Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ragu Masuk Organisasi? Coba Baca Manfaat Masuk Organisasi Saat Kuliah-Tahun 2022

Sumber: freepik.com

Terkadang ada yang menasihati agar tidak perlu ikut organisasi saat kuliah. Alasannya karena bisa saja sulit membagi waktu. Namun, sebaliknya ada juga yang menyarankan untuk ikut organisasi karena akan banyak manfaat yang didapatkan. Lalu, jika benar, apa saja manfaat masuk organisasi saat kuliah?

1. Menambah Relasi

Menambah relasi yang dimaksud ialah memperbanyak teman karena kamu tidak hanya memiliki teman di kelas saja, tetapi juga di luar kelas dalam artian organisasi. Dengan begitu, akan banyak jaringan yang kamu bangun selama di organisasi dengan teman barumu.

2. Membentuk Kepribadian Lebih Baik

Jika di kelas hanya memuat banyak teori atau penjelasan dari dosen yang membuatmu bosan, maka di organisasi banyak hal-hal penting yang kamu dapatkan. Ada banyak kegiatan atau praktik selama di organisasi, sehingga kepribadianmu akan lebih baik jika antara keduanya seimbang.

3. Melatih Kepemimpinan

Mungkin di kelas, kamu bukan ketua kelas atau penanggung jawab mata kuliah yang bisa dibilang sebagai pemimpin. Akan tetapi, kesempatan menjadi pemimpin terbuka lebar di organisasi, entah sebagai koodinator bidang, ketua pelaksana, bahkan ketua umum. Maka dari itu, sangat penting untuk kamu yang ingin menjadi pemimpin besar suatu saat nanti.

4. Mengasah Komunikasi

Mustahil tanpa adanya komunikasi di organisasi. Segala sesuatu pasti melibatkan komunikasi agar hubungan yang baik antar anggota. Apabila selama ini di rumah maupun di kelas, komunikasimu terasa kurang, tidak ada salahnya mengasah komunikasi di organisasi.

5. Memperbanyak Pengalaman

Dengan banyaknya kegiatan atau acara di organisasi, maka menambah pengalamanmu selama kuliah. Tentunya, pengalaman yang didapatkan tidak bisa ditemukan selama di kelas karena sudah tentu hanya banyak teori maupun tugas yang diberikan dosen.


by: M. Torieq Abdillah

Posting Komentar untuk " Ragu Masuk Organisasi? Coba Baca Manfaat Masuk Organisasi Saat Kuliah-Tahun 2022"