Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Ceramah Keutamaan dibulan Ramadhan Oleh Muhammad Ransyah

Assalamu’alaikum wr wb.

الْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاةُ وَالسَّلامُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Dewan Hakim yang arif dan bijaksana, tintah kejujuranmu sangat berharga, serta teman-teman semuanya calon penghuni surga. 

Berbicara bulan ramadhan, pasti di dalam pikiran orang-orang biasa adalah bulan puasa, akan tetapi bagi orang-orang yang berilmu menjelaskan bulan ramadhan itu adalah bulan Al-Qur’an, bulan dimana Al-Qur’an itu diturunkan didalamnya yang memiliki keutamaan bacaan-bacaan Al-Qur’an, yang lebih besar pahalanya dari pada di bulan lainnya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, izinkan saya menyampaikan sebuah tausiah yang berjudul “Keutamaan dibulan Ramadhan”
sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Baqarah 185.
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ  
Ila akhiri  aayaah..

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk bagi manusia dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). karena itu, Barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu…

Dari ayat di atas dapatlah kita ambil pengertian, bahwa bulan ramadhan adalah bulannya Al-Qur’an dan diwajibkannya berpuasa sebagai umatnya nabi Muhammad saw serta umat-umat sebelumnya. Lalu timbul pertanyaan, apa sih keutamaan di bulan ramadhan ini ?
Jawabannya adalah…

Yang pertama sebagaimana firman Allah swt QS. Al-Qadr ayat 1-3 menjelaskan, sebab dipilihnya ramadhan sebagai bulan puasa, karena Al-qur’an diturunkan pada bulan tersebut, dan telah diketahui lailatul qadr itu terjadi pada bulan ramadhan. serta pada bulan ramadhan terdapat sebuah malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Artinya keutamaan tersebut teruntuk bagi orang-orang yang beramal shaleh akan dilipatgandakan pahala pada malam tersebut, sehingga mencapai lebih baik dari seribu bulan. Jadi kita sebagai umat muslim harus berjiwa qurani, bukan sebagai hamba budaknya zaman.
Hadirin rahimakumullah 

Kedua, dikatakan bahwa bau mulut orang yang berpuasa, lebih harum dari kasturi, serta dibulan ramadhan dijelaskan lagi, bahwasanya orang yang berpuasa karena iman dan taqwa, ikhlas karena Allah, maka pahala keutamaannya berlipat ganda dan akan diampuni segala dosa-dosanya. 

Sebagaimana Hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra:
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa yang berpuasa pada bulan ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Imam Bukhari no 38 dan Imam Muslim no 760).

Hadirin rahimakumullah

Dari uraian ini dapat saya simpulkan, gunakanlah waktu kita di bulan ramadhan dengan sebaik-baiknya, karena bulan ramadhan merupakan bulan yang selalu dinanti-nanti umat islam karena ibadah puasa dilipatgandakan pahalanhya dibulan tersebut.

Kiranya hanya ini yang dapat saya sampaikan, kesalahan kekhilafannya mohon dimaafkan, aakhirul kalam wabillahi taufik wal hidayah warridho wal inayah.
Wassalamu’alaikum wr wb.



2 komentar untuk "Contoh Teks Ceramah Keutamaan dibulan Ramadhan Oleh Muhammad Ransyah"