Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Buku #14 : Tafsir Quotes Sufistik Karya Mushofa

 


Penulis                  : Mushofa

Penerbit                : Madani Berkah Abadi

Jumlah Halaman : ix + 231 hlm 14cm x 20cm

Cetakan pertama : Juli 2023

Tafsir Quotes Sufistik 
(Uraian Kalam Hikmah yang Menyejukan Jiwa, Mengenalkan Ajaran Tasawuf dengan Gaya Milenial) Karya Mushofa

Buku "Tafsir Quotes Sufistik" karya Mushofa menawarkan sebuah interpretasi menarik terhadap kutipan-kutipan Sufi yang sarat makna. Penulis berhasil menguraikan kompleksitas pemikiran Sufi dengan cara yang mudah dipahami oleh pembaca awam. 

Buku ini sangat menarik, karena ditulis dengan gaya milenial yang menawarkan banyak sekali quotes dalam bidang Sufi yang kemudian di lengkapi dengan uraian dan dalil-dalilnya. Kemudian isi buku ini penuh dengan ilmu  pengetahuan dan literatur yaitu sekitar 70 literatur yang dijadikan dasar

Daftar pembahasan yaitu Etika adalah Standart Keilmuan, Hakikat kebahagiaan, Hati-Hati dengan Pujian, Kehilangan Tuhan, Manusia Emas, Menasehati Diri Sendiri, Pakaian Akhlak, Tabah adalah Cinta dan lain sebagainya

BAB Hilangnya Agama 
"Hilangnya Islam karena empat hal: (1) mempelajari agama, tetapi tidak diamalkan; (2) mengamalkan agama, tetapi tidak didasari ilmu; (3) tidak mau mempelajari kebodohannya tentang agama; (4) tidak mendukung pendidikan agama" -Muhammad bin Al-Fadhal Al-Balkhi (w. 319 H)
 

BAB Hakikat Sehat

"Sehat menurutku adalah tidak menjalankan dosa dari pagi hingga malam"

BAB  Tabah adalah Cinta

"Jika musibah datang kepadamu dari Allah Azza wa Jalla dan kamu tabah, maka kamu adalah orang yang mencinta, namun jika kamu berubah, maka jelas itu adalah dusta dan merusak serta menghilangkan yang pertama" -Syeikh Abd Qadir Al-Jailani (w. 561 H)


Kelebihan:
  1. Pendekatan yang mudah diakses: Penulis menggunakan bahasa yang sederhana dan lugas, sehingga buku ini mudah dipahami oleh pembaca yang tidak memiliki latar belakang ilmu tasawuf.
  2. Penjelasan yang mendalam: Penulis tidak hanya menerjemahkan kutipan-kutipan Sufi, tetapi juga menjelaskan konteks dan maknanya secara mendalam.
  3. Pemilihan kutipan yang beragam: Buku ini memuat kutipan dari berbagai tokoh Sufi terkemuka, sehingga memberikan gambaran yang luas tentang pemikiran Sufi.
Kekurangan:
  1. Struktur yang kurang tertata: Urutan kutipan dan penjelasannya terkesan acak, sehingga membuat pembaca sedikit kesulitan untuk mengikuti alur pemikiran.
  2. Target utama hanya orang yang beragama Islam (tidak menutup kemungkinan non Islam tetap bisa membaca buku ini)
Secara keseluruhan, buku "Tafsir Quotes Sufistik" merupakan sumber yang bermanfaat bagi mereka yang ingin memahami pemikiran Sufi dengan cara yang mudah diakses. Meskipun terdapat beberapa kekurangan, buku ini tetap layak dibaca oleh siapa saja yang tertarik dengan tasawuf dan ingin memperkaya pemahaman mereka tentang spiritualitas Islam

Posting Komentar untuk "Review Buku #14 : Tafsir Quotes Sufistik Karya Mushofa"