Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Satu Lembar Daun Bebannya lebih berat dari pada 3 sapi-Kisah Kyai Kholil Bangkalani Madura

Suatu ketika ada seorang kyai bernama Syekh Kholil Al-Bangkalan, di undang ada orang punya hajat kirim doa slametan menyembelih sapi 1 ekor. Mengundang tetangga banyak diajak slametan, setelah para tamu banyak yang datang, mereka masih menunggu agak lama karena mbah Kyai belum datang-datang, begitu datang orang-orang pada senang akhirnya Mbah Kyai akhirnya datang. 

kata Mbah Kyai :"Sudah nunggu lama to?.. ya sudah selametannya singkat saja. Al-Faaatihah. selesai membaca Al-Fatihah langsung membaca Laa ilaaha Illallah tiga kali. baca tiga kali di tirukan oleh jama'ah, terus membaca do'a, yang punya rumah keceewa, kata Tuan rumah"Mbah Kyai kok Selametannya sebentar?cuma baca Laa ilaaha illallah 3 kali. saya ini sudah nyembelih sapi loooo, masa tahlilnya cuman 3 kali." Mbah Kyai cuman tersenyum, jawab mbah Kyai "kamu nyembelih sapi, sapinya bobotnya berapa?.." di jawab oleh tuan rumah "ya ada kalau 10 kwintal". Jawab Mbah Kyai dengan senyuman "lafadz yang saya baca kalau dibandingkan dengan sapimu 10 Kwintal itu, itu lebih berat Laa ilaaha illallah. itu baru satu kali, tadi saya bacanya 3 kali." Si Tuan Rumah tidak percaya dan menjawab "alaaah mossoooook ! ! ! tidak percaya." 

Kata Mbah Kyai :"ambilkan saya daun. diambilkan daun", mbah Kyai ngambil pulpen, ditulis lafadz Laa ilaaha Illallah di daun itu. kemudian Mbah Kyai menyuruh mengambil timbangan. daunnya tadi di lipat lalu taruh di timbangan. "adakah sapi yang masih hidup?, bawa sini saya timbang sama daun ini. nanti kalau berat daun yang bertuliskan laa ilaaha illallah, sapinya saya ambil." lalu  dengan pedenya si tuan rumah menjawab "okeeee saya nggak percaya". ditimbang sapi satu berat laa ilaaha illallah, di tambahi sapinya jadi dua, masih berat laa ilaaha illallah, coba di tambahi lagi jadi 3, masih berat laa ilaaha illalah, sambil senyum mbah kyai bilang "gimana mau di tambahi lagi?...."  dengan rasa malu di jawab "mboten Kyai" .

kata Mbah Kyai Kholil "la iyaa... laa ilaaha illallah satu bobotnya pahalanya lebih berat dari pada sapi yang kamu sodaqohkan"
akhirnya mbah Kyai pulang nggak bawa berkat tapi bawa SAPI

Posting Komentar untuk "Satu Lembar Daun Bebannya lebih berat dari pada 3 sapi-Kisah Kyai Kholil Bangkalani Madura"