Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Ceramah Tentang Rezeki Tidak Selalu Tentang Materi

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Segala Puji bagi Allah, Sholawat dan Salam-Nya semoga tetap tercurahkan ke haribaan Nabi agung Muhammad SAW

"Rezeki Tidak Selalu Tentang Materi"

Berbicara mengenai rezeki, banyak orang yang menganggap rezeki adalah harta, benda, barang berharga yang di miliki. Pemikiran yang hanya menganggap rezeki seperti itu artinya memperkecil rezeki yang telah Allah swt berikan. Padahal rezeki tidak boleh di kecilkan dengan menganggap hanya materi saja, rezeki itu bisa berupa kesehatan, nikmat iman, Islam, kemudian rezeki yang berharga berikutnya adalah diberi ilmu. 

"Sungguh, Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas." (QS. Ali Imran: 37)

Hadirin yang berbahagia

Salah satu rezeki yang luar biasa adalah berada di lingkungan yang baik. Ada yang hidup di lingkungan yang dapat menguatkan iman, gaji sedang tapi dilingkungan itu ada kegiatan keagamaan seperti dzikir, baca quran, sedekah. Selain itu juga lingkungan yang selalu menarik dalam aura positif, meningkatkan produktivitas kerja, aktifitas kesehatan itu merupakan rezeki yang sangat luar biasa.

Berbeda dengan yang gajinya banyak tapi lingkungan kegiatannya membuat kita lupa dengan Allah. Uang mah hanya titipan, walaupun  banyak bisa saja gampang hilang, dalam waktu sekejap uang bisa lenyap, dalam waktu sekejap harta bisa sirna. Kita upayakan rezeki itu diperlebar dengan menganggap rezeki itu bukan hanya materi.

Termasuk rezeki yang jarang di syukuri adalah berupa kritik dan saran.

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ ࣖ

(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) orang-orang yang sesat. (Al-Fatihah:7)

Kita pasti pernah berdoa kepada Allah swt. agar di berikan jalan lurus, selalu mendapatkan yang terbaik, menjadi orang yang lebih baik. Tanpa kita sadari Allah swt. mewujudkan apa yang kita kehendaki. Seperti Allah gerakan siapapun seperti guru, teman, orang lain, benda di sekitar kita, lingkungan kita, yang selalu mengingatkan kita, dengan cara dan rasa yang berbeda-berda. Ada dengan cara yang enak, ada yang pedas, ada yang tidak enak, bahkan ada yang sampai membuat kita mengeluh.

Hadirin yang di rahmati Allah swt.

Kalau ada yang ngoreksi perilaku kita jangan sibuk bela diri, sibuklah bersyukur artinya kita mengaku salah dan kita juga harus intropeksi diri kita. Yang maha membolak balikan hati itu Allah, siapapun yang kritik dan memberi saran ke kita itu adalah rezeki. Allah ingin melihat kita menjadi pribadi yang lebih baik, tidak lalai dengan apapun yang di dapatkan sekarang.

Yang membuat kita jadi baik itu rezeki, yang membuat kita deket dengan Allah adalah rezeki, yang membuat kita sadar atas kesalahan kita adalah rezeki, yang membuat kita bahagia adalah rezeki.

Teman baik, lingkungan yang mendukung potensimu, perdamaian, kesehatan, pengetahuan, bahkan anda bisa membaca tulisan ini pun itu adalah bentuk rezeki yang Allah berikan kepada kita.

Sekian dan terimakasih, hanya ini yang dapat saya sampaikan

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


2 komentar untuk "Teks Ceramah Tentang Rezeki Tidak Selalu Tentang Materi"

  1. MasyaaAllah, syukroon Ilmunya kk... Sukses selalu, semoga Allah mudahkan setiap langkah kita kepada kebaikan.

    BalasHapus