Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ceramah Tentang-Keutamaan Silaturrahmi & Indahnya Memaafkan"

Assalamualaikum Wr. Wb

الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin, wa man tabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Hadirin hadirat yang berbahagia

Pada pertemuan kali ini saya akan menyampaikan ceramah yang berjudul
"keutamaan Silaturrahmi & Indahnya Memaafkan"

Manusia merupakan makhluk sosial, yang di manapun dan kapanpun membutuhkan manusia lainnya untuk bisa saling membantu, saling menolong, mendukung, bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan hidup di dunia.

Dalam sebuah hadist Rasulullah bersabda bahwa,

“Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu pun, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung silaturahmi”. (HR Bukhari)

Dalam hadis di atas dijelaskan bahwasannya Rasulullah mengajak  umatnya untuk menyambung talisilaturrahmi. pada hadis lain juga dijelaskan

“Tidak akan masuk surga orang yang memutus hubungan kekerabatan” (HR Bukhari dan Muslim). 
Oleh karena itu agama Islam mengajarkan agar menyambung tali silaturrahmi dan saling memaafkan walaupun sodara kita memiliki kesalahan yang begitu banyak. Karena sangat pentingnya mempererat silaturrahmi khususnya kepada sesama muslim. Lalu apa hikmah & keutamaan bersilaturrahmi. 

Hadirin & hadirot yang saya cintai

Hikmah mempererat tali silaturrahmi: 
1. Merekatkan tali persaudaraan, dengan bersilaturrahmi hubungan kita dengan oranglain akan menjadi lebih baik. Apabila sudah baik akan memudahkan kita dan sodara kita apabila saling membutuhkan.

2. Memperbanyak rezeki. Rezeki itu bersifat langsung dan tidak langsung, misalnya, saat bersilaturrahmi kita disuguhi makanan atau setelah bersilaturrahmi, berbincang-bincang bersama ternyata keduanya memiliki latar belakang bisnis yang sama atau bisa saling bekerja sama dalam suatu pekerjaan, jadi hasil bersilaturrahmi itu bisa menjalin bisnis dan lain sebagainya. 

3. Menambah empati dan menjauhi sikap egois.
Kenapa tidak, saat bersilaturrahmi kita di dorong untuk  berkomunikasi, saling mendengarkan cerita, menghargai orang lain bicara. Secara tidak langsng kita di ajarkan untuk menghargai orng lain, merasakan yang ia rasakan. 

Memaafkan adalah kuncinya. 
Allah saja memaafkan dosa kita sebesar apapun, masa kita hamba-Nya tidak mau memaafkan soadara kita hanya karena masalah pribadi yang bisa diselesaikan bersama, walaupun sebanyak buih di lautan tetap Allah maafkan. 

Padahal setelah memaafkan kita akan selalu berfikir baik kepada sodara kita. 

 Kemudian, Keutamaan silaturrahmi
1. Merupakan konsekuensi keimanan kpada Allah. Karena apabila kita beriman kepada Allah psti kita menjalankan apa yang Allah perintahkan. 
Karna Allah menyukai hamba-Nya yang taqwa dan baik hubungan kepada sesama. 

2. Dipanjangkan umur dan diperluas rezeki. 
Orang yang senang berkunjung dirumah sanak sodaranya maka mereka akan di lancarkan rezeki dan beri umur panjang. Seperti dijelaskan dalam hadis yang berbunyi, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang senang diluaskan rezeqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi”.

Umur panjang yang dimaksud disini adalah akan diberikan keberkahan umur, bermanfaat ketika hidupnya dan dikenang kebaikannya ketika ia sudah tiada. 

Bersilaturrahmi yang benar adalah dengan niat yang baik untuk mempererat persaudaraan, mengharap ridho Allah bukan niat supaya mendapat imbalan karena urusan pribadi, apalagi dengan modus(modal dusta) bersilaturrahmi kerumah orang yang belum muhrimnya berduaan.  Bersilaturrahmi akan bernilai pahala apabila tetap dalam ajaran Islam.

Jadi, bersilaturrahmi memiliki hikmah yang begitu besar. Selain menjalin hubungan baik kepada sesama juga menjadi bukti kita taqwa kepada Allah

Hadirin yang berbagia,  hanya ini yang dapat saya sampaikan
Sekian ceramah dari saya, akhirul kalam 
Wassalamu'alaikum Wr. wb.

Posting Komentar untuk "Ceramah Tentang-Keutamaan Silaturrahmi & Indahnya Memaafkan""