Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Pembawa Acara/MC Maulid Nabi, Isra' Mi'raj dan Khataman Al-qur'an

Selamat Datang di Blog Ardiyan Fikrianoor


Pembawa acara Maulid Nabi


Assalamualaikum..Wr..Wb..

Hadratul muhtaromin para alim ulama, yang senantiasa dimulyalan Allah,
Yang Kami Mulyakan Bapak pengasuh PP.Daarul ishlah Assyafi’iyah, Ust. Mushofa S.Pd.I, Yang kami takdzimi

Bapak kepala desa Batu Meranti beserta perangkatnya yang kami hormati,
Bapak-bapak ibu-ibu kaum muslimin muslimat rohimakumullah.

Kiranya tiada kata-kata yang patut untuk saya kemukakan dalam mengawali pertemuan ini, kecuali ungkapan rasa syukur yang sedalam-dalamnya kehadirat Ilahi Rabbi yang telah memberikan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya juga kesehatan dan kesempatan kepada kita sehingga pada saat ini kita bisa berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad saw tanpa ada suatu halangan apapun. Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada baginda Rosulullah Muhammad saw. yang telah mengeluarkan manusia dari gelap gulita kejahiliyahan menuju cahaya kebenaran yang terang benderang, yaitu agama Islam.

Hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia. Sebagai pembawa acara dalam Maulidur Rasul, akan saya bacakan susunan mata acara pada malam hari ini, yaitu:
1. Pembukaan
2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an beserta saritilawah
3. Sambutan-Sambutan
4. Istirahat
5. Ceramah Agama
6. Doa/penutup

Demikianlah susunan mata acara peringatan maulid Nabi Muhammad saw. Yang akan berlangsung pada malam hari ini, semoga dapat berjalan dengan lancar dan membuahkan hikmah yang besar yang dapat kita petik dan bermanfaat bagi kita semua, aamiin

1. Pembukaan:
Untuk mengawali acara pada malam hari ini marilah kita buka dengan pembacaan Fatihatul kitab, suratul Fatihah(   Li ridho illah Wabi Syafa’ati Rosulillah Al-fatihah).
Terima kasih, mudah-mudahan dengan bacaan surat Al-Fatihah tadi serangkaian acara kita pada malam hari ini, dapat berjalan dengan lancar tanpa ada suatu halangan apapun.

2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an beserta saritilawah:
Selanjutnya,  acara yang kedua yaitu pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an beserta saritilawahnya, yang akan dibacakan oleh Saudari  Dina Septiana Dewi dan Fitri Ma’rifatun kepadanya kami persilahkan.

Kepada saudari  Dina Septiana Dewi dan Fitri Ma’rifatun  kami sampaikan banyak terima kasih, mudah-mudahan lantunan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur'an tadi, bermanfaat bagi kita semua, yang pahalanya diberikan kepada pembaca khususnya, juga kepada kita semua yang mendengarkannya.

3. Sambutan-sambutan
 Dilanjutkan acara yang keempat  sambutan-sambutan,

Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ketua panitia.
Dalam hal ini akan disampaikan oleh Bapak Khairi Rijali. Kepada beliau kami persilahkan
Kepada bapak khairi rijali  disampaikan terimakasih

Sambutan yang kedua dari kepala desa Batu Meranti yang akan disampaikan oleh Bapak Nurdin, kepada beliau kami persilahkan.
Kepada bapak kepala desa Batu Meranti atas sambutannya kami sampaikan terimakasih

Sambutan yang terakhir akan disampaikan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Daarul Ishlah, Kepada Al Mukarom Bpk.Ust.Mushofa S.Pd.I, waktu dan tempat kami persilahkan…

4. Ceramah
hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia. Kini sampailah kita pada acara yang kita nanti-nantikan, yakni mauidhotul khasanah, dalam rangka periingatan maulid nabi agung Muhammad saw,yang akan di sampaikan kepada  beliau Al mukarom romo KH.Hisyam Syafa’at Pengasuh Pondok Pesantren Daarussalam Blok Agung Banyuwangi Jawa Timur, Kepada beliau waktu dan tempat  kami Persilahkan,

hadirin hadirat yang berbahagia, Demikianlah mauidhotul khasanah ynag telah disampaikan oleh beliau al mukarom romo Kh.Hisyam Syafa’at
Semoga apa yang telah disampaikan tadi bermanfaat bagi kita Semua. Aamiin3x ya robbal ‘alamin

