Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Abdur Rofiq: Pendiri Komunitas Menulis Al Qolam di Banjarmasin Kalimantan Selatan

instagram cakrofiq95

Siapa yang tidak kenal dengan Abdur Rofiq? Ia adalah seorang penulis asal Jawa Timur yang sekarang menempuh pendidikan di UIN Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan mendirikan sebuah komunitas menulis.

Mari kita kenal lebih dekat dengan beliau yang mempunyai kisah mendirikan komunitas menulis di Kalimantan Selatan

1. Profil Singkat Abdur Rofiq

Abdur Rofiq, biasa dipanggil Abi, adalah Anak ketiga dari tiga belas bersaudara dari pasangan dua orang kekasih; Abdul Ladi Aryo dan Mistiyah Rifai. Ia berasal dari Desa Terosan, Sampang, Jawa Timur. Alumni SDN 03 Terosan, MD Miftahul Huda Ratah Terosan, MTs Miftahul Ulum Batulabang Terosan, MA Al Jauhariyah Sembung, IAIN Pontianak Kalimantan Barat dan sekarang masih menjadi mahasiswa aktif Pascasarjana UIN Antasari Banjarmasin. Juga menjadi guru di SMKN 1 Banjarmasin.

2. Pendiri KOMMA

Abdur Rofiq mendirikan sebuah komunitas yang bernama KOMMA (Komunitas Menulis Al Qolam), KOMMA lahir di tahun 2019 yang di inisiasi oleh Abdur Rofiq, kemudian juga dibantu teman-teman mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin; Arbani, Iffah, Tia, Anjani dan lainnya. KOMMA lahir dari permintaan dan keinginan teman-teman mahasiswa yang ingin belajar menjadi penulis profesional. Tetapi meraka tidak tahu mau kemana harus belajar. Dari situlah Rofiq berinisiatif untuk mendirikan sebuah komunitas dan lahirnya Komunitas Menulis Al Qolam (KOMMA). 

Selain itu juga, Rofiq malihat bahwa menulis adalah tradisi para ulama yang harus dilestarikan dari generasi ke generasi. Alhamdulillah KOMMA sudah mempunyai cabang, di antaranya: KOMMA Gambut; Martpura, Tapin, Barabai, Tabalong, Amuntai dan Kota Lainnya di Kalimantan Selatan.

3. Program di KOMMA

Antara lain: Pelatihan Menulis; Seminar Literasi; Publikasi Karya; launching Karya; Bedah Buku Bersama; dan lainnya. Selain itu KOMMA juga punya program tahunan  yaitu Wisata Literasi. Mengadakan pelatihan menulis di sekolah-sekolah, Pesantren, yayasan dan instansi lainnya. Yang di dalamnya juga ada Bazar buku karya KOMMA dan penulis lokal lainnya. @komma_pusat

"Selama Covid KOMMA tidak mengadakan rekrutmen. Semoga setelah pandemi bisa membuka rekrutmen kembali. Tetapi KOMMA selalu terbuka apabila ada yang ingin bergabung. Saat ini untuk bisa bergabung dengan KOMMA bisa langsung mengkonfirmasi di Instagram KOMMA Pusat atau cabang. Juga bisa secara langsung mendaftar kepengurus KOMMA."  @cakrofiq95

4. Karya Abdur Rofiq

"Saya sendiri sudah delapan buku yang alhamdulillah berhasil  diterbitkan, dan dalam waktu dekat akan menerbitkan dua buku." (17/11/2021)

-Kau Hadir dengan CintaNya

-Ketika Allah Mencintaimu

-Love In Fight

-Sunyi

-Hening

-Setelah Aku Jatuh Cinta

-Perjalanan Rasa

-Jangan Tanya Aku Kenapa

Buku saya terdiri dari: novel; cerpen; puisi;  motivasi; dan lainnya. Kemudian untuk karya KOMMA sendiri sekitar 15 buku yang sudah diterbitkan, dan ada beberapa naskah yang masih dalam proses penerbitan.

5. Penerbit kerja sama

Publikasi karya KOMMA bekerja sama dengan salah satu penerbit yang ada di Banjarmasin, yaitu Ahbab Pustaka. Penerbit tidak hanya menerbitkan karya KOMMA, ada juga penulis-penulis lokal yang sudah menerbitkan di Ahbab Pustaka. @ahbabpustaka

6. Target yang akan di capai

"Target saya sebagai inisiator dan juga teman-teman KOMMA tentu bisa berkarya sebanyak-banyaknya dan  harapannya kedepan KOMMA bisa mengadakan pelatihan ke sekolah-sekolah, pondok pesantren dan Instansi lainnya. Saya berharap kehadiran KOMMA bisa menjadi wadah bagi para penulis pemula dan profesional dan menjadi bagian dari penggerak literasi di Kalimantan Selatan."

7. Motto Abdur Rofiq

"Menulislah, karena dengan menulis akan selalu ada doa-doa kecil untuk kita. Satu kata dari yang mereka baca adalah 100 doa dan satu kalimat dari yang mereka baca adalah 1000 doa."

Karya dari Abdur Rofiq telah disimpan di Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin, Perpus Daerah Banjarmasin Kalimantan Selatan. 

Semoga dari biografi dan cerita singkat Abdur Rofiq dapat menjadi inspirasi dan  meningkatkan motivasi dalam membangun literasi khususnya di Indonesia.


Posting Komentar untuk "Biografi Abdur Rofiq: Pendiri Komunitas Menulis Al Qolam di Banjarmasin Kalimantan Selatan"