Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catatan Perjalanan: Rusmaniah Ketua Umum Himpunan Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Periode 2020/2021

Hay guys, di sini aku mau berbagi cerita perjalanan seorang perempuan hebat yang menjadi penerus estafet kepemimpinan di Himpunan Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam. Dia adalah Rusmaniah, mahasiswi jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam angkatan 2019. Kenapa jadi memilih Rusma jadi sosok figur untuk diceritakan? Aku kira menjadi seorang perempuan yang ditunjuk untuk memimpin dan berani mengajukan dirinya sampai bertahan hingga akhir tanggungjawabnya adalah proses yang begitu mengesankan. 

Bagaimana meyakinkan diri sendiri untuk berani maju adalah pilihan yang sulit. Lalu bagaimana Rusma menghadapi kesulitan dan  kebimbangannya. Yok baca ceritanya di bawah ini

1. Proses mencalonkan, ceritanya bagaimana? ada motivasi tersendiri atau memang ada dorongan dari orang lain?

Menurut aku kalo berbicara proses pasti semua orang udah punya bayangan tersendiri kan, karena seperti yang kita ketahui bahwa proses setiap orang pasti berbeda dengan keragaman yang unik. Tapi karena disini kita berbicara tentang proses yang udah aku lalui hari itu, maka aku akan coba ceritakan di sini.

Nah jadi ceritanya tuh begini. Pada saat pencalonan sebagai calon ketua umum BKPI periode 2021/2022, proses pertama itu bukannya mempersiapkan diri buat ngurus administrasi, terus buat visi dan misi, aku malah memikirkan proses menyakinkan diri, karena bagiku kalau ngurus administrasi, visi dn misi , itu pasti bisa aja buat diselesain. 

Tapi buat proses satu ini perihal menyakinkan diri itu sulit. Sulit nya dimana sih? Sulitnya itu ada dibagian ini "Sudahkah pantas untuk menjadi seorang pemimpin dan memimpin?". 

Lantas proses itu aku coba lalui dengan banyak minta pandangan ke orang-orang yang mungkin hari itu sudah pernah menduduki di posisi pemimpin dan memimpin. 

Dari pandangan mereka lah, aku coba simpulkan, lalu munculah  pertanyaan begini dari ku untuk diriku  "Kalo bukan kamu siapa lagi?". Dari sini lah proses menyakinkan diri itu bisa dilewati. 

Singkat cerita, tiba di proses ngurusin administrasi (ngurus sana-sini, bolak-balik itu sudahnya) tapi dari sini aku coba nikmati prosesnyaa. Terus mikirin visi dan misi. Yang perlu kalian tau, 2 proses administrasi dan visi misi itu aku lakukan H-1 sebelum pendaftaran ditutup (coba deh bayangkan kalo kalian ada diproses itu, sedangkan saat itu posisi kita jugak lagi digempur tugas sana-sini, wahh kebayangkan gimana berkecamuknyaa seisi kepala😂).

Terus lagi ada tes BTA dan sebagainyaaa. Lalu tiba dimana pengumuman calon ketua umum yang lolos administrasi dan tes BTA. 

Disini nih proses menunggu wkk (yang mungkin semua orang juga penasaran siapa aja yang akan menjadi penyambung estafet kepemimpinan dijurusan BKPI hari itu).

Wahh sepertinya kalo bercerita proses aku rasa 2 halaman pun sepertinya belum selesai😂, cuman di sini aku bersyukur bisa ngelewati proses itu, karena gini bagi ku proses itu adalah bagian dari suksesnya diri kita. Karena tanpa proses kata sukses mungkin sulit buat kita raih, sebab proses itu adalah kunci suksesnya diri kita hari ini dalam hal apapun.

Namun berbicara perihal proses pencalonan, di sini aku mencalonkan diri itu sebenarnya datang dari banyaknyaa dorongan dari orang lain. Karena yang aku pikir hari itu ketika orang banyak memberikan dorongan tandanya banyak kepercayaan yang orang berikan dengan aku untuk ku berikan sebuah pembuktian. Dari dorongan itu lah aku semakin besar termotivasi untuk tetap menikmati setiap jalannya proses pencalonan. Dan alhamdulillah hari itu banyak orang yang mempercayakan ke aku sebagai penyambung estafet kepemimpinan HMJ BKPI Periode 2021/2022.