5. Penutup
 hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia.
Acara demi acara telah kita lalui bersama dengan baik dan lancar, mudah-mudahan dengan penyelenggaraan peringatan maulid Nabi Muhammad saw. ini, kecintaan kita kepada beliau menjadi semakin mendalam dengan meneladani keluhuran budi beliau. Sebagai manifestasi dari rasa cinta kita kepada beliau, tentu kita ikuti apa yang menjadi sunnah-sunnahbeliau, sehinggabeliau pun menjadi cinta kepada kita.
hadirin  hadirat rahimakumullah.

Memasuki acara selanjutnya, yakni do'a yang akan dipimpin oleh  mbah Kyai Maskur,
Kepada beliau kami sampaikan terimakasih

hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia.
Acara yang terakhir yaitu penutup, Marilah acara ini kita tutup bersama dengan membaca hamdalah(Alhamdulillahi robbil ‘alamin) saya sebagai pembawa acara, mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekhilafan dan kurang lebihnya. Akhirul kalam,
Wabillahi taufik wal hidayah warridho wal inayah wassalamu’alaikum warrah matullahi wabarokatuh.


Pembawa acara Khataman Al-Quran

Assalamualaikum wr. Wb.
Alhamdulillahirobbil alamin, habihinasta’inu alaa umuriddunya waddin, assolatu wassalamu ala syaidina muhammadin,wa’ala alihi washohbihi ajma’in amma ba’du

Puji syukur alhamdulillah, marilah selalu kita panjatkan  kehadirat Allah swt,atas limpahan rahmat,taufik,hidayah serta inayah-Nya, kepada kita semua  sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di majlis ini untuk melaksanakan khotmul qur’an. Dengan tanpa ada halangan suatu apapun(aamiin).

Solawat serta salam mudah-mudahan selalu tercurahakan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW .yang telah menunjukan kita jalan yang benar dan terhindar dari jalan yang sesat serta gelap gulita. berkat bimbingan beliau kita sekarang berada pada jalan yang benar dan diridhoi.

Yang kami hormati kepada tuan rumah, yang kami mulyakan para hadirin dan hadirot, dan yang saya banggakan kepada para rekan santri yang telah hadir diacara khotmul qur’an ini. terimakasih atas kehadiran dan partisipasi teman-teman pada pagi hari ini. Semoga dengan digelarnya acara ini dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Dan tak lupa kami sangat berterimakasih kepada Tuan rumah yang telah memberikan waktu, dan tempat kepada kami untuk melaksanakan acara khataman Al qur’an.

Sebelum acara ini di mulai perkenankan saya untuk membacakan susunan acara yang akan dilaksanakan pada malam hari ini.
Acara yang;
1.Pembukaan
2.Khotmul qur’an
3.Melantunkan sholawat Nabi
4.doa/penutup
Tuan rumah, para santri, hadirin sekalian yang dimulyakan oleh Allah SWT.
Untuk mempercepat waktu,marilah acara kita mulai;
Acara yang pertama pembukaan. Marilah acara pada pagi hari ini kita buka dengan membaca basmallah....Bismillahirrohmanirrohim

Dilanjutkan dengan acara yang kedua, acara inti yaitu khotmul qur’an, yang akan dipimpin oleh kang/mbak (………….)

(skor/istirahat)

Acara yang ketiga yaitu melantunkan sholawat Nabi, yang demikian akan dipimpin oleh kang/mbak (………..) Demikianlah lantunan sholawat nabi. Semoga  berkat pembacaan sholawat Nabi tadi, kita semua Diakherat kelak mendapatkan syafaat dari Rosulullah Saw.  Aamiin…..

Rekan santri,para hadirin sekalian yang dimulyakan oleh Allah,
Dengan berakhirnya sholawat nabi tadi, sampailah kita diacara yang terakhir yaitu penutup.

