Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dari Kecil Hobi Menulis, Fikri Haekal Akbar Ternyata Silsilah Ke-5 Ulama Tuan Guru KH. Zakaria Bakarangan


Banjarmasin - Fikri Haekal Akbar, mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN Antasari Banjarmasin, baru-baru ini mencuri perhatian publik dengan prestasi dan karya-karyanya. Namun, siapa sangka bahwa sosok yang berusia 21 tahun ini ternyata memiliki silsilah keluarga dari seorang ulama. Ia adalah keturunan ke-5 dari seorang ulama besar di Tanah Bumbu, Tuan Guru KH. Zakaria Bin H. Muhammad.

Tuan Guru KH. Zakaria Bin H. Muhammad adalah seorang ulama yang dikenal sebagai penyiar Islam berasal Desa Bakarangan, Kecamatan Kusan Hulu, Kabupaten Tanah Bumbu. Haul beliau setiap tahun selalu ramai dihadiri ribuan jamaah baik dari masyarakat maupun pemerintah sekitar.

Fikri Haekal Akbar dengan sapaan akrab Haekal lahir di Kotabaru, 22 Desember 2002. Ia merupakan anak dari H. M. Saleh, seorang qori yang kini menjabat sebagai Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Simpang Empat, sedangkan Ibunya bernama Hj. Faridah, dulunya merupakan seorang guru di madrasah ibtidaiyah. Adapun silsilah keturunan ulama Bakarangan tersebut dari sang ibu. 

Sejak kecil, Haekal sudah menunjukkan minat dan bakat yang luar biasa di bidang menulis. Ia sering menulis ketika ayahnya mengenalkan dan mengajarkan menulis dari mesin tik hingga jaman berubah ia juga diajarkan menulis di komputer.

"Dulu waktu saya masih taman kanak-kanak sering diajak ayah ke kantor setelah pulang sekolah, dihadapkan mesin tik dan komputer dan disuruh menulis apapun yang ingin saya tulis, lalu tulisan tersebut di cetak dan saya diminta untuk bisa membacanya" ujar Haekal.

Kebiasaan menulis sejak dini membuatnya menjadi lebih tertarik, hingga ia bisa menguasai Microsoft Office sebelum masuk sekolah dasar. 

“Menulis adalah salah satu cara saya untuk mengekspresikan diri dan berbagi ilmu. Sampai saat ini saya selalu suka menyampaikan berbagai hal melalui tulisan, tentunya saya merasa senang dan puas ketika tulisan saya bisa bermanfaat bagi orang lain” tambahnya.

Selain menulis, Fikri Haekal Akbar juga memiliki minat dan keahlian di bidang teknologi. Ia mengaku belajar secara otodidak tentang desain grafis, dan multimedia. Ia sering membuat aplikasi, website, dan konten digital yang inovatif dan kreatif. Ia mengatakan bahwa teknologi adalah alat yang bisa digunakan untuk memudahkan dan memperkaya kehidupan manusia.

“Teknologi adalah salah satu kemajuan yang harus kita manfaatkan dengan baik. Saya tertarik dengan teknologi karena saya ingin menciptakan sesuatu yang bisa memberikan solusi dan nilai tambah bagi masyarakat” tutur Haekal.

Haekal mengaku bahwa ia tidak pernah merasa puas dengan apa yang telah ia capai. Ia selalu berusaha untuk terus belajar, berkarya, dan berprestasi. Bahkan ia sudah menerbitkan satu buah buku hasil tulisannya sendiri yang berjudul "Mahastudent: Mahasiswa dengan Keresahannya".

"Buku ini adalah salah satu dari banyak tulisan yang saya tulis, cuman satu yang terwujud dan bisa di bukukan, karena saya konsisten dalam penyusunan buku ini" jelasnya.

Posting Komentar untuk "Dari Kecil Hobi Menulis, Fikri Haekal Akbar Ternyata Silsilah Ke-5 Ulama Tuan Guru KH. Zakaria Bakarangan"