Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghadapi Ulangan/Ujian. Hah ujian? bodo ah



Kalau kamu membawa uang saku
Jangan lupa membeli ketan
Bersemangatlah wahay teman ku
Rasa malas harus kamu lawan

FG @Muhammadhusin5

Hai adik adik kelasku yang tamvan dan cantik-cantik yang sedang melaksanakan ulangan/ujian semester (bukan ujian cinta), bagaimana ulangan-ulangan yang sudah lewat?misal ulangan Tahun kemarin?bagaimana ulangan kemarin?bagaimana ulangan tadi? Pasti setiap ulangan yang kalian laksanakan itu memiliki kesan dan pengalaman yang tidak bisa di lupakan bersama mantan eh eh eh bersama teman ulangan maksudnya (kan jomblo gk punya mantan)

Setiap siswa pasti memiliki teknik tersendiri ketika belajar menghadapi “pacar” kan kan menghadapi “ulangan” (dasar jomblo), ada yang menggunakan sistem kebut semalam dan ada juga yang menggunakan teknik pembelajaran rutin belajar tiap hari. Tak ditutup kemungkinan ya pasti ada guru yang memberikan ulangan harian yang mendadak, jadi waspadalah, bisa jadi kalian stress karena banyaknya rumus yang harus di hafal (rumus menjalani hidup dengannya wadaw bukan bukan) em kaya rumus fisika, mtk, kimia dll. Kalau begitu teknik kebut semalam bisa di gunakan . Skip>

Di sini kami akan memberikan beberapa tips belajar kebut semalam dan tips menghadapi ujian/ulangan, mari kita lihat jangan merem bacanya nanti gelap, kalau gelap tulisannya nanti tak bisa dibaca. :

1. Cara belajar kebut malam yang efektif 
Kita sebagai pelajar harus waspada dengan guru, terkadang ketika mendekati ulangan semester biasanya guru mendadak memberitahu kepada murid “murid-murid besok ulangan harian, satu bab jadi kalian pelajari dari A-H, belajar yang bener-bener nilai kalian harus bagus” nah ini adalah momen dimana lebih deg deg kan dapat kabar dari guru begini ketimbang di tembak sama dia (kan jomblo . . . . oo iya wkwk). Kamu harus selalu siap dengan keadaan tersebut. skip>

Cara mempersiapkan diri agar selalu siap menghadapi ulangan yang mendadak adalah belajar setiap hari. Sayangnya , sebagian dari kita memiliki segudang aktivitas yang padat sehingga waktu belajar pun berkurang. Lantas, bagaimana jika sang guru tiba-tiba mengumumkan bahwa besok ada ujian mendadak. Bisakah kita mempelajari materi ulangan hanya dalam waktu semalam? Tenang saja, cara ini efektif dan merupakan sistem kebut semalam yang baik. 

Berikut  7 Cara untuk ulangan besok :

a. Istirahat Sepulang Sekolah
 Ingat guys , nanti malam kamu harus belajar untuk ulangan besok. Jadi, sepulang sekolah usahakan untuk langsung pulang ke rumah dan beristirahat. Tidur bisa membuat pikiranmu yang galau (mikirin dia, eh eh bukan) karena mikirin pelajaran seharian di sekolah menjadi segar. Selain itu juga tidur pulang sekolah bisa meredakan capek lelah di tubuhmu. Setelah tidur sejenak, tubuh dan pikiran akan menjadi lebih fresh. Jadi kamu bisa lebih konsentrasi dalam belajar malam nanti.

b. Tandai Bagian-Bagian yang Penting 
Yang ini sangat penting untuk membuat Anda lebih mudah menghafal materi pelajaran yang selama ini sulit ditaklukkan (ea kaya dia aja). Tandai bagian-bagian penting yang terdapat di dalam buku pelajaranmu. Sambil memberi tanda, bacalah materi tersebut secara singkat. Setelah selesai menandai materi belajar yang dirasa penting, saatnya menghafalkan semua bagian yang sudah kamu tandai itu. Kalau menandai sebaiknya gunakan stabilo berwarna-warna cerah agar kamu tidak bosan saat harus membacanya.