Sebelum saya tutup, perkenankanlah saya disini, mengucapkan trimakasih atas kehadiran rekan santri  dalam acara khataman Al-Qur’an ini. Dan saya mewakili teman-teman yang hadir pada hari ini mohon maaf bilamana terdapat  tingkah laku kami yang tidak baik mohon dimaafkan.Marilah kita tutup acara pada pagi hari ini,  dengan membaca hamdallah bersama-sama.
Alhamdulillahirobbil alamin.

Akhir kata
Wassalamualaikum wr. Wb.


Contoh teks pembawa acara (mc) isra' mi'raj

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Bismillaahirrahmaanirrahiim, alhamdulillaahilladzii asraa bi’abdihii lailan minal masjidilharaam ilal masjidil aqshaalladzii baaraknaa haulahuu linuriyahuu min aayaatinaa innahuu huwassamii’ul bashiir, Asyhadu allaa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariikalah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rasuuluh. Allaahumma shalli wa sallim wa baarik ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shahbihii ajma’iin. Ammaa ba’du.

Almukarromun para ‘alim ulama, bapak dan ibu guru, ibu-ibu, bapak-bapak dan saudara-saudara yang dimulyakan Allah.

Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT yang yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah diberkahi sekelilingnya dengan memmperlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda kebesaranNya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Sholawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad saw, pada keluarganya, para sahabatnya, dan kepada ummatnya hingga akhir zaman.
Kami menyampaikan terima kasih atas kehadirannya dalam acara Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad saw.

Dengan harapan mudah-mudahan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad saw. yang kita laksanakan bersama ini senantiasa dalam keridhaan Allah serta akan membuahkan rahmat dan nikmat bagi kita semua fiddunya wal akhirah, aamiin yaa robbal ‘alamiin.
Hadirin yang yang dimulyakan Allah, dalam pelaksanaan Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad ini , kami susun acara-acara sbb:

1.            Pembukaan
2.            Pembacaan ayat suci Al Qur’an
3.            Sambutan 
4.            Ceramah Agama
5.            Do’a
6.            Penutup

Demikianlah susunan acara peringatan Isra' Mi'raj pagi ini. Dan marilah masuki acara pertama ini yaitu pembukaan, mari kita buka acara ini dengan membaca ummul qur’an, al-fatihah.

Selanjutnya kita melangkah pada acara kedua yaitu pembacaan ayat suci Al Qur'an yang akan dibacakan oleh saudara Syahman Berutu, kepadanya kami persilahkan!

Para hadirin kaum muslimin dan muslimat, demikianlah tadi pembacaan ayat suci Al Qur'an yang telah kita simak bersama, semoga Allah membalas berupa pahala yang setimpal bagi pembaca pada khususnya dan para pendengar pada umumnya. Aamiin!

Baiklah para hadirin yang berbahagia, kita masuki acara ketiga yaitu sambutan dari pengasuh pondok  pesantren Daarul Ishlah Assyafi'iyah yaitu bapak Ustadz K.Mushofa,  kepada beliau dengan hormat kami persilahkan.

Bapak-bapak, ibu-ibu kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia demikianlah tadi sambutan yang disampaikan oleh pengasuh pondok Pesantren Daarul Ishlah Assyafi’iyah.

Acara berikutnya iyalah ceramah agama yang akan disampaikan oleh yang terhormat Bpk. Ustadz Maksus Anwar Agus kepada beliau waktu dan tempat kami berikan

Para hadirin yang kami hormati, demikianlah cearmah agama dan mau'idhoh hasanah yang telah kita dengarkan bersama, semoga dapat kita jadikan pedoman hidup dan perisai diri kita semua, sehingga kita tidak terjebak dalam kesesatan dan murka Allah Swt. Aamiin.
Acara berikutnya adalah doa, untuk membacakan doa sekali lagi kami mintakan kesediaan bapak K. Maskur untuk membacakan doa, kepada beliau kami persilahkan
Acara berikutnya ialah penutup
Sebelum kita masuk ke acara terakhir, kami selaku pembawa acara mohon maaf yang sebesar-besarnya, bila terdapat kekurangan dan penyampaian kami yang kurang berkenan dihati. Semoga kita dapat bertemu di lain acara yang lebih meriah lagi.