2.Ada pertimbangan apa ngga sih waktu mencalonkan diri jadi Ketua Umum? apa aja yang mau di capai?
Jelas banget ada pertimbangan yaitu bisa atau tidak membagikan fokus dengan akademik dan organisasi yang kita pimpin nantinyaa. (Hal itu mungkin sebagian orang jugak akan mempertimbangkan). 

Ingin dicapai itu pastinya visi dan misi yang udah dibuat sebelumnya agar bisa terselesaikan dengan baik satu tahun periode kedepan. Karena bagiku apa yang sudah kita tuliskan maka akan kita buktikan. Sebab percuma kan kalo ditulis doang tanpa dibuktikan dengan action. (Karena percaya orang ke kita, pasti akan menunggu akankah benar-benar direalisasikan atau sekedar diawal pencalonan saja).

3. Ada kendala ngga sih selama jadi Ketua Umum sama di perkuliahan?
Alhamdulillah kalo berbicara kendala itu pasti ada disetiap posisi apapun yang kita emban. Kendala saat aku ketum dengan perkuliahan itu dibagian manajemen waktu. Karena disamping semester yang memang udah fokus banget sama mata kuliah profesi, dengan fokus buat menjalankan roda organisasi saat itu. Tapi cuman bisa nikmatin kendalanyaa dengan tenang maka semuanya akan terselesaikan dengan baik.

4. Apa perjuangan yang udah kamu lakukan sama teman-teman di HMJ yang mau kamu ceritakan dan semoga bisa dijadikan pelajaran sama orang lain?
Perjuangan yang udah dilakuin sama teman-teman HMJ BKPI Kabinet Insight itu banyak banget, mulai dari mempertahankan HMJ BKPI biar tetap membumi dimanapun kami berada, so pastinya memperkenalkan BKPI diluar sana. Terus juga membuktikan bahwa BKPI itu banyak lahirnya para pemimpin dan orang-orang hebat yang tersebar baik ditingkat fakultas dan universitas dengan memasuki struktural entah di DEMA ataupun SEMA khususnya, kalo UKM dan setingkatnyaa itu sudahnya. 

Dan ketiga yang sampai hari ini jugak diperjuangkan adalah pernyataan orang-orang bahwa BKPI itu minoritas tapi nyatanyaa hari ini kami perjuangan bahwa "BKPI itu berkualitas dn berprestasi". 

Disini teman-teman mengambil semua hikmah dan pembelajaran dari semua sudut pandang orang lain terkait BKPI. Tapi disini aku simpulkan kebanyakan orang terkadang melihat dari satu sisinyaa saja kebanding kedua sisi. Kami banyak belajar bahwasanya ketika memandang segala sesuatu rasanya belum cukup kalo dari mendengar saja dan melihat nyatanya.

5. Harapan kamu sebagai demisioner apa untuk HMJ kedepannya, khsusnya HMJ BKPI dan umunnya smua HMJ?
Harapannya "Aku berharap HMJ BKPI Periode 2022/2023 ini bisa jauh lebih baik dari sebelumnya, dan pastinya haeus banget lahirkan insight baru dn tetap membumi".

Terus harapan buat semua HMJ yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari "Tetap tingkatkan kuantitas dan kualitas kapal kalian yang udah kalian pimpin dan perjuangkan"



6. Kata-kata motivasi yang menjadi pegangan sampai sekarang
Quotes ku yang ku pegang sekarang itu adalah 
"Waktu tidak akan pernah terulang untuk kedua kalinya, maka dari itu nikmati dan jalani segala prosesnya dengan sabar, karena proses bagian dari suksesnya diri kita"

Sama satu jugak nih hehe

"Menjadi orang sukses itu mudah, tapi menuju sukses itu sulit"


Media sosial:

Posting Komentar untuk "Catatan Perjalanan: Rusmaniah Ketua Umum Himpunan Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Periode 2020/2021"