dari Hiruk Pikuk Kota: Merangkai Untaian Cerita 31 Hari KKN Desa Hinas Kiri dalam Sejuknya Pegunungan Meratus

Sebuah desa paling ujung yang terletak di Pegunungan Meratus menjadi lokasi tujuan KKN kami. Desa tersebut adalah Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Menempuh perjalanan sekitar kurang lebih 5 jam perjalanan dari Kota Banjarmasin. Desa ini adalah salah satu dari sekian banyak desa di Pegunungan Meratus, desa yang sebelumnya belum pernah terlintas dalam pikiran kami, desa yang asri dan sejuk dimana sepanjang perjalanan yang kami lewati dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, hutannya yang masih terlindungi, dan pegunungannya yang indah nan hijau. Di sinilah kami akan mengabdikan diri kepada masyarakat setempat dalam kegiatan KKN Tematik Reguler Tahap 1 UIN Antasari Banjarmasin Tahun 2023 selama 31 hari, terhitung sejak tanggal 11 September 2023 hingga 11 Oktober 2023.

Perjalanan dengan medan yang cukup menantang tidak mematahkan semangat kami. Kedatangan kami dengan sambutan hangat dari masyarakat  dan tokoh masyarakat, hal ini  membuat kami sangat senang dan semakin terpacu semangat untuk melakukan pengabdian.

Dalam KKN  Tematik Reguler Tahap 1 Tahun 2023 di Desa Hinas Kiri kali ini berumlah 6 orang mahasiswa, di antaranya adalah Hallymah Thussdayah Maura Putri, Husnul Hamidatul Munauwarah, Muhammad Faudi, Roseda Hanafi, Rusiana, dan Wahdina.




 

Ada beberapa program kerja yang kami lakukan program kerja tersebut kami klasifikasikan ke dalam tiga waktu, yakni program kerja jangka panjang, jangka pendek, dan fleksibel.

Program kerja jangka pendek yang pertama yakni, mengajar di TK, TPA, SD, dan SMP. Kegiatan mengajar di TK, SD dan SMP ini sama halnya dengan mengajar pada umumnya, akan tetapi ada sedikit perbedaan dengan sekolah-sekolah lainnya. Terkhusus untuk TK dan SD. Untuk anak-anak tingkat taman kanak-kanak pada setiap hari sabtu para guru di sekolah tersebut mengadakan program keagamaan khusus siswa yang beragama islam dan tentunya guru yang mengajarkannya pun dari agama islam juga. Program keagamaan ini untuk tingkat taman kanak-kanak mengajarkan tentang dasar-dasar agama islam seperti rukun islam, rukun iman, nama-nama malaikat dan masih banyak lagi pelajaran lainnya. Sedangkan untuk tingkat sekolah dasar juga mengadakan program keagamaan, program ini dilaksanakan setiap hari senin hingga jum’at dari pukul 07.30-08.30 dengan materi yang diajarkan adalah tajwid, menghafal surah-surah pendek juz 30, berlatih menulis kalimat berbahasa arab, menjawab soal dari cerita tauladan sahabat Nabi, menghafal do’a-do’a sehari-hari, dan belajar serta berlatih membaca Asmaul Husna.


Foto saat di SMP

Foto bersama guru-guru SD

Foto saat di TK

Kegiatan belajar mengajar yang kami lakukan di TK adalah dengan mengajarkan anak-anak berhitung, dan juga bermain karena untuk usia taman kanak-kanak mereka masih ingin banyak bermain sehingga pembelajaran yang diberikan cukup yang ringan-ringan saja dan di sertai dengan bermain dengan anak-anak tersebut agat mereka tidak jenuh atau bahkan mereka hanya ingin sekedar bermain-main saja dan tidak fokus pada pembelajaran yang diberikan.

Sedangkan untuk kegiatan belajra mengajar yang kami lakukan di SD yaitu ketika jam mata pelajaran mereka kosong dan kami menggantikan guru-guru yang tidak berhadir pada hari itu, kami mengisi mata pelajaran itu sesuai dengan mata pelajaran yang kosong tersebut. Namun ada kalanya mata pelajaran yang kosong adalah mata pelajaran agama hindu, jadi ketika kami menggantikan guru yang mengajar mata pelajaran tersebut kami ganti dengan pembelajaran yang lain.

Kemudia kegiatan belajar mengajar di SMP kurang lebih sama seperti kegiatan belajar mengajar di SD, jadi kami mengisi kekosongan mata pelajaran yang tidak ada gurunya, dan kami mengisi mata pelajaran tersebut sesuai dengan mata pelajaran yang kosong itu.

(FOTO DOKUMENTASI KEGIATAN LAINNYA)

Jalan-jalan ke rampah tamaung

Kegiatan lomba-lomba

 

 


 Kegiatan membersihkan sampah di sepanjang jalan



 

Kegiatan menyambut bulan maulid

Kegiatan mengajar TPA


Kegiatan maulid perempuan

 

Kegiatan menonton film bersama

 

 

Kegiatan setiap hari takwa

Kegiatan rapat penganten

Kegiatan menyembelih sapi

Melayat

Kegiatan maulid barjanji

Kegiatan rapat perpisahan

                                         


Kegiatan perpisahan



Selain kegiatan pengajaran di TK, SD, dan SMP, kami juga melaksanakan program kerja lainnya yaitu mengajar TPA, setiap hari takwa, mengadakan maulid perempuan, menghadiri pengajian setiap malam minggu, membersihkan bendungan, mencari ikan di sungai, membersihkan mesjid, membersihkan TPA, membersihkan sampah di sepanjang jalan, mengajar habsyi, tadarus setelah magrib, menyembelih sapi, memasak bersama pemuda, rapat pengantin, bermain bola, handilan perempuan, maulid barjanji setiap malam jumat, mandi kesungai, jalan-jalan ke rampah tamaung, ke banyu panas, ke kampung bambu, berkunjung ke desa kiyu, takziah, menyambut bulan maulid, rapat perpisahan, membuat lamang, nonton film bersama, mencat pagar TPA, mengadakan lomba-lomba, dan perpisahan.

@kkn_hinaskiri_2023 

by: H

4 komentar untuk "Menetepi Sejenak dari Hiruk Pikuk Kota: Merangkai Untaian Cerita 31 Hari KKN Desa Hinas Kiri dalam Sejuknya Pegunungan Meratus"