Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ceramah Singkat, Pentingnya Berdoa

Selamat Datang di Blog Ardiyan Fikrianoor


Banjarmasin, 20 Juli 2019


BERDOA. Kata ini tidak asing lagi di telinga kita. Setiap orang pasti pernah berdoa. Entah itu berdoa memohon hujan, rizki, jodoh (ea yang jomblo), atau apapun. Kita semua pasti pernah berdoa.

Tapi, mengapa kita harus berdoa? 
Bukankah tanpa berdoa pun Allah sudah tahu apa yang kita inginkan? Mengapa kita harus menceritakan segala apa keluhan kita pada Allah? Bukankah tanpa kita bercerita pun Allah lebih mengetahui permasalahan yang kita hadapi? Ets…ets…ets… persepsi anda keliru bung! 

Jawabannya adalah karena kita butuh Allah. Kita tahu bahwa Allah-lah Dzat Yang Maha Perkasa. Dia-lah tempat kita mengadukan segala permasalahan kita. Ya, memang benar. Tanpa kita bercerita pun Allah tahu apa yang terjadi dengan kita. 

Tapi dengan doa lah, rasa optimisme kita dalam menyelesaikan masalah akan muncul. Karena kita telah berpasrah kepada Allah dalam doa-doa kita. Nah itu mengapa kita perlu bedo’a, karena kita butuh Allah, kita harus memohon dan memasrahkan kepada Allah atas semua kebutuhan kita.

Tapi mengapa saat ini masih banyak di antara kita yang berdoa namun tetap berada dalam masalah dan bahkan kecewa dengan apa yang terjadi? Karena kita tidak paham akan esensi dari berdoa itu sendiri.

Seringkali kita hanya menjadikan doa sebagai ritual semata, tanpa menghadirkan hati dan rasa butuh pada Allah. Itulah yang membuat doa kita seakan-akan tak berdampak apapun pada kehidupan kita.
Berdoa akan membuat kita optimis dalam menghadapi sebuah permasalahan apabila kita khusyuk dan merasa benar-benar butuh pada Allah. Itulah sebenarnya esensi dari berdoa itu sendiri. 

Apa hanya dengan berdo’a apa yang kita inginkan akan terkabulkan?

Tak semudah itu ferguso, 
kita tidak hanya di tuntut untuk berdo’a saja, namun kita harus membarenginya, menggandengnya dengan yang namanya USAHA. Apa itu usaha zayyeaang? Usaha adalah sebuah modal/mahar dimana modal/mahar itu untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Anda ingin menikah tapi modal/mahar nya tidak ada… oh tak semuda itu ferguso. 

Karena ada pepatah mengatakan Usaha tanpa Do’a adalah sombong dan doa tanpa usaha adalah sia-sia. Jadi kedua hal tersebut harus di kerjakan semuanya. 

Apa kalau sudah do’a, usaha langsung di kabulkan sama Allah ?

Allah akan memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. 
Apabila kita sudah bekerja keras, usaha, doa kepada Allah namun hasilnya tidak sesuai dengan  harapan mungkin Allah menyiapkan sesuatu yang lebih indah untuk kita, karena tiada rencana terindah kecuali rencana Allah. ikuti jalannya dan terus berdo'alah dan selalu berbuat baik.

Terus khusnudzon dengan apapun yang kita dapat sekarang. jangan menyerah, istiqomah.

"Tiada usaha yang menghianati hasil"
"Inna Ma'a Al-'Usri Yusro" ( setelah kesulitan pasti ada kemudahan) (QS. Al-Insyirah :5)
"Berakit rakit kehulu berenang-renang ketepian
Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian"
"La Tahzan, Innallaha Ma'ana" (Jangan bersedih sesungguhnya Allah selalu bersama kita) (Q.S. At-Taubah ayat 40)
"Bahwa Allah tidak membebani seseorang diluar kemampuannya" (Al-Baqarah: 286)

terimakasih sudah berkunjung di blog kami, silahkan jika ingin berkomentar

Posting Komentar untuk "Ceramah Singkat, Pentingnya Berdoa"