Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inspiratif ! Berhijab Tidak Menghalangi Atlit Junior Bermain Bulutangkis

Selamat Datang, setiap orang punya kisah yang berbeda
Inspiratif ! 
Atlit Bulutangkis Berhijab-Maulia Syauki Ihsani
15 Okto 2019
Status sebagai atlet, tidak menghalangi Maulia Syauki Ihsani, pemain bulu tangkis tunggal putri U-15 Indonesia, untuk memakai hijab. Sani mengaku awalnya malu karena berpenampilan berbeda dari atlet yang lain. Namun, ia tetap mantap pada keputusannya karena menyadari betul kewajibannya sebagai seorang muslimah. Ia semakin mantap berhijab setelah mendapat dukungan dari klub yang menaunginya. 

Sejak awal 2018 Sani mulai mengenakan hijab. Dalam wawancara Sani menjelaskan alasan ia mulai berhijab  “Iya, jadi intinya memang sudah paham bahwa kewajibannya muslimah untuk menutup aurat." tegas Sani kemudian menambahkan "Lama kelamaan, juga berfikir sebenernya apa sih yg mau di capai di dunia? apa sama ganjarannya kalau aku ngorbanin urusan ahirat aku. Di situ aku masih bingung-bingung, tapi kan hidayah juga harus di jemput, mau selama apa lagi aku memutuskan sedangkan umur ku bertambah terus dan ajal nggak ada yang tau, aku takut aku belum sempat menutup aurat dan kebetulan aku sama teteh aku sama-sama mengalami ini. Jadi kita melangkah bareng-bareng untuk berhijab , walaupun memang jauh dari kata syar’i tapi se enggak nya aku sudah berusaha memulai gitu aja sih ya” kata Sani pada wawancara singkat.

Tetap menjalani statusnya sebagai atlit, namun berpenampilan beda, banyak orang yang bertanya apakah mengganggu hijabnya selama bermain di lapangan. Seperti ini jawaban sani “ga ganggu, karena bahan hijabnya beda dengan yang lain, terus kalau loncat tu biasanya naik/keangkat kan, aku kasih cemiti aja, simple”. Ujar Sani dalam wawancaranya.

Kepercayaan diri Sani semakin tumbuh karena dukungan-dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitarnya. Sani  berharap “Harapan nya pasti nya pengen memberi prestasi yg terbaik pengen jadi inspirasi juga buat temen-temen yg masih bimbang buat pake hijab saat badminton” ujarnya.

Selain Sani ada juga atlit muda Indonesia  yang memutuskan berhijab yaitu Shela Dinda K, mantan atlit PB.Djarum yang sekarang bernaung di PB. Jaya Raya asal Balikpapan.

Dari pemaparan kisah Sani dan shela di atas dapat diambil pelajaran "Tak ada halangan apapun dalam melaksankan kewajiban, adanya alasan tersebut timbul dari diri kita sendiri yang ingin membela diri dalam kesalahan. Orang lain bisa mengapa aku tidak, mungkin ada orang yang lebih sulit tapi mereka berani memulainya dan melawan rasa malu dalam dirinya."

Mark Manson dalam buku Sebuah Seni Dalam Bersikap Bodo Amat berkata "untuk menjadi orang yang lebih kuat, lebih bahagia adalah dengan mengerjakan segala tantangan dengan lebih baik". artinya setiap orang pasti memiliki tantangan kehidupan, hadapi dengan cara bagaimana agar sesuatu itu bisa dikerjakan tanpa menghapus kewajiban hidup dalam praktik kehidupan.

        Mauliasyauki.i   
                             
Yang baik bukan tentang memedulikan lebih banyak hal; tapi tentang memedulikan hal yang sederhana saja, hanya peduli tentang yang benar dan mendesak dan penting-Mark Manson

1 komentar untuk "Inspiratif ! Berhijab Tidak Menghalangi Atlit Junior Bermain Bulutangkis"