Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review #4: What's So Wrong About Your Self Healing: Pola Asuh dan Trauma-karya Ardhi Mohamad

Judul           : Apa Yang Salah Dengan Penyembuhan Diri Anda?

Penulis        : Ardi Mohammad

Penerbit     : Penerbitan Alvi Ardhi

Jumlah Halaman : 276 halaman

Cetakan ke 5 : Maret 2022

ISBN            : 978-623-97002-1-8

Buku yang bakal di review kali ini adalah buku Kak Ardhi Mohamad, teman dari Alvi Syahrin yang sebelumnya aku review juga bukunya yaitu #3 insecurity is My Middle Name. Sudah lama pengen baca tulisan Kak Ardhi tapi baru bisa. Berikut akan aku ulas tentang buku What's So Wrong About Your Self Healing.

Bagi kamu yang lebih condong pada buku yang bentuk tulisannya rapi, coba cek buku ini. Mungkin kamu akan mengubah mindset bahwa ada model atau jenis bentuk tulisan buku yang terdapat coret-coretan tetapi tetap asik buat dibaca (walaupun pasti ada saja yang kurang suka dengan beberapa coretan yang ada pada buku ini).

Aku sebenarnya baru nemu model buku yang seperti ini yang sejenis buku diary jadinya friendly banget buat mata memandang dan membaca. Pertama kali melihat cover buku What's So Wrong About Your Self Healing sudah gambarin keadaan pikiran seseorang yang sedang campur aduk banyak pikiran, coret-coretan, imajinasi, pertanyaan dan pernyataan entah itu positif atau negatif, unik ygy jadi tertarik.

Rasanya seru pas mau ngeriview buku ini, buku ke empat dan kalau ngeliat dari daftar isinya pembahasannya ngga asing dipikiranku, tapi pas dibaca ternyata banyak hal yang baru aku tahu, ya ada di buku ini. Setelah selesai membaca aku jadi banyak berfikir bahwa pola asuh sejak kecil itu sangat memberikan dampak besar bagi seseorang tetapi bagi siapapun yang tidak mendapat pola asuh seberuntung orang lain tetap bisa menjadi pribadi yang tangguh dan sukses tetapi dengan usaha yang lebih. Okey deh kita masuk ke reviewnya:

Kelebihan:

1. Pada buku What's So Wrong About Your Self Healing terdapat hasil penelitian atau pendapat ahli sehingga pendapat penulis lebih dikuatkan lagi yang membuat pembaca semakin percaya

2. Dikemas dengan model yang unik. Seperti maksudku pada tulisan di atas, buku ini seperti buku diary tapi bisa diterima banyak orang

3. Isinya nyata banget dengan kehidupan dan selalu di sisipi dengan solusi

4. Penulis dengan cara pandang lain dalam melihat masalah. Misalkan pada halaman 45 menyatakan bahwa "tidak ada kesempurnaan...tidak bisa kita fokus pada kesalahan orang walaupun itu meninggalkan luka. Tapi lebih baik fokus pada rezeki dan nikmat yang Tuhan berikan."

5. Seakan-akan mengajak pembaca berdiskusi

6. Ngga bosenin

7. Menghubungkan dengan ajaran agama. Sebab agama adalah petunjuk dari semua masalah umat manusia

8. Jenis kertanya dan covernya bagus

9. Ets, ternyata ada bonusnya pada scan di akhir halaman

Kelemahan:

1. Bagi yang kurang bisa bahasa Inggris mungkin akan terkendala, sebab ada banyak kosa kata bahasa Inggris di dalam buku What's So Wrong About Your Self Healing

2. Ada beberapa coret-coretan yang bikin bingung

3. Ada cetakan yang double yaitu dihalaman 194-196

4. Sayang banget ngga ada kata pengantarnya. Padahal pertama baca aku suka bagian kata pengantar penulisnya

Jadi, aku rekomendasikan buat kalian yang pengen mengisi imunisi otak, mengelola pola asuh buat mengontrol masalah-masalah yang datang menghampiri dan menanggapi berbagai keadaan sosial yang ngga seperti ekspetasi kita. Ya model bukunya anak muda zaman sekarang, coba beli dan baca. ets jangan lupa terapin dan bagikan ke temen-temen bahkan saudara/I kamu yang  lain

Beberapa kata-kata yang ku catet:

"Kalau kita ngga punya prinsip, maka standart kita akan goyah, akan terus berubah. Orang yang punya prinsip aja bisa berubah, apalagi yang nggak. Bayangin, deh, kalau patokan hidup kita berdasarkan penilaian orang."

"Kita bisa dengan mudahnya, ngga peduli dengan omongan orang yang merendahkan fisik atau status kita.... kalau tujuan hidup kita benar-benar ngga ada kaitannya dengan itu"

"Ketika kita merasa ngga punya teman, ada Allah yang jika kita berusaha mendekat kepada-Nya dengan berjalan biasa, Allah akan mendekatkan diri-Nya kepada kita dengan berjalan cepat."


Review #11:"What's So Wrong About Your Life"

Review #12:"What's So Wrong About Your Trauma & Expectation"


Posting Komentar untuk " Review #4: What's So Wrong About Your Self Healing: Pola Asuh dan Trauma-karya Ardhi Mohamad"