Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setting Goals Pemuda Menyambut Awal Tahun 2021


Kebiasaan seorang pemuda melakukan kegiatan setiap hari, seperti jalan-jalan, nongkrong, belanja, olahraga, ke warung makan, mengerjakan tugas, sekolah atau kuliah dan kegitan lain sebagainya bahkan memulai usaha. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah sebuah aktivitas yang mengisi hari-hari dalam mengisi kekosongan waktu, untuk terus berperan aktif dalam kehidupan di muka bumi. Namun, walaupun aktivitas sehari-hari selalu terjalani dengan mulus dan nikmat, sebenarnya seorang pemuda sedang melakukan pekerjaan yang sama. Dalam buku "Breakthrough" dikatakan "jika kita melakukan apa yang selalu kita lakukan, kita akan mendapatkan apa yang selalu kita dapatkan". 

Jika sudah demikian, ia akan merasakan kenyaman pada keadaan sekarang namun hal itu tidak akan bertahan lama karena kenyamanan itu bisa sirna ketika sudah bosan dan tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Pemuda harus mengerjakan hal-hal baru agar merasakan kenyamanan dan kenikmatan lainnya yang sudah Tuhan sediakan disudut-sudut dunia ini. Menggapai semua hal itu, tentu kita harus mau keluar pada zona nyaman, menentukan tujuan-tujuan yang jelas, dan merencanakannya agar impian yang ingin didapatkan tepat sasaran. 

Oleh karena itu, penting merencanakan tujuan hidup dengan target yang jelas bagi pemuda agar tercapai impian dengan tepat sasaran dan mendapatan berbagai kenyamanan baru untuk bekal di masa tua. Menentukan target  bisa dimulai kapan saja. Penulis rasa, awal tahun menjadi waktu yang tepat untuk memulai awal perencanaan hidup yang lebih baik, sembari introspeksi diri dari apa-apa yang dilakukan di tahun-tahun sebelumnya. Berikut setting goals pemuda menyambut awal tahun 2021:

1. Sambut awal tahun dengan rasa optimis dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
Sebagai pemuda yang memiliki power, semangat tinggi sudah menjadi kewajiban memiliki sikap optimis dalam menyambut awal tahun. Tuhan memberikan banyak sekali peluang bagi pemuda untuk terus tumbuh dalam berbagai hal, seorang pemuda harus menjemput peluang-peluang tersebut dengan sikap optimis, semangat dan mensyukuri berbagai nikmat yang Tuhan berikan baik nikmat yang sudah berlalu atau nikmat yang sedang dirasakan. O iya, Anda dapat membaca tulisan ini termasuk nikmat 

2. Planningkan segala pencapaian yang harus terwujud di tahun ini
Sikap optimis dan bersyukur saja tidak cukup untuk mencapai berbagai impian, maka cara berikutnya adalah tulis pencapaian-pencapaian yang harus terwujud di tahun ini. Tulis sebanyak-banyaknya pencapaian yang ingin didapatkan, karena impian-impian tersebut yang akan memotivasi diri, membuat semangat semakin membara dan menghanguskan keluh kesah dalam berjuang. 

Setelah selesai menuliskan pencapaian, kemudian tulis langkah-langkah atau cara agar pencapaian itu terwujud. dan ingat semua itu butuh proses dan kesabaran.

3. Buat suasana quality time dengan orang-orang terdekatmu, seperti keluarga, sahabat, dan lain-lain. 

4. Hilangkan sifat "insecure" 
(melawan diri dengan keyakinan) karena kita pada dasarnya sudah diberikan kekuatan oleh Tuhan. Kekuatan tersebut perlu kita munculkan, apabila kita terus diam dan tidak merencanakan sesuatu maka tidak akan terjadi apa-apa pada diri kita. Yakinilah, kekuatan itu ada, dan Tuhan tidak diam atas semua yang kita lakukan dan yang orang lain lakukan pada kita. 

Segala pencapaian yang sudah tertulis, harus tercapai. karena "aku mampu" dan "aku bisa". karena setiap manusia adalah unik, dan punya cara masing-masing dalam menggapainya.

5. Jadilah orang yang selalu bermanfaat, membuang sikap apatis (tidak peduli) dan meningkatkan kepedulian serta kepekaan terhadap orang-orang sekitar dan lingkungan.
kita adalah makhluk sosial, apa yang bisa kita berikan kepada sekitar maka berikan, percayalah apa yang kamu berikan itu akan kamu dapatkan. Apabila kamu memberikan kebaikan dan kemanfaatan kepada orang lain maka impianmu akan tercapai dan dapat memberikan kemanfaatan bagi sekitarmu

6. And the last. Hargai dirimu sendiri, dengan mencintai dan senantiasa melakukan hal-hal yang berarti. 😊☕

Jadi, sebuah perencanaan itu ibarat kendaraan, impian adalah tujuan dan orang-orang sekitar, rasa syukur, kebaikan dan keyakinan adalah bahan bakar. Kendaraan itulah yang akan membawamu menuju tujuan (impian tersebut). Semangat dan jangan senyum hari ini ^_^


Posting Komentar untuk "Setting Goals Pemuda Menyambut Awal Tahun 2021"