Marilah kita tutup acara kita pada pagi hari ini dengan membaca Alhamdulillah hi robbil alamin

wassalamu’alaikum wr wb

Teks Pembawa acara muhadarah

Assalamualaikum..Wr..Wb..
Alhamdulillahirobbil alamin, habihinasta’inu alaa umuriddunya waddin, assolatu wassalamu ala syaidina muhammadin,wa’ala alihi washohbihi ajma’in amma ba’du

Hadratul muhtaromin para alim ulama, yang senantiasa dimulyalan Allah,

Yang Kami Mulyakan Bapak pengasuh PP.Daarul ishlah Assyafi’iyah, Ust. Mushofa S.Pd.I, Yang kami takdzimi Ustadz-ustadzah, dan teman-teman sekalian yang saya banggakan

Kiranya tiada kata-kata yang patut untuk saya kemukakan dalam mengawali pertemuan ini, kecuali ungkapan rasa syukur yang sedalam-dalamnya kehadirat Ilahi Rabbi yang telah memberikan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya juga kesehatan dan kesempatan kepada kita sehingga pada saat ini kita bisa berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad saw tanpa ada suatu halangan apapun. Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada baginda Rosulullah Muhammad saw. yang telah mengeluarkan manusia dari gelap gulita kejahiliyahan menuju cahaya kebenaran yang terang benderang, yaitu agama Islam.

Hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia. Sebagai pembawa acara dalam kegiatan muhadarah pada kesempatan ini, saya akan membacakan susunan acara pada malam ini:

1.    1. Pembukaan

2.    2. Pembacaan ayat suci Al Qur’an

3.    3. Sambutan 

4.    4. Ceramah Agama

5.    5. Penyampaian dari pengasuh Pondok

6.    6.  Penutup

Demikianlah susunan acara muhadarah malam ini. Dan marilah memasuki acara pertama ini yaitu pembukaan, mari kita buka acara ini dengan membaca ummul qur’an,al-fatihah.

Selanjutnya kita melangkah pada acara kedua yaitu pembacaan ayat suci Al Qur'an yang akan dibacakan oleh saudara/i (............), kepadanya kami persilahkan!

Para hadirin kaum muslimin dan muslimat, demikianlah tadi pembacaan ayat suci Al Qur'an yang telah kita simak bersama, semoga Allah membalas berupa pahala yang setimpal bagi pembaca pada khususnya dan para pendengar pada umumnya. Aamiin!

Baiklah para hadirin yang berbahagia, kita masuki acara ketiga yaitu sambutan dari ketua panitia kepada saudara/i(...........) dipersilahkan

Bapak-bapak, ibu-ibu kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia demikianlah tadi sambutan yang disampaikan oleh ketua panitia

Acara berikutnya iyalah ceramah agama yang akan disampaikan oleh (...........) di persilahkan

Para hadirin yang kami hormati, demikianlah cearmah agama dan mau'idhoh hasanah yang telah kita dengarkan bersama, semoga dapat kita jadikan pedoman hidup dan perisai diri kita semua, sehingga kita tidak terjebak dalam kesesatan dan murka Allah Swt. Aamiin.

Acara berikutnya adalah penyampaian dari pengasuh pondok  pesantren Daarul Ishlah Assyafi'iyah yaitu bapak Ust. Mushofa, S. Pd. I  kepada beliau dengan hormat kami persilahkan.

Acara berikutnya ialah penutup

Sebelum kita masuk ke acara terakhir, kami selaku pembawa acara mohon maaf yang sebesar-besarnya, bila terdapat kekurangan dan penyampaian kami yang kurang berkenan dihati. Semoga kita dapat bertemu di lain acara yang lebih meriah lagi. Marilah kita tutup acara kita pada malam hari ini dengan membaca hamdallah. Alhamdulillah hi robbil alamin

wassalamu’alaikum wr wb

 

Posting Komentar untuk "Teks Pembawa Acara/MC Maulid Nabi, Isra' Mi'raj dan Khataman Al-qur'an"