Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Buku Masih Belajar Karya Iman Usman Pendiri Aplikasi belajar Ruangguru


Hay Teman,

Pada tulisan kali ini, saya ingin menuliskan review terhadap buku Masih Belajar karya Iman Usman. Buku biografi seseorang yang sangat luar biasa, ia adalah seseorang yang sudah belajar mandiri dari kecil, menemukan ide-ide cemerlang sejak kecilnya,  penggemar tokoh Harry Potter, pada umur 10 tahun membuat perpustakaan kecil di depan rumahnya, dan masih banyak lagi, yang sangat menakjubkan adalah ia salah satu pendiri aplikasi belajar terkenal di Indonesia yaitu ruangguru, Iman Usman namanya. Iman mendirikan ruang guru bersama sahabatnya yang bernama Adamas Belva.

Judul buku “Masih Belajar”  Menggapai Hidup Bermakna di Usia Muda karya Iman Usman diterbitkan pertama kali oleh Gramedia Pustaka Utama, tahun 2019. Buku Best Seller, 224 hlm; 21 cm.

Dari desain bukunya menarik banget, anak muda banget, dan di dalamnya terdapat beberapa ilustrasi jadi sembari kita membaca bisa mengilustrasikan juga.

Buku Masih Belajar berisi dua chapter, chapter pertama tentang sebuah pemikiran. Pada chapter inilah Iman menceritakan tentang tujuan,  dan kegiatan-kegiatannya hingga pengalaman yang sangat berharga. ada dua kutipan yang menurutku bagus banget buat diikuti. 

“Gue sangat bersyukur sekali bahwa melalui apa yang gue kerjakan saat ini, gue bisa berbagi dan memberikan pengaruh bagi kehidupan banyak orang.” Singkat tapi bisa diambil pelajaran ya, kita yang melakukan pekerjaan sekarang kemudian bisa memberikan manfaat bagi sekitar kita seharusnya perlu bersyukur karena kita adalah orang terpilih untuk melakukan itu. Dan yang harus kita lakukan berikutnya adalah terus tingkatkan kemampuan kita dan menjadi manfaat untuk orang yang lebih banyak lagi. kemudian ada lagi kutipan berikutnya:

Iman mengatakan dalam bukunya, tujuan gue sederhana "Gue ingin meninggalkan dunia yang gue tempati dengan kondisi yang lebih baik dari pada gue datang" 

Itulah yang Usman lakukan beberapa tahun lalu hingga sekarang, mendirikan proyek starup Ruang Guru bersama sahabatnya. Untuk menjadi seorang yang bermanfaat yaitu dalam dunia pendidikan.

Chapter kedua berisikan cerita perjuangan Iman hingga mendapatkan hasil yang ia inginkan. Bagaimana ia mengatur pola pikirnya, belajar, membentuk kepercayaan diri, hingga ia berkuliah. Di chapter ini juga iman menceritakan peran tokoh Harry Potter dalam kehidupannya.  

Menceritakan keaktifannya dalam mengikuti kegiatan sosial. Ada perkataan iman seperti ini "Kebaikan itu harus diteruskan, agar ia menular". Lagi-lagi ya, buku ini sangat menggoda untuk dibaca khususnya bagi generasi muda, karena banyak sekali kisah Iman muda yang menyimpan banyak sekali motivasi untuk menjadi pemuda berkualitas dan bermanfaat.

Salah satu yang bikin betah baca buku ini adalah di dalamnya menyimpan banyak solusi dari beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan seperti "Kenapa sudah usaha tapi kok masih gitu-gitu aja?, mereka enak hidup di kota kemudian banyak yang support. La kami gimana?Misalkan gagal padahal sudah usaha, nanti gimana kata orang?" dan banyak lagi. Setiap jawabannya juga di sisipi dengan solusi dan kata-kata motivasi. Setelah aku baca-baca ternyata itu hasil pertanyaan-pertanyaan yang Iman sebar dalam Media Sosialnya kemudian ia jawab pada bukunya tersebut.

Satu lagi yang bikin aku tertarik, ternyata di akhir buku terdapat book index. Jadi kita bisa dengan mudah mencari topik yang kita cari dalam buku ini.

Itu saja review buku Masih Belajar dari aku, semoga bisa diambil manfaatnya. di ucapkan terimakasih banyak.

Rekomendasi banget untuk kalian beli buku ini "MASIH BELAJAR" karena masih banyak lagi pembahasan yang sangat luar biasa, pelajaran hidup yang bisa diambil dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

instagran Iman Usman @imanusman

2 komentar untuk "Review Buku Masih Belajar Karya Iman Usman Pendiri Aplikasi belajar Ruangguru"