Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi!

Sumber: Freepik

Menjadi mahasiswa berprestasi pasti membanggakan. Selain dikenal banyak orang, termasuk dosen, mahasiswa berprestasi juga tidak jarang menjadi panutan mahasiswa lain agar bisa mengikuti jejaknya. Namun, tahukah kalian, bagaimana cara menjadi mahasiswa berprestasi? Nih, kami kasih tipsnya.

1. Memprioritaskan Akademik

Sudah pasti jika ingin menjadi mahasiswa berprestasi selalu memprioritaskan akademik daripada lainnya. Tujuannya jelas karena itulah niat awal kuliah. Jika akademik bagus dengan bukti IPK tinggi, maka sudah pasti bahwa kamu merupakan mahasiswa berprestasi.

2. Mengikuti Organisasi

Tidak menafikan jika mengikuti organisasi juga bisa menjadikanmu menjadi mahasiswa berprestasi. Apabila hanya selalu memikirkan akademik, maka bisa saja pikiranmu stagnan sehingga menghambat proses akademik.

3. Membagi Waktu Secara Teratur

Antara akademik dan organisasi harus diatur sedemikian mungkin. Sehingga kamu tidak terlena dengan padatnya aktivitas organisasi atau kejenuhan dalam berkuliah. Jadi, atur waktu dengan menyesuaikan porsinya masing-masing untuk menunjangmu menjadi mahasiswa berprestasi.

4. Memperluas Bahan Bacaan

Mustahil tanpa bahan bacaan dapat menjadikanmu sebagai mahasiswa berprestasi. Alasannya karena dengan bahan bacaanlah yang membuat wawasan semakin banyak. Semakin luas bahan bacaan, maka semakin bagus.

5. Mengikuti Seminar

Membaca tanpa ada penjelasan juga kurang cukup. Alternatifnya mengikuti seminar karena banyak tema yang dapat membuat wawasanmu semakin bertambah. Apalagi sudah banyak seminar yang gratis dan dilaksanakan secara daring.

6. Memperbanyak Diskusi

Memperbanyak diskusi juga perlu menuju mahasiswa berprestasi. Ilmu yang diserap dari saling lempar pengetahuan membuka wawasan semakin luas. Sehingga pikiranmu semakin terbuka.

7. Mengasah Kemampuan dengan Lomba

Tidak diragukan lagi jika mahasiswa berprestasi mempunyai banyak pencapaian hasil dari lomba. Entah dari lomba akademik maupun nonakademik, seorang yang ingin menjadi mahasiswa berprestasi tidak luput dari dunia lomba karena ajang mengasah kemampuan.

8. Membangun Relasi

Hasil ikut organisasi, seminar, maupun lomba menghasilkan banyak teman yang mampu membuatmu banyak mendapatkan informasi penting karena relasi yang ada. Sehingga kamu tidak akan takut kehilangan informasi yang membuatmu menjadi mahasiswa berprestasi.

9. Menguasai Bahasa Asing

Komunikasi yang dibangun tidak harus berasal dari bahasa ibu, tetapi juga bahasa asing karena dapat membangun relasi internasional dan memperluas bahan bacaan asing berkat menguasai bahasa asing.

10. Menghasilkan Tulisan

Menjadi mahasiswa berprestasi tidak hanya menjadi konsumen (pembaca), tetapi sebagai produsen (penulis). Hal ini yang menguatkan bahwa kamu benar-benar menjadi contoh dan unggul daripada yang lain.


by: M. Torieq Abdillah

Posting Komentar untuk "10 Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi! "