Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ceramah tentang-"NIAT DALAM MENCARI ILMU"

Selamat Datang di Blog Ardiyan Fikrianoor


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hadirin sekalian yang berbahagia
Segala puji hanya milik Allah yang telah mengangkat derajat umat manusia dengan ilmu dan amal atas seluruh alam.
Sholawat dan salam semoga tetap terlimpah atas Nabi Agung Muhammad S.A.W. pemimpin seluruh umat manusia.

NIAT DALAM MENCARI ILMU

Setiap pelajar harus menata niatnya ketika akan belajar. Karena niat adalah pokok dari segala amal ibadah. Nabi bersabda : انّماالاعمال باانيّة “ sesungguhnya setiap amal itu tergantung pada niatnya”.
Rosulullah S.A.W. berabda: “Banyak perbuatan atau amal yang tampak dalam bentuk amalan keduniaan, tapi karena didasari niat yang baik (ikhlas) maka menjadi atau tergolong amal-amal akhirat, kemudian menjadi amal dunia, karena didasari niat yang buruk (tidak ikhlas).

Hadis di atas menjelaskan bahwa setiap amal itu tergantung pada niat, apabila seseorang melakukan perkerjaan dunia, namun ia niatkan dalam kebaikan (ibadah) maka perbuatan itu bernilai ibadah (mendapat pahala), dan juga sebaliknya apabila ada seseorang melakukan amal akhirat namun dalam hati nya ia niatkan karna dunia maka amal akhirat itu akan sia-sia (tidak mendapat pahala). Seperti makan, makan itu adalah amal/pekerjaan  dunia, apabila ada seseorang yang makan dengan niat, “saya niat, makan makanan ini agar sewaktu ibadah kuat”. Nah itu menjadi amal akhirat. Juga sebaliknya, apabila ada seseorang yang melakukan amal akhirat seperti membaca Al-Qur’an namun ia membaca karena ingin dilihat  orang lain maka amal akhirat itu sia-sia.

Maka dari itu, niat seorang pelajar dalam menuntut ilmu harus ikhlas mengharap ridlho Allah, mencari kebahagiaan di akhirat menghilangkan kebodohan dirinya,  menghidupkan agama Islam.
Agar apa yang kita kerjakan menadapat berkah dari Allah S.W.T.

Hanya ini yang dapat saya sampaikan, akhirul kalam

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Posting Komentar untuk "Ceramah tentang-"NIAT DALAM MENCARI ILMU""