Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Mengatur Keuangan yang Baik untuk Mahasiswa-2022

Freepik.com

Sebagai Mahasiswa, masalah keuangan memanglah hal yang sangat krusial. Tak sedikit Mahasiswa yang merasa sulit untuk mengatur keuangannya, bahkan banyak yang sering kehabisan uang di akhir bulan hingga harus menghemat pengeluaran sampai tiba pemasukkan berikutnya. Berikut beberapa tips para Mahasiswa guna mengatur keuangan secara baik.

1. Buatlah rencana anggaran keuangan

Untuk menghemat pengeluaran, tips pertama yaitu membuat sebuah rencana anggaran keuangan. Maksudnya bagaimana? begini loh, setiap orang punya cara masing-masing dalam membuat rencana, kamu bisa membuatnya dengan menggunakan list per hari/minggu/bulan, bisa juga kamu buat dalam bentuk tabel atau semacamnya. 

2. Bedakan mana kebutuhan dan mana keinginan

Selanjutnya, masih beriringan dengan tips pertama, kamu harus pintar-pintar membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Sebagai Mahasiswa kamu tentu tau perbedaan kebutuhan dan keinginan, agar keuangan kalian tetap stabil jangan terus-terusan memenuhi keinginan tetapi fokuslah pada kebutuhan. Misal kamu sedang kehabisan pulpen untuk kuliah tetapi pada saat yang sama juga ingin membeli gelang karena sedang trennya, mana yang harus kamu dahulukan? iya, tentu pulpen.

3. Membuat catatan pemasukkan dan pengeluaran

Setelah melewati dua tips di atas, kamu juga perlu untuk membuat catatan, yakni pemasukkan dan pengeluaranmu, bisa kamu buat setiap hari/minggu/bulan. Adanya catatan ini untuk mengatur sejauh mana pemakaian uang yang telah kamu gunakan, perlu diingat jangan sampai pengeluaranmu lebih banyak dibanding pemasukkan, dahulukan pula berbagai pembayaran penting seperti bayar UKT, kos, dan keperluan penting lainnya.

4. Menabung dengan metode 50:30:20

Pernah dengar metode 50:30:20? iya, jadi ini adalah sebuah metode menabung yang cukup efektif dijalankan, terkhusus bagi Mahasiswa. Menabung dengan metode ini dapat memanajemen keuangan kamu dengan baik. Adapun metode 50:30:20 mengajarkan untuk membagi rasio keuangan dengan ketentuan:

  • 50% untuk kebutuhan pokok, misalnya pembayaran UKT, kos, makan, dan transport.
  • 30% untuk keinginan, misal ingin membeli barang (self reward), melakukan hobi dan liburan.
  • 20% untuk ditabung (keperluan mendesak lainnya).

5. Cari penghasilan tambahan 

Tips terakhir untuk Mahasiswa yang ingin menambah pemasukkan, bisa banget nih dengan cara mencari penghasilan tambahan. Cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan yang tidak menyita waktu kuliahmu. Banyak sekali pekerjaan freelance dan part time jika kamu ingin mencobanya. Misal menjadi guru les private, menjadi barista di cafe, dan lainnya. 


by: Zahrah

6 komentar untuk " 5 Tips Mengatur Keuangan yang Baik untuk Mahasiswa-2022"