c. ngopi atau ngeteh Sambil Belajar 


Sesuai jadwal malam ini adalah jadwal belajar kebut semalam, jadi malam ini kamu harus terjaga (jangan sakit ya hehe) untuk belajar soal ulangan besok. Begadang memang membuat kita merasa ngantuk, apa maneh kalau jarang begadang sebelumnya, wadidaw. Secangkir kopi atau teh mungkin bisa menjadi teman untuk membangkitkan semangat belajarmu. Nikmati minuman berkafein ini beberapa jam sebelum belajar atau pada saat belajar. Akan tetapi, perlu kamu ingat bahwa minuman berkafaein bisa membuatmu terjaga sepanjang malam. Minum saja secangkir teh karena kandungan kafeinnya lebih sedikit dan bisa membangkitkan mood-mu untuk belajar. #ngemil juga bisa

d. Belajar dimana pun 


   
 Jadi untuk tempat belajar ini, carilah tempat yang membuat kamu nyaman, tidak ribut, dimanapun bisa. Kalau kamu nyaman di lapangan bola bisa juga belajar dilapangan bola, di cafe, restoran, bengkel, dsbnya.




e.  Ajak Teman Belajar Bersama 
Salah satu cara belajar untuk ulangan besok pada malam hari adalah mengajak teman untuk belajar bersama. Keberadaan teman bisa membuat kamu lebih semangat dan terhindar dari rasa kantuk saat belajar. Setidaknya, kamu bisa bertukar pikiran dan saling bertanya satu sama lain jika ada materi yang belum dipahami. 

Apabila tidak bisa malam hari, bisa juga kalian janjian (ea janjian, akhirnya ! bukan bukan, anda masih jomblo) berangkat lebih awal. Semisal waktu ulangan jam 8, janjianlah sama teman kamu jam 07.30 atau jam 07.00 dengan begitu ajak teman kamu belajar bareng tanya jawab untuk mengingat pelajaran yang sudah di pelajari malam tadi. #thanks A.S.B (dia teman belajarku waktu itu).

f.  Jauhkan Segala Hal yang Dapat Mengurangi Konsentrasi dan Semangat 
Ketika kamu sudah memiliki niat untuk belajar, tiba-tiba notif wa, acara, film, youtubers di handphone masuk, atau tiba-tiba temanmu mengajak kamu untuk bertanding dalam sebuah online game.  atau hal yang lainnya. Hal-hal seperti inilah kalau dapat mengurangi konsentrasi dan semangat belajarmu lebih baik agak menghindar sementara. 



Kalau kamu jadi lebih tertarik untuk bermain, chatingan atau nonton youtube ketimbang belajar untuk ujian besok lebih baik jauhi sementara, sampai waktu ulangan selesai. tapi kalau beberapa kegiatan semisal nonton artis, youtuubers, challengs, di youtube dll, main game membuat kamu fresh, semangat  itu tidak masalah namun harus tau batasan waktunya yaa guys, semakin lama kalian nonton di youtube semakin berkurang kuota anda hhe. jadi gak masalah sebenarnya. tergantung dari orangnya.

Kalau kamu ingin sungguh-sungguh mencoba cara belajar untuk ulangan besok dengan lebih fokus, jauhkan segala macam hal yang dapat merusak konsentrasi belajarmu. 

g. Fokus Belajar dan Jangan Memaksakan Diri Bila Mengantuk 
Kamu memang harus fokus belajar karena waktu yang kamu miliki hanya semalam. Namun, kalau kamu sudah mengantuk sebaiknya jangan paksakan diri karena materi yang kamu pelajari tidak akan tertanam di dalam otak. Tidurlah dulu dan bangun lebih awal agar kamu bisa mengulang semua materi yang sudah kamu pelajari semalam. 



Bila perlu, sambil berangkat ke sekolah dan menunggu waktu ujian dimulai kamu juga harus mempelajari semua materi yang sudah dirangkum semalam. 

