Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Move On Setelah Putus Cinta (Edisi Patah Hati #1)

Sumber Pixebay.com

Bagi setiap orang yang telah  menyelam dalam lautan cinta akan merasakan indahnya kehidupan. Bahwa keindahan itu telah mencapai kesempurnaan, tidak ada nilai cacat yang nampak, semua nampak indah oleh sebab yang namanya cinta. Dalam sebuah kitab dijelaskan bahwasannya kita tidak sabar untuk jauh dari orang yang kita cintai, artinya orang yang cinta dengan kita ia akan selalu rindu pada kita. Cinta dalam kata mutiara Arab pun diabadikan yaitu : مَنْ أَحَبَّ شَيْأً أَكْثَرُ ذِكْرِهِ “Siapa yang mencintai sesuatu pastilah ia banyak menyapa”

Sehingga apabila ada orang yang putus hubungan dengan pasangannya maka rasanya begitu sakit, apalagi karena ditinggalkan tanpa kabar atau di duakan dibelakang. Hal yang menyakitkan lainnya adalah ketika sudah putus, (mantan) pasangan kita langsung dapat pengganti. Namun, Islam mengajarkan untuk sabar. Karena sabar memiliki 4 manfaat. Pertama, Mengatasi masalah hidup. Kedua, meningkatkan hubungan sosial. Ketiga, pengendalian diri dan Keempat perbaikan diri

Soal hati tidak bisa dibohongi, pasti tetap merasakan rasa sakit yang mendalam apabila melihat orang yang dicintai tidak lagi berpihak dengan kita. Oleh karena itu berikut tips apabila kamu baru saja merasakan putus cinta atau patah hati:

Pertama, Terima Kenyataan. Bukan hal yang salah karena itulah yang terjadi, hubungan sudah berakhir dan tidak bisa lagi di ubah. Bila menangis hal yang diperlukan "silahkan menangis" tapi jangan berlama-lama dalam kesedihan. Orangtuamu sudah lelah mengajarimu berdiri, kamu harus kuat untuk bangkit dari segala masalah, termasuk masalah cinta.

Kedua, Jaga Kesehatan. Kebanyakan orang yang patah hati merasa dunia sudah berakhir. Sebenarnya itu salah, hidup kita masih panjang sebab masih ada Tuhan (Allah) yang setia bersama kita. Maka, hargailah hidupmu yang masih banyak sekali nikmatnya, jaga kesehatan, jaga pola makan dan istirahat. Masih ada mantan yang harus kamu buat menyesal karena sudah meninggalkanmu

Ketiga, Cara move on terbaik adalah dengan tidak lagi bertemu dengan mantan dan menyentuh segala yang berkaitan dengannya. Kamu perlu membuat lembaran baru karena dia sudah merusak lembar kisah indah dalam hidupmu. Jangan lagi hadirkan dia dalam kertas hidupmu selagi masih ada luka yang belum terobati

Keempat, Sibukan dengan aktivitas positif, Ikutlah kegiatan baru, temui teman-teman, atau fokus pada pekerjaan/studi. Melakukan hal-hal positif akan mengalihkan perhatianmu dari kesedihan dan membantumu untuk move on.

Kelima, Curhat kepada Orang yang Kamu Percaya. Berbagi perasaan dengan orang yang kamu percaya seperti sahabat, keluarga, agar dapat membantumu untuk merasa lebih baik. Bahkan, bila kamu merasa berat, kamu bisa ke psikolog untuk meluapkan kisah lukamu, atau ke tokoh agama untuk meminta penenangan diri dan meminta solusi

Keenam, Jangan Menyalahkan Diri Sendiri. Putus cinta bukanlah kesalahanmu. Jangan terjebak dalam rasa bersalah dan cobalah untuk berdamai dengan diri sendiri. Bisa jadi ini adalah jalan untuk hidupmu lebih bahagia dimasa depan. Tuhan adalah pemilik skenario hidup paling indah.

Ketujuh, Bersyukurlah atas Apa yang Kamu Miliki. Fokuslah pada hal-hal positif dalam hidupmu, seperti keluarga, teman, dan pekerjaan. Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki akan membantumu untuk merasa lebih bahagia dan optimis.

Kedelapan, Percayalah bahwa Kamu Akan Menemukan Cinta Lagi. Jangan biarkan pengalaman pahit ini membuatmu kehilangan harapan. Percayalah bahwa kamu akan menemukan cinta lagi di waktu dan kepada oleh yang tepat. 

Admin belajar dari pengalaman, semoga tips dari admin bisa membantumu dari hati yang disia-siakan

[Admin nulis ini sambil dengerin lagu Gampil-Guyon Waton]

Posting Komentar untuk "Tips Move On Setelah Putus Cinta (Edisi Patah Hati #1)"