Cara belajar untuk ulangan besok di atas merupakan sistem kebut semalam yang baik. Namun, alangkah lebih baiknya jika setiap hari kamu membiasakan diri untuk belajar agar tidak terburu-buru saat mendapat ulangan mendadak.

sumber referensi : https://bacaterus.com/cara-belajar-untuk-ulangan-besok/

2. Mencontek dapat merugikan diri sendiri dan orang lain lo bang & neng

a. Merugikan Diri Sendiri 


Tentu semua orang ingin mendapat nilai yang bagus. Namun, kalau didapat dengan cara yang tidak baik, seperti menyontek, maka sama saja dengan nilai yang buruk. Lebih baik belajar yang sungguh-sungguh dan bersyukur dengan hasil yang diperoleh. 

Menyontek itu sama dengan membohong diri sendiri. Senang, sih, rasanya ketika mendapatkan nilai yang baik, tetapi ketika ujiannya diubah soalnya atau ditanya lagi oleh guru tentang soal yang sama, pasti tidak bisa menjawab.

Hmmm…. menyontek membuat otak tidak terlatih untuk menyimpan dan mengeluarkan memori. Nah, otak yang tidak terlatih ini bisa membuat seseorang mudah pikun ketika usianya tua nanti.

b. Merugikan Orang Lain
Coba bayangkan perasaan orang yang kamu contek. Mungkin saja dia sudah belajar semalaman, tidak bermain seperti biasa, tetapi malah kita tiru jawabannya. Pasti sedih sekali.

Menyontek juga merugikan orang tua dan guru karena sama saja dengan membohongi mereka, bukan?

Kalau Memberikan contekan?

Memberikan contekan juga merugikan orang lain karena membuatnya tidak berusaha, tidak belajar, dan otaknya tidak dilatih.

Memberi contekan pun akan merugikan diri sendiri karena membuat seseorang jadi tergantung. Bisa jadi, ia akan bertanya terus menerus saat ujian, sehingga mengganggu saat mengerjakannya. Kalau ketahuan? Keduanya akan sama-sama dihukum. *Karena kedua hal tersebut tidak baik

Nah, sudah tahu kah bahaya dan kerugiannya menyontek dan memberi contekan? Yuk, kita bersungguh-sungguh belajar. Dengan demikian, kita jadi mengetahui batas kemampuan yang kita miliki dan terpacu untuk meningkatkannya.
Yuk, kita jujur !

3. Jangan berangapan guru mempersulitmu
Guru memberikan soal-soal ujian tersebut untuk mengukur kemampuan dan pelajaran yang kita dapat selama belajar, dengan hasil ini guru akan mengetahui seberapa besar kemampuan mengingat dan menangkap pelajaran seorang siswa.
Terkadang ada seorang siswa mengatakan dalil hadis kepada seorang guru, atau palah dibuat setatus WhatsApp. semoga kita terhindar dari hal tersebut. mari jaga perasaan guru kita . . .

Dari sahābat Abi Shirmah radhiyallāhu Ta'āla 'anhu beliau berkata, Rasūlullāh shallallāhu 'alayhi wa sallam bersabda:_ 
"Barangsiapa yang memberi kemudharatan kepada seorang muslim, maka Allāh akan memberi kemudharatan kepadanya, barangsiapa yang merepotkan (menyusahkan) seorang muslim maka Allāh akan menyusahkan dia."
(Hadīts riwayat Abū Dāwūd nomor 3635, At Tirmidzi nomor 1940 dan dihasankan oleh Imām At Tirmidzi).

La iya, emang soalnya sulit sulit, kalau mudah mudah fungsi ulangan kan untuk menguji kemampuan siswanya, kalau kita nggk tau berarti disitulah kita harus belajar lagi. Sabar guys !

Sesungguhnya setelah kesulitan pasti ada kemudahan(Q . S . Al-Insyirah : 6 )
Allah tidak akan menguji hambanya melainkan sesuai kemampuannya (Q . S . Al-Baqoroh : 286)

Ikan hiu lagi ngaca
I love you buat yang udah baca
Jangan lupa senyum hari ini


Semangat guys, teman, bro, sayang ! ! ! . . .

sekian dari saya, apabila ada kesalahan mohon maaf, berikan opini kalian di kolom komentar

5 komentar untuk "Tips Menghadapi Ulangan/Ujian. Hah ujian? bodo ah"